Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Pantun Jenaka Terbaik untuk Kamu yang Ingin Mempelajarinya

Kompas.com - 30/06/2023, 10:30 WIB
rekomendasi buku pantun jenaka Sumber: pixabay/Tumisu rekomendasi buku pantun jenaka
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Pantun & Puisi…
Pengarang: Andi Soenaryo
|
Editor Rahmad

Pantun merupakan jenis puisi lama yang masih populer pada masyarakat Indonesia, salah satunya adalah jenis pantun jenaka yang merupakan sebuah pantun yang ditujukan untuk hiburan.

Pantun jenaka seringkali disebut sebagai pantun yang sulit untuk dibuat.

Sebab, pantun jenaka harus penuh dengan kejenakaan atau canda tawa, tetapi juga harus erat dengan nilai moral di setiap katanya.

Kamu tertarik untuk mempelajari jenis pantun yang satu ini? Kamu bisa mempelajarinya melalui berbagai buku tentang pantun.

Berikut rekomendasi buku pantun terbaik yang bisa kamu baca untuk mempelajari pantun jenaka.

Rekomendasi Buku Untuk Mempelajari Pantun Jenaka

1. Buku Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara

Rekomendasi buku yang pertama untuk kamu yang ingin belajar pantun jenaka adalah buku Pintar Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara karya Andi Soenaryo.

Buku ini memang disusun dalam rangka untuk bisa melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia supaya tidak terkikis oleh zaman modern.

Buku ini memang sangat cocok untuk siapa saja yang tertarik dengan bidang Bahasa, khususnya sastra.

Selain itu, cocok juga untuk para pelajar mulai dari sekolah dasar dan juga sekolah menengah.

Buku yang terdiri dari 226 halaman ini berisikan tentang pantun, yang terbagi ke dalam jenis pantun anak, pantun orang muda, pantun orang tua, puisi, kata-kata Mutiara, dan juga peribahasa Indonesia.

2. Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi

Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi karya Ulin Nuha Masruchin bisa membantu kamu untuk mengenali beragam jenis pantun, majas, dan juga puisi lama dan baru.

Penjelasan di dalam buku ini disajikan dengan Bahasa yang mudah dipahami dan disajikan secara ringkas.

Jadi, buku ini sangat cocok untuk pegangan para siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang tertarik untuk mempelajari berbagai jenis pantun.

Jadi, buku ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah wawasan tentang kesusastraan Indonesia.

Buku yang terdiri dari 184 halaman ini terdiri dari pengertian tentang majas, jenis-jenis majas, pantun, jenis-jenis pantun, dan juga puisi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Cakap Peribahasa, Puisi Baru & Pantun

Buku Cakap Peribahasa, Puisi Baru & Pantun karya Puput Alviani juga bisa menjadi salah satu buku yang tepat untuk kamu yang ingin belajar tentang pantun.

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat terkenal, sehingga menarik untuk dipelajari.

Buku ini menghadirkan berbagai macam peribahasa yang disusun berdasarkan abjad untuk bisa mempermudah pemahaman para pembacanya.

Selain itu, materi di dalam buku ini juga sangat lengkap, karena menyajikan jenis pantun dan puisi baru, serta berbagai contoh yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk belajar.

4. Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus Puisi & Pantun

Rekomendasi buku belajar pantun yang selanjutnya adalah buku karya Ajen Dianawati yang berjudul Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus Puisi & Pantun. Buku ini menyajikan materi tentang peribahasa.

Peribahasa merupakan sebuah ungkapan yang biasanya berisi kiasan dari suatu maksud tertentu, seperti mengungkapkan nasihat, perbandingan, perumpamaan, ataupun sebuah tingkah laku.

Peribahasa juga salah satu wujud dari kebudayaan bangsa Indonesia yang tersusun dari rangkaian kata-kata indah yang penuh dengan makna di dalamnya.

Nah, buku ini disusun secara sistematis dan juga praktis untuk bisa memenuhi kebutuhan siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama (SMP) dan juga menengah atas (SMA).

Buku yang berjumlah 192 halaman ini dilengkapi dengan aneka jenis pantun dan juga puisi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai buku penunjang dalam mempelajari pelajaran bahasa Indonesia.

5. Mahir Peribahasa, Puisi Baru, Dan Pantun

Buku karya Puput Alviani yang berjudul Mahir Peribahasa, Puisi Baru, Dan Pantun juga menjadi rekomendasi buku yang tepat bagi kamu yang ingin belajar tentang pantun jenaka, peribahasa, dan juga puisi baru.

Pantun memang menjadi salah satu jenis dari puisi lama yang sangat terkenal.

Bahkan, pantun juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh para orang tua, anak-anak, atau juga para muda-mudi.

Buku ini bisa memudahkan kamu dalam memahami peribahasa, puisi baru, serta pantun. Dilengkapi juga dengan bentuk serta makna para peribahasa, jenis-jenis serta contoh dari puisi baru, dan juga jenis-jenis pantun beserta contohnya.

Nah, itulah rekomendasi buku terbaik dan tepat yang bisa kamu baca jika kamu tertarik untuk mempelajari pantun jenaka.

Semua rekomendasi buku di atas, bisa dengan mudah langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com