Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Bikin Baper, 5 OST Drama ‘Business Proposal’ yang Wajib Kamu Dengar!

Kompas.com - 25/03/2023, 18:00 WIB
OST Business Proposal Sumber Gambar: Naver.com   OST Business Proposal
Rujukan artikel ini:
Bahasa Korea Untuk Pemula :…
Pengarang: Bright Learning Center
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Siapa yang tidak tahu Business Proposal? Drama Korea yang satu ini sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial pada tahun 2022 lalu.

Mengusung genre komedi romantis, drama yang dibintangi oleh Kim Se-jeong dan Ahn Hyo-seop ini mampu menghadirkan nuansa yang segar dan menyenangkan saat ditonton.

Drama Business Proposal mengisahkan tentang Shin Ha Ri yang dimintai tolong oleh sahabatnya, Jin Young Seo, untuk menggantikannya dalam sebuah acara kencan buta.

Di acara tersebut, Ha Ri bertemu dengan seorang pria tampan bernama Kang Tae-moo yang langsung membuatnya jatuh cinta, tapi ia bersikeras untuk bertingkah gila demi membatalkan perjodohan sahabatnya.

Di sisi lain, Tae-moo juga berencana menolak perjodohan, ia mengajak Ha Ri untuk berpura-pura menjalin hubungan demi mengelabui kakeknya, walau pada akhirnya Tae-moo justru jatuh cinta pada sosok Ha Ri yang menyenangkan.

Selain jalan cerita yang menarik dan penampilan para pemainnya yang sangat totalitas, beberapa OST dalam drama ini juga berhasil menjadi trending di media sosial dan disukai oleh para penggemar.

Buat kamu yang sedang mencari OST atau soundtrack dalam dalam Business Proposal, kamu bisa simak lengkapnya berikut ini.

Daftar OST Drama Business Proposal

1. Love, Maybe - Secret Number

Lagu yang satu ini menjadi salah satu soundtrack terfavorit dan paling ramai diputar di beberapa platform musik.

Lagu ‘Love, Maybe’ ini sendiri dibawakan dalam berbagai macam versi dengan penyanyi yang berbeda, diantaranya oleh MeloMance, SECRET NUMBER, dan Kim Se-jeong (versi akustik).

Dengan melodi yang riang, lagu ini menggambarkan hari-hari indah yang dilalui oleh sepasang kekasih dimana mereka akan saling bertemu dan membagikan kisah keseharian mereka satu sama lain.

Tak hanya dari arti lagunya, keberadaan Dita Karang, salah satu anggota SECRET NUMBER asal Indonesia juga berhasil membuat lagu ‘Love, Maybe’ menjadi semakin menarik antusiasme netizen Indonesia.

2. Sweet - Lee Mu Jin

Lagu ‘Sweet’ yang dinyanyikan oleh Lee Mu Jin ini juga berhasil menjadi trending di berbagai platform musik.

Sama seperti judulnya, lagu ini memiliki makna yang romantis, menggambarkan tentang debaran seseorang yang jatuh cinta pada pandangan pertama.

Suasana yang dibangun di lagu ini memang sengaja dibuat untuk membuat para pendengarnya semakin jatuh cinta.

Saat mendengarkan lagu ‘Sweet’, kamu pasti akan langsung teringat dengan scene romantis dan lucu dari dua pasangan yang ada dalam drama ini.

3. You Are Mine - VICTION

Lagu ‘You Are Mine’ ini memiliki tempo sedang dengan alunan musik yang mengasyikkan, mengisahkan tentang hal-hal yang dirasakan saat seseorang sedang jatuh cinta, misalnya seperti perasaan bingung dan gelisah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lagu bernuansa R&B ini dinyanyikan dengan apik oleh VICTION, boy group asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2016 silam.

Tak hanya menyanyikan OST lagu-nya, salah satu anggota grup VICTION yang bernama Choi Byung Chan juga turut membintangi drama Business Proposal ini.

4. Melting - BamBam

Suara unik dan khas milik BamBam dalam lagu ini berhasil menjadi daya tarik yang mampu membuat para pendengarnya merasa bersemangat.

‘Melting’ menjadi salah satu OST yang juga mengiringi beberapa adegan dalam drama Business Proposal.

Lagu ini sebenarnya merupakan gambaran kisah cinta second couple dalam drama ini yakni Jin Young Seo dan Cha Sung Hoon yang sangat manis dan penuh keceriaan.

5. Sun Shower - MOVNING

Berbeda dengan beberapa OST sebelumnya, lagu ‘Sun Shower’ ini akan terasa lebih emosional dan melankolis.

Lagu yang dinyanyikan oleh grup musik MOVNING ini sering kali muncul dalam adegan-adegan yang heartbreaking sehingga penonton mudah untuk terbawa suasana yang sendu dalam lagu ini.

Meski sering membuat penonton sedih dan menitikkan air mata, lagu ini tetap memiliki ruang tersendiri di hati para penggemar yang menikmati drama ini.

Dilengkapi dengan banyak OST yang easy listening, drama Business Proposal berhasil membawa angin segar dan membuat vibes menonton drakor terasa lebih menyenangkan.

Dari beberapa OST Business Proposal diatas, mana yang jadi favoritmu?

Untuk lebih memahami arti dan makna dari setiap lagu-lagunya, akan lebih baik kalau kamu mulai mempelajari bahasa Korea secara mendalam.

Sebagai panduan belajar, kamu bisa gunakan buku Bahasa Korea untuk Pemula: Let’s Talk and Practice karya Bright Learning Center.

Bahasa Korea sebenarnya termasuk salah satu bahasa asing yang masih tergolong baru dikenal di Indonesia, tepatnya saat awal kemunculan fenomena ‘Korean Wave’.

Buku ini berisi panduan mengenai penggunaan tata bahasa Korea dalam percakapan sehari-hari, karakteristik bahasa Korea, Struktur bahasa Korea, dan masih banyak lagi.

Buku ini disusun secara jelas dan mudah untuk dipahami khususnya bagi para pemula yang baru mulai mempelajari bahasa Korea.

Tak hanya berisi materi, buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kalimat dan percakapan yang bisa menjadi bahan latihanmu untuk berkomunikasi.

Kalau tertarik, kamu bisa memiliki buku ini dengan membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com