Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Variasi Model Cukuran French Crop Kekinian, Tertarik untuk Mencobanya?

Kompas.com - 15/03/2023, 09:00 WIB
 Cukuran French Crop  Sumber Gambar: Freepik.com Cukuran French Crop 
Rujukan artikel ini:
Glossy Gentlemen Guide
Pengarang: Jet Veetlev, Kei Savourie,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Gaya potongan French Crop saat ini menjadi salah satu gaya rambut yang tengah populer di kalangan masyarakat.

Perlu dipahami bahwa French Crop ini merupakan jenis potongan rambut yang bagian belakangnya dan kedua sisinya sangat pendek, sementara bagian atasnya dipotong cepak.

Untuk bagian poninya biasanya cenderung panjang dan tampak tebal, bahkan sering kali menutupi bagian dahi.

Meski terlihat berbeda, masih banyak orang yang ternyata kesulitan untuk membedakan potongan French crop dengan potongan Caesar cut.

Salah satu ciri yang paling terlihat dari kedua potongan rambut ini ada pada bagian poninya, dimana crop cut memiliki poni yang jauh lebih pendek dibandingkan dengan French crop.

Kalau kamu bingung saat memilih model rambut, mungkin potongan French crop ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tapi sebelum itu, ketahui dulu apakah bentuk wajah dan jenis rambutmu cocok menggunakan potongan rambut ini atau tidak.

Simak penjelasannya berikut ini.

Bentuk Wajah dan Jenis Rambut yang Cocok untuk French Crop

Gaya rambut French crop ini sebetulnya cocok untuk berbagai bentuk wajah, tapi kamu harus pintar dalam memilih variasi potongannya.

Bagi pemilik wajah bulat, kamu bisa tambahkan tekstur dan volume rambut pada bagian samping supaya wajah tampak lebih ramping dan tirus.

Bagi pemilik wajah oval, kamu bisa atur potongan rambut yang lebih flat, misalnya pada bagian poni depan dibuat rata untuk menampilkan ilusi wajah yang tampak lebih sempit.

Dengan model poni yang panjang, potongan rambut ini cocok digunakan oleh semua orang dengan tipe rambut lurus maupun ikal.

Variasi Model Cukuran French Crop Kekinian

1. French Crop Klasik

Meskipun namanya klasik, potongan rambut yang satu ini tetap tidak pernah ketinggalan zaman dan cocok digunakan oleh anak-anak muda.

Potongan rambut French crop klasik ini bisa digunakan pada jenis rambut lurus maupun keriting sehingga pemakainya tidak perlu merasa tidak cocok dengan potongan ini.

2. Textured French Crop

Jika rambutmu terlalu tipis atau terlalu tebal, kamu bisa gunakan jenis potongan yang satu ini dan diakali dengan menggunakan layer.

Guntingan layer pada rambut yang tebal bertujuan untuk menipiskan rambut sehingga tetap terlihat bagus saat dilihat.

Pada rambut yang tipis, layer bisa memberi tambahan tekstur dan volume rambut, asalkan kamu bisa merawatnya dengan baik, misalnya dengan memberikan wax atau pomade sebelum merapikannya.

3. Short French Crop dengan Fade

Untuk mengakali jenis rambut yang tebal, cobalah untuk mencukur tipis bagian sampingnya supaya terlihat lebih rapi dan lebih modern.

Kemudian berikan potongan yang sedikit ekstrim dengan skin fade undercut untuk memberikan kesan yang manis.

Gaya rambut yang satu ini kini cukup populer karena memiliki kesan yang modern dan tidak memerlukan banyak waktu untuk merapikannya.

4. Chestnut Haircut (French Crop ala Korea)

Saat ini, sudah banyak juga drama Korea yang menampilan aktornya dengan menggunakan potongan French crop.

