Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Merawat Rambut Untuk Pria Agar Mudah Diatur dan Tampak Sehat

Kompas.com - 06/03/2023, 11:30 WIB
Cara Merawat Rambut Untuk Pria Agar Mudah Diatur Photo 5697702 on Pixabay Cara Merawat Rambut Untuk Pria Agar Mudah Diatur
Rujukan artikel ini:
Perawatan Kulit Kepala & Rambut
Pengarang: Siti Sahida & Hidayani
|
Editor Rahmad

Apakah rambut kamu sulit diatur dan bermasalah? Kamu mungkin perlu cara merawatnya yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Meskipun terkenal cuek, seorang pria tetap perlu memperhatikan rambutnya karena ini sangat mempengaruhi penampilan kamu.

Cara Merawat Rambut Untuk Pria Agar Mudah Diatur

Cenderung tidak suka dengan hal ribet, setidaknya kamu tahu cara merawat rambut untuk pria agar mudah diatur berikut ini.

Selain membuat penampilan semakin menarik juga menjaga kesehatan rambut yang sering diabaikan para pria.

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Cara merawat rambut untuk pria agar mudah diatur yang pertama adalah jangan sering-sering mencuci rambut dengan sampo.

Pria biasanya mencuci rambut dengan sampo. Bahkan tidak sedikit yang keramas dua kali sehari karena kepanasan.

Jika kamu terlalu sering mencuci dan melembutkan rambut, kulit kepala bisa menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

Rambut mungkin terasa gatal, sehingga kamu bisa mencuci rambut dua hari sekali atau setelah aktivitas yang berkeringat.

2. Keringkan Rambut dengan Lembut, Jangan Digosok

Setelah keramas, gunakan kondisioner dan keringkan rambut secara lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan mengipasi. Gunakan sisir bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat menyisir.

Sebaiknya jangan menggunakan handuk untuk memijat rambut jika ingin cepat kering. Ini karena menggosok rambut basah justru merusak kutikula (lapisan terluar rambut).

3. Gunakan Juga Kondisioner

Jangan asal pilih produk kondisioner untuk rambut. Kamu bisa gunakan kondisioner rambut yang ada kandungan protein dan mineralnya. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan rambut dan juga bisa membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

Menurut Oscar Blandi, seorang penata rambut papan atas di New York, AS, kondisioner tidak hanya untuk rambut wanita.

Rambut pria juga membutuhkannya. Rambut pria memiliki kecenderungan lebih pendek dan juga bisa lebih mudah menipis.

Kondisioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria. Ini juga yang membuat rambut pria jadi lebih mudah diatur. Ini memungkinkan kamu bisa memilih berbagai style rambut yang keren.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seperti comma hair, curtain haircut, dan style rambut lainnya yang membutuhkan kondisi rambut yang mudah diatur. Kondisioner juga berperan sebagai penyeimbang sampo yang digunakan. Salah satu efek penggunaan shampo adalah rambut menjadi kering.

Nah, kondisioner berfungsi sebagai pelembab, melembabkan kulit kepala dan rambut serta mengembalikan kilau alami rambut dengan nutrisi.

Sebaiknya, saat memakai kondisioner jangan langsung dibilas setelah pemakaian. Tunggu beberapa saat agar bahannya meresap.

4. Rutin Memotong Rambut

Perawatan rambut untuk pria ini tidak boleh dilewatkan. Hair removal adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan rambut rusak dengan cepat.

Jadi, rapikan rambut secara teratur untuk menghilangkan ujung bercabang.

Namun, jika membiarkan rambut tumbuh panjang, pangkas ujungnya secara teratur setiap 6-8 minggu. Potong ujungnya hanya untuk menghilangkan area yang rusak.

5. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Produk Rambut

Menggunakan terlalu banyak produk rambut seperti gel, hairspray, pewarna, pomade dan produk rambut lainnya terlalu sering dan terlalu banyak justru dapat membuat rambut terlihat tidak alami.

Menggunakan terlalu banyak produk juga akan membebani rambut. Ini akan mempengaruhi kenyamanan sendiri jika tidak dikurangi. Kurangi sebanyak mungkin produk rambut yang bisa digunakan saat membersihkan atau menyisir rambut.

6. Kenali Jenis dan karakteristik Rambut

Cara merawat rambut pria yang pertama adalah kenali dulu jenis rambut. Apakah jenis rambut kamu kering, berminyak, keriting, lurus atau keriting?

Masing-masing jenis rambut ini memiliki cara penataan yang berbeda. Jika kamu sudah mengetahui jenis rambutnya, maka kamu bisa menentukan produk rambut apa yang akan digunakan.

7. Melindungi Rambut Dari Sinar Matahari

Cara merawat rambut untuk pria agar mudah diatur yang terakhir adalah melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Apalagi jika kamu sering mengendarai sepeda motor atau jika aktivitas lebih banyak di luar ruangan.

Jika rambut sering terpapar sinar matahari langsung akan lebih mudah kering, rusak dan kasar sehingga sulit untuk diatur. Jangan lupa memakai topi dan jenis pelindung kepala lainnya saat berada di luar.

Buku Perawatan Kulit Kepala & Rambut ini bisa kamu jadikan referensi yang tepat mengetahui bagaimana cara merawat rambut untuk pria agar mudah diatur. Jangan khawatir untuk para pria, tips yang dijelaskan dalam buku ini sederhana dan tidak terlalu ribet.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com