Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Cara Mengirim Doa Untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia

Kompas.com - 27/03/2023, 11:30 WIB
tata cara mengirim doa untuk orang meninggal Sumber: Javad_esmaeili/Pixabay.com tata cara mengirim doa untuk orang meninggal
Rujukan artikel ini:
Yaasiin Tahlil & Istighosah Plus!
Pengarang: Lukman Al Hakim &…
|
Editor Rahmad

Melepaskan kepergian orang terkasih tentunya bukan sebuah hal yang mudah. Hanya melalui doa kita bisa sedikit meringankan rasa rindu kepada mereka.

Dalam ajaran agama Islam, sesama umat Islam sangat dianjurkan untuk mengirim doa untuk orang meninggal.

Terdapat berbagai cara untuk mengirim doa untuk orang meninggal yang dapat dilakukan.

Agar doa yang kita panjatkan bisa sampai di tempat yang tepat, maka berikut tata cara kirim doa untuk orang meninggal yang perlu kamu ketahui.

Tata Cara Mengirim Doa Untuk Orang Meninggal

1. Berdoa Ketika mendengar kabar duka

Pada saat mendengar kabar duka, maka segeralah menyebut nama Allah SWT serta memanjatkan doa, sehingga, seorang muslim hendaknya mengucapkan:

Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun.

Yang artinya: “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah dan hanya kepadanya kami Kembali.”

Doa ini menunjukkan tentang kita sebagai manusia yang hanya bisa memasrahkan diri serta menerima keputusan dari Allah SWT, termasuk kapan datangnya hari kematian.

2. Menyebut Nama Almarhum

Pada saat mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal, jangan lupa untuk menyebutkan nama almarhum atau almarhumah.

Tujuannya adalah supaya jelas doa tersebut untuk siapa. Kamu bisa menambahkan nama ayah pada akhir nama orang yang sudah meninggal.

Hal tersebut juga sesuai dengan perkataan yang disampaikan oleh Imam Nawawi dalam Al Majmu. Ia mengatakan bahwa “Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya."

Hal yang serupa juga disebutkan oleh Ibnu Sholah yang mengatakan bahwa “Dan hendaknya ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia berdoa untuk si Fulan.”

3. Membaca surat Al-fatihah

Cara mengirimkan doa untuk orang meninggal adalah dengan membacakan surat al-fatihah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pada saat melayat ke rumah duka, kamu bisa memanjatkan surat Al-Fatihah.

Seseorang yang membacakan surat al-fatihah untuk almarhum atau almarhumah biasanya memohon ampunan serta ganjaran untuk orang yang sedang didoakan. Di dalam Al-Quran juga disebutkan bahwa manusia diperintahkan untuk mendoakan orang yang sudah lebih dulu meninggal.

4. Berdoa saat mendengar kabar duka

Cara mengirimkan doa untuk orang meninggal yang selanjutnya adalah dengan membacakannya doa saat mendengar sebuah kabar duka.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu 'indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi 'illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu.

Artinya:

"Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

5. Membacakan doa tahlil

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdu lillaahi robbil'aalamiin. Hamdasy syaakiriin, handan naa'imiin, hamday yuwaafii ni'amahuu wa yukaafi'u mazzidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan baghii lijalaali waj-hika wa 'azhiimi sulthoonik. Alloohumma shalli wa shallim 'alaa sayyidinaa muhammad, wa'alaa aali sayiidinaa muhammad.

Yang artinya:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, sebagaimana orang yang bersyukur dan orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya.

Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga baginda.

Dengan mengetahui tata cara mengirimkan doa untuk orang meninggal, maka doa yang kita panjatkan bisa tepat sesuai dengan tujuan.

Kamu dapat membaca doa Yasin tahlil melalui buku Yaasiin Tahlil & Istighosah Plus! Yang ditulis oleh Lukman Al Hakim & Abdul Lathif. Tidak hanya berisi Yasin, tetapi dilengkapi juga dengan berbagai doa piliham seperti doa wirid setelah sholat dan doa.

Buku edisi ini sangat lengkap karena terdapat doa dan surat, seperti surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, doa tahlil, ayat kursi, talqin mayit, sholawat memohon khusnul khotimah, hingga praktek sholat jenazah.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com