Salah satu contohnya bisa kamu lihat dalam drama ‘Itaewon Class’ dimana aktor Park Seo-joon menggunakan rambut model chestnut haircut, alias French crop ala Korea.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Konsep potongan rambutnya sebenarnya tetap sama, perbedaannya ada pada bagian akhir dimana rambutnya dibuat seakan mirip dengan kacang chestnut.

5. French Crop pada Rambut Keriting

Kalau kamu memiliki rambut keriting, ikal, dan mengembang, kamu tetap bisa mencoba potongan rambut French crop tanpa takut terlihat aneh.

Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal gunakan model cepak yang nantinya bisa membuat rambutmu tetap terlihat rapi dan mudah diatur.

Tips Mudah Menata Rambut French Crop

Gaya rambut French crop sebenarnya termasuk gaya rambut cepak yang low maintenance dan sangat mudah dalam penataannya.

Tapi untuk lebih jelasnya, ada beberapa tips untuk menata rambut French crop yang bisa kamu ikuti.

1. Mulai dengan Rambut yang Bersih

Gaya rambut French crop hampir selalu harus disisir sehingga usahakan supaya tidak ada ketombe ataupun kotoran lain pada rambut.

2. Keringkan Rambut

Setelah keramas, usahakan segera mengeringkan rambut dengan cara yang alami.

Tapi kalau sedang terburu-buru, kamu bisa gunakan hair-dryer tapi usahakan jangan terlalu sering karena bisa merusak rambut.

3. Sisir Rambut ke Bagian Depan

Khusus untuk potongan French crop, kamu bisa sisir rambutmu ke arah depan atau samping untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut sampai ke akarnya.

4. Gunakan Produk untuk Styling Rambut

Saat rambutmu sudah benar-benar kering, coba gunakan produk penata rambut seperti wax, gel, ataupun pomade.

Taruh pada telapak tangan kemudian gunakan secara perlahan pada ujung sampai akar rambut, supaya rambut terlihat lebih bertekstur.

5. Rapikan Rambut

Untuk sentuhan akhir, sisir rambut dengan jari ke arah depan untuk mendapatkan gaya yang flat atau bisa juga sisir ke arah belakang agar hasilnya menjadi lebih bervolume.

Selain gel atau pomade, kamu juga bisa gunakan hair spray secukupnya untuk mengunci gaya rambut, agar bisa tahan lama seharian penuh.

Khusus untuk rambut keriting, coba luangkan waktu untuk mencukur rambut dan merapikan sisi rambut minimal 2 minggu sekali, agar potongannya tetap terlihat rapi.

Setelah menggunakan style atau gaya rambut yang kekinian, banyak pria mungkin akan merasa jauh lebih baik dan percaya diri, terutama dari segi penampilan.

Tapi selain penampilan luar, setiap orang tentunya perlu memperhatikan aspek lainnya, salah satunya dalam hal pemikiran.

Khusus untuk para pria, buku Glossy Gentlemen Guide bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lebih meningkatkan kualitas yang ada di dalam diri.

Meski tidak bisa dipukul rata, tapi tidak sedikit wanita yang mendambakan untuk bisa memiliki pria yang terbaik, tidak hanya dari segi kepribadian tapi juga bagaimana ia bisa menempatkan diri dimanapun ia berada.

Tak hanya ditujukan untuk wanita, para pria tentunya juga harus menyadari bahwa dalam hidup, ia harus memiliki value tinggi dalam berbagai macam aspek.

Buku ini akan membantu mengasah kemampuan berpikir para pria agar nantinya bisa menjadi pribadi yang berkualitas, demi dirinya sendiri dan pasangannya kelak.

Melalui buku ini, kamu akan diajarkan dari hal yang sederhana dulu mulai dari cara menghargai, cara merencanakan masa depan, dan cara menunjukkan kualitas diri sendiri.

Kalau kamu tertarik untuk membacanya, kamu bisa dapatkan buku ini di toko buku Gramedia terdekat, atau bisa juga melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com