Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Drama Korea Netflix Berbagai Genre

Kompas.com - 11/03/2023, 12:19 WIB
Drama Korea Netflix Sumber Gambar: Freepik.com Drama Korea Netflix
Rujukan artikel ini:
Things Left Behind: Hal-Hal yang…
Pengarang: Kim Sae Byoul
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Drama Korea atau drakor kini sudah banyak menjadi sumber hiburan bagi masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Genre yang disediakan drama Korea ini sangat beragam dan dibalut dengan konflik yang kompleks sehingga penonton selalu dibuat penasaran di setiap episodenya.

Tak hanya dari segi jalan cerita, drama Korea juga menampilkan banyak aktor dan aktris dengan kemampuan akting yang mumpuni dan hampir selalu berhasil membawakan setiap perannya dengan baik.

Dari segi penayangan, drama Korea kini juga semakin mudah untuk diakses dan ditonton oleh masyarakat dunia, salah satunya melalui Netflix.

Netflix merupakan platform streaming yang telah banyak menyediakan drama Korea dengan berbagai genre sehingga penonton bisa memilih sesuai dengan seleranya.

Bagi kamu yang membutuhkan rekomendasi, ini beberapa daftar drama Korea Netflix yang populer dan menarik untuk ditonton.

Rekomendasi Drama Korea Netflix

1. Love to Hate You (2023)

Drama komedi romantis terbaru di Netflix ini mengisahkan tentang pertemuan dua orang yang tidak pernah percaya dengan istilah ‘cinta sejati’.

Drama ini fokus pada kehidupan Yeo Mi-ran (Kim Ok-bin), seorang pengacara pemula di sebuah firma hukum dan Nam Kang-ho (Yoo Teo) yang bekerja sebagai aktor papan atas.

Kedua tokoh utama dalam drama ini diceritakan tidak pernah percaya pada lawan jenis.

Yeo Mi-ran bahkan masih berhubungan dengan laki-laki lain meski ia telah berpacaran dengan seseorang.

Di suatu tempat, ia kemudian bertemu dengan Nam Kang-ho yang dikenal berkat ketampanan, kepintaran, kebaikan, dan kemampuan aktingnya yang mumpuni, terutama saat bermain dalam drama romantis.

Meski terlihat sempurna, Nam Kang-jo sejatinya juga sulit untuk percaya pada cinta dan perempuan, semua adegan romantis yang pernah ia perankan dalam drama sebenarnya telah ia latih bersama manajernya, Do Won-joon (Kim Ji-hoon).

2. The Glory (2022)

The Glory menjadi salah satu drama Korea original Netflix yang kini sukses dibicarakan oleh banyak orang di media sosial.

Drama ini ditulis oleh Kim Eun Sook yang sebelumnya telah sukses melahirkan drama populer seperti Mr. Sunshine (2018) dan Descendant of The Sun (2016).

Drama Korea The Glory mengisahkan tentang upaya pembalasan dendam seorang wanita bernama Moon Dong-eun (Song Hye Kyo) yang pernah menjadi korban bullying semasa SMA.

Akibat dirundung oleh teman-temannya, Dong-eun memilih untuk putus sekolah karena tak kuat dengan tekanan yang dihadapinya, bahkan ia sempat beberapa kali berpikir ingin bunuh diri.

Moon Dong-eun dewasa yang kini telah bekerja sebagai guru Sekolah Dasar mulai menjalankan rencana besar yang telah ia susun bertahun-tahun lamanya.

Tanpa disangka, Dong-eun justru menjadi wali kelas dari anak-anak para perundungnya di masa remaja sehingga momen balas dendamnya siap untuk dieksekusi dengan sungguh-sungguh.

Guna menjalankan rencananya, Dong-eun juga dibantu oleh seorang dokter bedah plastik bernama Joo-Yeo Jeong (Lee Do-hyun) yang diam-diam telah menaruh hati padanya.

3. Under The Queen’s Umbrella (2022)

Under The Queen’s Umbrella merupakan salah satu drama Korea berlatar kerajaan yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial beberapa bulan terakhir.

Drama ini fokus pada kehidupan Ratu Im Hwa-ryeong (Kim Hye-soo) yang ingin melindungi seluruh keluarganya, ia sendiri adalah istri dari Raja Lee Ho (Choi Won-young) dan ibu dari lima pangeran.

Anak pertamanya yang menjadi putra mahkota diperankan dengan baik oleh aktor Bae In-hyuk, ia adalah pangeran yang sempurna secara kualitas dan dianggap layak untuk menjadi penerus tahta kerajaan.

Sayangnya, sang putra mahkota ternyata mengidap penyakit parah yang membuatnya sulit untuk mempertahankan posisinya, sementara keempat adiknya tidak ada yang pernah berniat untuk menjadi penerus tahta.

Masalah tidak berhenti sampai disitu, sang ratu juga harus menghadapi mertuanya yang licik dan kerap menggagalkan setiap rencana yang dibuat olehnya.

Di sisi lain, beberapa selir raja juga saling bekerja sama untuk menjatuhkan ratu Hwa-ryeong dan berlomba untuk menjadikan anaknya sebagai penerus tahta di masa depan.

