Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penumbuh Rambut Berbahan Alami, Efektif untuk Menyuburkan Rambut dengan Cepat

Kompas.com - 11/09/2022, 11:19 WIB
Penumbuh Rambut Alami Sumber Gambar: Freepik.com Penumbuh Rambut Alami
Rujukan artikel ini:
Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan,…
Pengarang: Lisa Ekuirisa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki rambut yang tebal dan sehat tentu menjadi dambaan semua orang, sebab rambut seringkali dianggap sebagai mahkota yang bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Sayangnya tidak semua orang dianugerahi rambut yang sehat, beberapa diantaranya bahkan harus mengalami berbagai permasalahan rambut seperti rontok, kering, ketombe, bahkan kebotakan.

Banyaknya permasalahan pada rambut ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti salah memilih produk perawatan rambut, polusi udara, sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa produk yang saat ini dipercaya bisa menumbuhkan rambut dengan cepat, salah satunya dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan dasar alami.

Sejak zaman dahulu, bahan-bahan alami ini memang dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan, tidak terkecuali kesehatan pada rambut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 6 bahan dasar alami yang bisa membantu menyuburkan rambut dengan mudah dan efektif.

Bahan Alami Penumbuh Rambut

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera sudah terkenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Tanaman lidah buaya kaya akan vitamin B12 dan folic acid biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai bahan alami untuk menebalkan rambut, menumbuhkan rambut, atau membuat rambut terlihat sehat dan berkilau.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi ketombe dan minyak berlebih pada rambut sehingga rambut bisa tumbuh tebal dan sehat.

Untuk menggunakannya, kamu bisa ambil bagian daging lidah buaya, kemudian oleskan gel lidah buaya ke bagian akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, diamkan sampai sekitar 1 jam, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Daun Seledri

Selain dijadikan sebagai bahan tambahan masakan, kandungan pada daun seledri ternyata juga bermanfaat untuk menumbuhkan dan menyuburkan rambut.

Bahan alami yang satu ini mengandung kalsium, zat besi, mineral, vitamin A, dan vitamin B yang bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut, mengatasi ketombe, dan membuat rambut terlihat lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Untuk penggunaannya, kamu bisa menumbuk halus seledri dengan menggunakan blender, kemudian oleskan ke bagian rambut dan kulit kepala secara merata, tunggu beberapa saat agar nutrisi dari seledri diserap oleh kulit kepala dan batang rambut, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut, sebab kandungan asam lemak yang ada di dalamnya sudah terbukti bisa membuat rambut terlihat lebih lebat dan sehat.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan vitamin K yang bisa membantu mengatasi kulit kepala yang kering dan berketombe.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa pada bagian rambut dan area kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan, diamkan selama beberapa jam atau bahkan semalaman, bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin untuk hasil yang terbaik.

4. Kemiri

Kemiri yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut.

Minyak yang dihasilkan dari kemiri mengandung berbagai zat asam, lemak, dan vitamin B yang baik untuk menutrisi rambut, memperkuat akar rambut, dan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat dan sehat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk penggunaannya, kamu bisa menumbuk halus beberapa butir kemiri, rebus kemiri sampai menghasilkan minyak, aplikasikan minyak kemiri ke rambut disertai dengan pijatan ringan di kepala, tunggu sampai sekitar 2 jam, kemudian bilas dengan shampoo.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung biotin, niacin, vitamin E, dan vitamin D yang dipercaya bisa menumbuhkan rambut dan merawat rambut agar tidak mudah rontok.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga mampu menjaga keratin dalam jumlah besar sehingga memungkinkan rambut untuk tumbuh menjadi lebih sehat dan bersinar.

Gunakan beberapa tetes minyak zaitun setelah keramas, pijat bagian kepala secara perlahan, diamkan semalaman dan bilas pada keesokan harinya, lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

6. Kuning Telur

Meski sedikit amis, masker telur dikenal sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut secara cepat dan efektif, hal ini karena kuning telur memiliki kandungan vitamin A, vitamin K, biotin, dan folat yang bisa menjaga kesehatan rambut.

Selain itu, kandungan protein pada kuning telur juga bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi udara dan membuat rambut tampak jauh lebih bersinar.

Sama seperti bahan alami lainnya, kamu tinggal mengoleskan kuning telur dengan sedikit minyak zaitun ke bagian akar, ujung rambut, dan kulit kepala, diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas dengan shampoo dan air bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang efektif untuk menumbuhkan dan menyuburkan rambut, yang tentunya bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar rumah.

Perlu disadari bahwa menjaga kesehatan rambut bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghargai penampilan diri sendiri, dan tentunya juga bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Tidak terkecuali bagi wanita, penampilan merupakan salah satu aspek yang paling penting untuk dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang ingin fokus merawat dan memperbaiki penampilan diri, kamu bisa membaca Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Perawatan, Psikologi, Cinta, dan Belanja yang ditulis oleh Lisa Ekuirisa.

Buku ini bisa menjadi panduan bagi para perempuan yang ingin belajar merawat diri, misalnya dengan melakukan perawatan rambut, perawatan kulit, perawatan tubuh, dan masih banyak lagi.

Melalui buku ini, kamu akan mengenal berbagai produk perawatan yang aman dan tidak berbahaya bagi tubuh, seperti produk skincare, make up, dan sebagainya.

Tidak lupa, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa bacaan mengenai psikologi perempuan, percintaan, cara menjaga pola makan, cara memperbaiki pola tidur, dan banyak hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan.

Dengan membaca buku ini, perlahan kamu akan menemukan arti self love, yang tentunya akan membuat hidupmu menjadi lebih bahagia.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com