Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengelola Keuangan Secara Optimal, Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Kompas.com - 15/06/2023, 09:00 WIB
 Cara Mengelola Keuangan Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengelola Keuangan
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Mereka yang kaya bukanlah mereka yang berpenghasilan besar atau yang bisa dengan bebas membeli barang-barang mewah.

Sebab kalau tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sebanyak apa pun uang yang dimiliki pasti akan cepat habis tanpa tersisa.

Oleh karena itu, setiap orang wajib memahami dasar ilmu finansial agar bisa mengelola keuangannya dengan baik, dan tidak seenaknya dalam menggunakan uang.

Selain mempelajari ilmu finansial, kamu juga harus menemukan cara-cara yang tepat dalam mengelola keuangan, sebab meski tujuannya sama, setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda dalam pengelolaannya.

Mencari dan menemukan cara mengelola keuangan ini perlu dilakukan sejak dini, terutama saat kamu berada di usia produktif.

Khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa, mempelajari cara mengelola keuangan adalah hal yang penting dan bermanfaat, tidak hanya untuk masa kini tapi juga masa depan.

Cara-cara pengelolaan uang ini nantinya bisa disesuaikan lagi dengan kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidup yang kamu jalani sehari-hari.

Sebagai panduan, berikut adalah cara-cara terbaik dalam mengelola keuangan khusus bagi pelajar, mahasiswa, dan tentunya masyarakat umum.

Cara Mengelola Keuangan Secara Optimal

1. Buat Anggaran Bulanan

Mengeluarkan uang sebenarnya termasuk tindakan yang sangat mudah, tapi kalau pengeluarannya tidak terkontrol, penghasilan bulanan yang kamu dapatkan pasti akan cepat habis.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa coba membuat anggaran bulanan setiap awal bulan.

Catat pengeluaran wajib yang harus kamu bayarkan secara rutin, kemudian buat urutan skala prioritas dari yang terpenting misalnya seperti tagihan listrik, biaya makan, biasa spp sekolah, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga di kemudian hari.

2. Mulailah untuk Menabung

Menabung adalah salah satu kegiatan terpenting yang bisa memberikan manfaat terutama di masa depan.

Sebagai pelajar dan mahasiswa, kamu tentunya membutuhkan banyak barang-barang yang bisa menunjang pendidikan kamu.

Kalau memiliki uang tabungan sendiri, kamu tidak perlu takut kehabisan uang saat harus membeli barang-barang kebutuhan lain yang sifatnya mendesak.

Di satu sisi, uang tabungan itu juga bisa digunakan untuk refreshing setelah melewati padatnya aktivitas di sekolah.

3. Hindari Berutang

Utang bisa menjadi salah satu kendala yang menghambat proses pengelolaan keuangan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pasalnya, kamu harus menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk membayar tagihannya setiap bulan, sehingga kamu sulit menentukan skala prioritas untuk barang lain yang benar-benar kamu butuhkan.

Setelah menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya kamu mulai menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan utang atau tagihan, dan menahan diri untuk tidak lagi berutang.

Kamu bisa alokasikan dana tersebut ke hal-hal yang lebih bermanfaat seperti menabung atau investasi, sehingga kamu memiliki dana darurat yang memadai.

4. Catat Kebutuhanmu Setiap Bulan

Lapar mata saat berbelanja seringkali menjadi penyebab utama pengeluaran yang membengkak.

Untuk menghindarinya, usahakan untuk membuat catatan berbagai jenis kebutuhan yang harus kamu beli setiap bulannya.

Setelah berhasil mencatat pengeluaran yang dibutuhkan, kamu juga bisa mengira-ngira berapa dana yang harus kamu keluarkan setiap bulannya, dan kamu juga bisa fokus pada barang-barang yang kamu butuhkan saja.

5. Mulai Belajar tentang Investasi

Meski masih berada di usia yang produktif, kamu tetap harus memikirkan dan mempersiapkan dana untuk masa depan termasuk juga masa pensiun.

Sayangnya, menabung saja belum cukup sehingga kamu harus mempelajari tentang investasi yang nantinya bisa memberikan keuntungan jangka panjang.

Sejak masih muda, coba sisihkan sebagian penghasilan untuk investasi, kamu bisa memulainya dari instrumen investasi yang sudah kamu kenal terlebih dahulu, misalnya Reksadana.

Setelah mengenal seluk beluk dunia investasi, kamu bisa mulai memilih jenis investasi lain yang sesuai dengan kemampuan finansialmu, tapi jangan lupa untuk mengutamakan jenis investasi yang resikonya rendah.

Itulah beberapa cara mengelola keuangan yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Setelah menemukan cara-cara terbaik untuk mengelola keuangan dan konsisten dalam melakukannya, itu berarti kamu sudah berhasil menjalankan beberapa kebiasaan baik sekaligus.

Dengan konsisten menjalankan kebiasaan baik, keyakinan kamu akan suatu hal tentunya akan bertambah besar.

Saat kamu sudah berhasil konsisten dalam menabung dan investasi, kamu tentunya akan semakin yakin kalau kamu bisa terbebas dari masalah finansial di masa depan.

Tidak hanya itu saja, dengan konsisten menjalankan kebiasaan baik, kamu bisa terus memperluas identitas diri dan menaikkan value yang kamu punya.

Penjelasan lebih lengkap mengenai identitas diri ini bisa kamu temukan dalam buku Atomic Habits karya James Clear.

Buku ini akan memaparkan 3 tingkatan perubahan manusia yang berkaitan dengan kebiasaan baik, tidak lupa juga akan menjelaskan tentang cara menjalankan kebiasaan baik dimulai dari hal-hal yang sederhana.

Kalau kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, buku ini bisa segera kamu checkout melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com