Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Software Berdasarkan Tujuannya Beserta Contoh Perangkatnya

Kompas.com - 08/06/2023, 11:30 WIB
jenis software Photo by Markus Spiske on Pexels jenis software
Rujukan artikel ini:
Rekayasa Perangkat Lunak - Buku…
Pengarang: Roger S. Pressman, Ph.D.
|
Editor Rahmad

Kamu pasti sudah tidak asing kalau dalam sistem komputer itu memiliki berbagai jenis software.

Yap, jenis-jenis software ini memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing.

Secara umum, ada beberapa jenis software yang perlu kamu kenali saat belajar perangkat lunak komputer ya.

Jenis-Jenis Software

Terdapat berbagai jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk berbagai tujuan. Berikut ini jenis-jenis software dalam sistem komputer berdasarkan tujuannya:

1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang mengelola semua sumber daya komputer, termasuk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta interaksi antara pengguna dan komputer.

Contoh sistem operasi yang populer adalah Windows, macOS, dan Linux.

2. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus pengguna. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi adalah:

  • Pengolah Kata (Word Processor): Digunakan untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen teks, seperti Microsoft Word dan Google Docs.
  • Lembar Kerja (Spreadsheet): Digunakan untuk membuat tabel, melakukan perhitungan, dan menganalisis data, seperti Microsoft Excel dan Google Sheets.
  • Perangkat Lunak Desain Grafis: Digunakan untuk membuat dan mengedit grafik dan desain, seperti Adobe Photoshop dan CorelDRAW.
  • Perangkat Lunak Basis Data: Digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mengambil data dalam basis data, seperti MySQL dan Oracle.
  • Perangkat Lunak Keamanan: Digunakan untuk melindungi sistem dan data dari ancaman keamanan, seperti perangkat lunak antivirus dan firewall.

3. Perangkat Lunak Pengembangan (Development Software)

Perangkat lunak pengembangan (development software) digunakan oleh para pengembang perangkat lunak untuk membuat, menguji, dan memelihara perangkat lunak.

Beberapa contoh perangkat lunak pengembangan adalah:

  • Lingkungan Pengembangan Terpadu (Integrated Development Environment - IDE): Menyediakan alat untuk menulis, menguji, dan mengelola kode program, seperti Visual Studio dan Eclipse.
  • Pustaka Perangkat Lunak (Software Libraries): Kumpulan kode yang dapat digunakan kembali untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak, seperti ReactJS dan TensorFlow.
  • Sistem Manajemen Kode Sumber (Version Control System): Digunakan untuk melacak dan mengelola perubahan kode sumber, seperti Git dan SVN.

4. Perangkat Lunak Jaringan (Network Software)

Perangkat lunak jaringan digunakan untuk mengelola dan mengontrol jaringan komputer.

Perangkat lunak jaringan, juga dikenal sebagai software perangkat lunak jaringan (network software), yang merupakan jenis perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola, mengontrol, dan mengoptimalkan komunikasi dan interaksi antara perangkat dalam jaringan komputer.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ada beberapa jenis perangkat lunak jaringan yang berfungsi dalam berbagai aspek jaringan komputer. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) yang berfungsi sebagai sistem operasi khusus untuk jaringan komputer.

Sistem operasi jaringan menyediakan kemampuan untuk mengelola dan mengatur sumber daya jaringan seperti file, printer, server, dan akses pengguna. Contoh sistem operasi jaringan populer termasuk Windows Server, Linux, dan Novell NetWare.

  • Firewall merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi jaringan komputer dari ancaman dan serangan yang mungkin datang dari internet.
  • Perangkat Lunak Monitoring Jaringan (Network Monitoring Software) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memantau kinerja jaringan dan mengumpulkan data tentang kinerja perangkat dan koneksi jaringan.
  • Perangkat Lunak Manajemen Jaringan (Network Management Software) merupakan perangkat lunak manajemen jaringan digunakan untuk mengelola dan mengontrol perangkat jaringan secara sentral.

Ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengkonfigurasi, memantau, dan mengelola perangkat jaringan seperti router, switch, dan server dari satu lokasi.

Contoh perangkat lunak manajemen jaringan termasuk Cisco Prime Infrastructure, SolarWinds Network Performance Monitor, dan HP Intelligent Management Center.

  • Perangkat Lunak Protokol Jaringan merupakan perangkat lunak yang mengimplementasikan protokol jaringan tertentu yang digunakan dalam komunikasi data antara perangkat dalam jaringan.

Contoh populer termasuk TCP/IP stack, protokol routing seperti OSPF atau BGP, dan protokol aplikasi seperti HTTP dan SMTP.

5. Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak multimedia digunakan untuk mengolah dan memutar media, seperti audio, video, dan gambar.

Contohnya adalah pemutar media seperti VLC dan Windows Media Player, serta perangkat lunak pengeditan video seperti Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro.

6. Perangkat Lunak Permainan (Game Software)

Perangkat lunak permainan digunakan untuk membuat dan memainkan permainan komputer. Contohnya adalah mesin permainan (game engine) seperti Unity dan Unreal Engine.

Nah, itulah jenis-jenis software berdasarkan tujuan dan fungsinya dalam sistem komputer.

Ada jenis yang sudah kamu ketahui. Ketahui lebih lengkap tentang jenis-jenis software dalam buku Rekayasa Perangkat Lunak - Buku 1, Pendekatan Praktisi Edisi 7.

Tidak hanya jenisnya, kamu bisa mempelajari secara dasar tentang software sampai pemodelannya secara terperinci. Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com