4. Extraordinary Attorney Woo (2022)

Extraordinary Attorney Woo merupakan drama Korea yang berfokus pada kisah Woo Young-woo (Park Eun-bin), seorang pengacara muda yang mengidap Autism Spectrum Disorder (ASD).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Meski mengidap penyakit yang membutuhkan perhatian khusus, Woo diceritakan memiliki daya ingat yang luar biasa bahkan nilai IQ-nya mencapai skor 164.

Kepintaran dan kemampuan daya ingatnya inilah yang membuatnya mampu menghafal berbagai macam pasal-pasal hukum yang penting.

Hal itu pula yang kemudian berhasil membawanya menjadi seorang pengacara di sebuah firma hukum besar, meski gelagat uniknya juga seringkali juga diremehkan oleh banyak orang di sekelilingnya.

Tapi kecerdasan dan jangkauan daya pikirnya yang luas membuat Woo mampu membuktikan berbagai keraguan yang diarahkan padanya, ia bahkan pelan-pelan berhasil memecahkan berbagai macam kasus dengan perspektif yang unik.

5. Money Heist (2022)

Money Heist merupakan drama Korea remake dari serial populer asal Spanyol dengan judul yang sama.

Menceritakan tentang sekelompok penjahat jenius yang dipimpin oleh seseorang bernama Profesor, mereka tengah berencana untuk melakukan pencurian di Semenanjung Korea.

Operasi pencurian ini melibatkan berbagai macam strategi yang disusun dengan teliti dan sangat hati-hati, Profesor bahkan memperhitungkan resiko kegagalan yang mungkin saja akan mereka hadapi.

Tak hanya Profesor, para anggotanya juga memiliki nama samaran, mereka menggunakan nama-nama kota agar data pribadi mereka tidak mudah diketahui oleh siapapun.

Tapi di tengah rencana yang sedang berjalan, konflik mulai datang secara bertubi-tubi dari segala arah dan membuat mereka terjebak dalam rencana mereka sendiri.

6. Tomorrow (2022)

Dengan ide cerita yang menarik, Tomorrow berhasil menjadi salah satu drama Korea yang banyak mendapatkan respon positif dari penonton Korea sampai Internasional.

Mengisahkan tentang Choi Joon-woong (Rowoon), seorang pemuda yang baru saja lulus dari perguruan tinggi tapi kemudian mengalami kecelakaan saat tengah menolong seseorang yang hendak bunuh diri.

Saat terbangun di rumah sakit, ia bertemu dengan Koo Ryeon (Kim Hee-seon) dan Lim Ryung-Gu (Yun Ji-On) yang mengaku sebagai malaikat maut dan bertugas untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang berniat untuk bunuh diri.

Sulitnya mencari pekerjaan membuat Joon-woong bersedia menerima ajakan dua orang misterius ini untuk bekerja dan menjadi anggota termuda dalam Tim Manajemen Krisis.

Sayangnya, perjuangan mereka kerap kali harus bersinggungan dengan para malaikat maut lain yang tidak menyukai kehadiran mereka.

7. Move to Heaven (2021)

Han Geu Ru (Tang Joon Sang) adalah seorang pemuda pengidap Syndrome Asperger yang menjalankan bisnis pembersih trauma bernama “Move to Heaven”.

Bersama dengan ayahnya, Han Jeong Woo (Ji Jin Hee), Geu Ru ikut membantu membersihkan semua barang peninggalan orang-orang yang sudah tiada dan menyampaikan pesan yang belum sempat diutarakan kepada orang yang ditinggalkan.

Kepergian ayahnya yang sangat mendadak membuat Geu Ru harus hidup sebatang kara untuk sementara, sampai kemudian ia harus tinggal satu rumah dengan Cho Sang Gu (Lee Je-hoon), pamannya yang dingin dan suka berbuat onar.

Sebagai wali Geu Ru, Sang Gu terpaksa harus melanjutkan bisnis dan mengelola Move to Heaven, tapi siapa sangka hal ini justru akan mengubah hidup dan kepribadiannya sedikit demi sedikit.

Itu dia beberapa rekomendasi drama Korea Netflix berbagai genre yang menarik untuk kamu tonton di waktu senggang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Korea Selatan masih menjadi salah satu negara dengan industri hiburan paling sukses saat ini.

Tidak hanya dari segi drama, film, dan musik, Korea Selatan juga memiliki banyak penulis berbakat yang piawai dalam menciptakan berbagai macam karya yang juga populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Salah satu rekomendasi buku karya penulis Korea yang menarik untuk kamu baca adalah buku Things Left Behind: Hal-Hal yang Kita Pelajari dari Mereka yang Telah Tiada.

Buku yang ditulis oleh Kim Sae Byoul inilah yang menjadi dasar dibuatnya drama Korea Move to Heaven.

Buku ini akan mengungkap beragam kisah nyata dari seorang petugas pengurus barang-barang peninggalan orang yang sudah meninggal.

Ada banyak sekali peristiwa kematian yang diangkat dalam buku ini, dimana masing-masing kisahnya memiliki pesan moralnya tersendiri.

Meski mengandung banyak kesedihan, buku ini tetap menarik untuk dibaca karena bisa menjadi renungan dan menyadarkan kita untuk selalu memperhatikan setiap hal kecil yang ada di sekitar kita.

Kalau tertarik, kamu bisa dapatkan buku ini melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com