Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Seluk-Beluk Pemrograman Web 

Kompas.com - 07/07/2023, 16:00 WIB
Buku 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula Sumber Gambar: Freepik.com Buku 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula
Rujukan artikel ini:
7 in 1 Pemrograman Web…
Pengarang: Rohi Abdulloh
|
Editor Puteri

Teknologi pemrograman web terus berkembang begitu cepat.

Bagi kamu yang mendalaminya secara profesional maupun sebagai pemula, kamu pasti akan tertarik dengan bidang pembuatan website yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan ini.

Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi data digital, baik berupa teks, gambar, animasi, suara, dan video, atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur koneksi internet sehingga dapat diakses dan dilihat oleh semua orang di seluruh dunia.

Halaman website dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang diterjemahkan oleh web browser sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk informasi yang dapat dibaca oleh semua orang.

Yuk, simak seluk-beluk informasi seputar pemrograman web dari artikel ini!

Jenis-Jenis Website

Secara umum, website dibagi menjadi 3 jenis sebagai berikut:

1. Website Statis

Website statis yaitu jenis website yang isinya tidak diperbarui secara berkala sehingga isinya dari waktu ke waktu akan selalu tetap.

Website jenis ini biasanya hanya digunakan untuk menampilkan profil dari pemilik website, seperti profil perusahaan atau organisasi.

Untuk saat ini, website jenis ini banyak digunakan pada website jenis landing page.

2. Website Dinamis

Website dinamis yaitu jenis website yang isinya terus diperbarui secara berkala oleh pengelola web atau pemilik website.

Website jenis ini banyak dimiliki oleh perusahaan atau perorangan yang aktivitas bisnisnya memang berkaitan dengan internet.

Contoh paling mudah dari website jenis ini yaitu website blog dan website berita.

3. Website Interaktif

Website interaktif pada dasarnya termasuk dalam kategori website dinamis, isi informasinya selalu diperbarui dari waktu ke waktu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, isi informasi tidak hanya diubah oleh pengelola website tetapi lebih banyak dilakukan oleh pengguna website itu sendiri.

Contohnya yaitu website jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter atau website marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Pengertian Pemrograman Web

Pemrograman web (web programming) terdiri dari kata pemrograman dan web.

Dilansir dari buku 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula (Update Version), permograman dapat diartikan sebagai proses atau cara pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa permograman merupakan bahasa yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada komputer sehingga komputer dapat memproses data dan menampilkan informasi sesuai yang dikehendaki oleh pemrogram.

Dengan demikian, pemrograman web dapat diartikan sebagai kegiatan pembuatan program atau aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat memproses data dan menghasilkan informasi sesuai yang dikehendaki oleh pemilik website.

Bahasa Pemrograman Web

Bahasa pemrograman web terdiri dari beberapa unsur bahasa.

Setidaknya terdapat 5 bahasa utama yang biasa digunakan dalam membuat website dinamis, dan masing-masing memiliki perannya sendiri-sendiri, sebagai berikut:

  • HTML, berperan sebagai pembentuk struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang diinginkan.
  • CSS, berperan sebagai pembentuk desain website dengan mengatur setiap elemen HTML agar tampil menarik pada browser.
  • PHP, berperan sebagai pemroses data pada sisi server sesuai yang diminta oleh klien menjadi informasi yang siap ditampilkan, juga sebagai penghubung aplikasi web dengan database. Selain PHP, dapat juga menggunakan bahasa pemrograman lain seperti Java, Python, dan sebagainya.
  • SQL, berperan sebagai bahasa yang mengatur transaksi data antara aplikasi dengan database sebagai tempat penyimpanan data. Database yang biasa digunakan di antaranya MariaDB, MySQL, Oracle, SQL Server, dan sebagainya.
  • JavaScript, berperan sebagai bahasa yang memproses data pada sisi klien serta dapat memanipulasi HTML dan CSS secara dinamis. Ada yang berupa library function JavaScript seperti jQuery dan ada yang berupa framework seperti Bootstrap yang memudahkan Programmer dapat membuat desain website dengan lebih cepat.

Istilah Dalam Pemrograman Web

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam pemrograman web di antaranya:

  • Server, merupakan komputer khusus dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan di atas komputer biasa untuk tempat pemrosesan data dan tempat penyimpanan file-file website.
  • Client, merupakan perangkat komputer biasa, baik berupa komputer personal, laptop, perangkat mobile, atau lainya yang dapat mengakses halaman website.
  • Domain, merupakan nama unik yang mewakili alamat IP dari server website berupa kata yang mudah diingat dalam menemukan atau memanggil alamat sebuah website pada internet.
  • Hosting, merupakan tempat menyimpan file-file website pada sebuah server di internet sehingga website dapat diakses dari mana saja melalui perangkat komputer/mobile yang terhubung internet.
  • URL (Uniform Resources Locator) yaitu nama unik yang mengidentifikasi letak sumber daya website berupa file HTML, gambar, video, dan sebagainya yang biasanya akan tampil pada address bar browser ketika sumber daya tersebut diakses.
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol), yaitu protokol yang mengatur pengiriman data dari klien ke server atau sebaliknya, dan diterjemahkan menjadi informasi yang dapat dibaca pengguna website.
  • Framework, dapat diartikan sebagai kumpulan kode-kode program dengan aturan tertentu yang mengatur programmer yang menggunakannya mengikuti aturannya, baik dalam struktur folder, struktur file, struktur kode program, dan berbagai aturan lainya, serta memberikan kemudahan bagi Programmer sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas sulit menjadi lebih mudah.

Seluruh materi tentang pemrograman web dapat kamu pelajari lebih lanjut melalui buku 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula (Update Version) karya Rohi Abdulloh.

Buku ini membahas mulai dari pengetahuan dasar tentang pemrograman web, dilanjutkan dengan pembahasan 7 materi pemrograman web satu per satu, dilengkapi contoh skrip beserta hasilnya.

Disertai juga pembuatan aplikasi sederhana yang akan membantumu menguasai pembuatan modul aplikasi dengan puluhan bonus skrip aplikatif sehingga akan membuatmu menjadi web programmer pemula yang siap untuk membuat aplikasi web secara mandiri.

Buku 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula (Update Version) karya Rohi Abdulloh ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com atau di toko buku Gramedia terdekat di kotamu, guys.

Yuk, beli bukunya sebelum kehabisan!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com