Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Kompas.com - 16/02/2023, 13:00 WIB
Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
|
Editor Puteri

Memiliki permasalahan pada kulit kepala dan rambut tentunya akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu karena mampu menurunkan kenyamanan dan rasa percaya diri.

Ketombe dan rambut rontok adalah permasalahan yang kerap dialami oleh banyak orang sebab kedua masalah rambut ini ternyata saling berkaitan.

Dalam beberapa situasi, rambut berketombe memang terkadang disertai pula dengan kondisi rambut rontok.

Meskipun ketombe bukanlah penyebab utama dari masalah kerontokan pada rambut, tetapi kedua permasalahan rambut ini memang memiliki keterkaitan.

Menjaga kesehatan kulit kepala merupakan hal paling penting untuk dilakukan agar membantu mencegah permasalahan rambut rontok.

Pasalnya, kulit kepala yang tidak sehat akan memproduksi rambut yang tidak sehat sehingga akan jauh lebih lemah dan rentan patah yang mengakibatkan rambut rontok.

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh permasalahan ketombe akan membuat kita menggaruk-garuk kulit kepala secara berlebihan sehingga berpotensi menggores folikel rambut.

Luka yang terus menerus dialami oleh folikel rambut bisa menimbulkan kerusakan serta parut yang akan memperlambat hingga menghentikan pertumbuhan rambut.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi ketombe dan rambut yang rontok? Berikut lima cara mengatasi rambut rontok dan ketombe yang bisa dicoba.

Cara Menghilang Ketombe dan Rambut Rontok

1. Gunakan Sampo Anti Ketombe dan Rambut Rontok

Cara pertama yang bisa dicoba ialah dengan menggunakan sampo anti ketombe dan rambut rontok yang mengandung zinc pyrithione (ZPT).

Sampo yang mempunyai kandungan ini mampu mengatasi gatal pada kulit kepala akibat ketombe dengan membersihkan ketombe, melindungi, serta melembapkan kulit kepala.

Perhatikan pula petunjuk pemakaian sampo supaya mendapatkan hasil yang optimal.

Jika masalah ketombe masih belum terlalu parah, sampo anti ketombe dan rambut rontok ini akan bekerja secara ampuh dalam beberapa minggu saja.

2. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Kulit kepala yang kering adalah penyebab utama munculnya masalah ketombe pada rambut.

Maka dari itu, gunakan pelembab untuk membuat kulit kepala tidak menjadi kering, seperti minyak kelapa atau minyak argan yang sangat cocok digunakan untuk melembapkan kulit kepala.

Jangan lupa untuk turut memijat kulit kepala ketika akan menggunakan pelembab agar meningkatkan sirkulasi darah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan lupa juga untuk memakai kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut untuk menambah kelembapan setelah keramas.

3. Jaga Asupan Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi bisa menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan ketombe serta rambut rontok yang gampang untuk dilakukan.

Terdapat beberapa nutrisi penting yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, seperti zinc, zat besi, asam amino, biotin, niacin, selenium, protein, vitamin A, D, dan E.

Dapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tersebut dalam asupan makanan yang tepat dan jangan sembarangan mengonsumsi suplemen tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Bisa jadi kerontokan rambut akan semakin parah jika dibarengi dengan konsumsi suplemen yang sembarangan.

4. Menghindari Produk yang Menyebabkan Iritasi

Menghindari pemakaian produk perawatan rambut yang memicu iritasi juga bisa dijadikan cara yang tepat untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok.

Beberapa produk seperti pewarna rambut biasanya mempunyai kandungan bahan yang bisa menimbulkan dermatitis kontak serta memicu kulit sensitif menjadi iritasi.

Hal tersebut bisa menimbulkan masalah munculnya ketombe dan berpeluang mengakibatkan kerontokan rambut.

Beberapa bahan yang dapat memancing kondisi tersebut, antara lain pemutih, wewangian, pengawet, dan detergen.

5. Meminimalisir Stres

Siapa yang menyangka jika stres ternyata bisa memicu kerontokan rambut yang menghambat sistem imunitas sehingga menyebabkan kulit kepala rentan terhadap jamur yang menimbulkan ketombe dan rambut rontok.

Maka dari itu, cobalah untuk meminimalisir stres dengan cara mengelolanya melalui teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga.

Atau kamu pun dapat melakukan jalan santai di pagi maupun sore hari supaya benak dan emosi bisa menjadi jauh lebih stabil lagi.

Merawat diri bukan hanya perkara rambut saja, tapi saat ini kulit wajah pun menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan menggunakan skincare.

Buku All About Skincare akan membahas semua informasi seputar skincare yang tentunya akan sangat bermanfaat.

Mulai dari mengenal kulit wajah, mengenal berbagai macam kandungan yang terdapat pada skincare, rekomendasi makanan yang bisa memberi nutrisi untuk kulit, dan bagaimana cara dalam menggunakan skincare dengan benar serta tepat.

Segera saja pesan dan miliki bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com