Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Termudah untuk Membuat Rambut Terlihat Mengembang, Sehat, dan Bervolume

Kompas.com - 09/09/2022, 18:26 WIB
Cara agar Rambut Mengembang Sumber Gambar: Freepik.com Cara agar Rambut Mengembang
Rujukan artikel ini:
The Little Book of Skin…
Pengarang: Charlotte Cho
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki rambut yang indah, berkilau, dan bervolume tentu menjadi impian semua orang, khususnya kaum wanita.

Tidak ada dari mereka yang suka jika rambutnya lepek, berminyak, atau terlihat kempes karena pasti akan membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Tanpa disadari, sebenarnya ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan rambut terlihat lepek dan tidak bervolume, misalnya seperti terlalu sering keramas, salah memilih kondisioner, sisir terlalu kotor, suhu air yang digunakan terlalu panas, sampai penumpukan keringat yang ada pada kulit kepala.

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambutmu terlihat lebih sehat dan mengembang dengan sempurna.

Cara Membuat Rambut Terlihat Mengembang dan Bervolume

1. Gunakan Shampoo yang Sifatnya Volumizing

Jika ingin rambut yang lebih mengembang, bervolume, dan bebas lepek, kamu membutuhkan shampoo dan produk perawatan rambut yang bersifat volumizing.

Shampoo yang bersifat volumizing ini berfungsi untuk mengurangi penumpukan dan residu pada kulit kepala, serta membuat akar rambut menjadi lebih mengembang sehingga bisa memberikan efek lifting atau mengangkat rambut yang lepek.

Sayangnya, jenis shampoo ini kurang disarankan untuk rambut keriting karena tidak memiliki kandungan untuk melembabkan rambut, yang nantinya malah akan membuat rambut terlihat kering.

2. Gunakan Kondisioner Hanya di Ujung Rambut

Setelah menggunakan shampoo, kamu bisa lanjut menggunakan kondisioner untuk membantu merapikan dan melembapkan rambut.

Pilihlah kondisioner yang bersifat volumizing dan gunakan hanya di bagian ujung-ujung rambut, karena menggunakan kondisioner di seluruh rambut bisa meninggalkan residu yang malah akan membuat rambut menjadi semakin lepek.

3. Hindari Penggunaan Dry Shampoo

Menggunakan dry shampoo akan membuat rambut jadi semakin lepek, karena kandungan alkohol yang ada di dalamnya akan membuat kulit kepala menjadi kering.

Saat kamu terlalu sering menggunakan dry shampoo, kulit kepalamu akan rutin memproduksi minyak yang tentunya bisa membuat rambut sulit untuk mengembang dan bervolume.

Jika kamu punya masalah dengan rambut yang terlalu lepek dan kurang mengembang, kamu bisa keramas dengan menggunakan shampoo volumizing setidaknya 2 hari sekali.

4. Gunakan Jedai Pada Akar Rambut

Salah satu ciri rambut yang lepek dan tidak bervolume biasanya akan terlihat pada bagian akar rambut yang kempes.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menjepitnya dengan menggunakan jedai rambut, kemudian diamkan selama beberapa saat.

Jika masih bingung, kamu bisa mulai dengan memisahkan rambut bagian atas dan bawah, angkat akar rambut, jepit dengan menggunakan jedai, kemudian gunakan hair dryer bersuhu panas selama 1 menit, cara ini akan membuat rambut lebih mengembang dan bervolume.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Pakai Hair Rollers

Selain jedai, kamu juga bisa gunakan hair rollers untuk membuat rambut terlihat lebih mengembang dan bervolume.

Caranya, bagi rambut dalam beberapa bagian kemudian gulung hair rollers satu per satu, arahkan hair dryer bersuhu tinggi pada seluruh bagian rambut selama 1 menit.

Lepaskan hair rollers, tahan gulungan rambut sambil memanaskannya dengan hair dryer selama beberapa saat, jangan lupa untuk fokuskan pada bagian poni untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Gunakan Masker Rambut dari Telur

Kandungan protein yang ada pada telur akan membantu menutrisi akar rambut sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat dan bebas dari masalah rambut.

Untuk membuat masker telur, kamu bisa campurkan beberapa kuning telur dengan 3 sdm minyak zaitun, dan air bersih.

Aplikasikan campuran ketiga bahan tersebut pada kulit kepala, kemudian ratakan ke seluruh batang rambut, diamkan selama ± 30 menit sebelum membilasnya dengan shampoo dan kondisioner.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut terlihat lebih mengembang, sehat, dan bervolume.

Memiliki rambut yang sehat tentu menjadi idaman semua orang, apalagi rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dari luar.

Selain rambut, menjaga kesehatan kulit wajah juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diupayakan.

Bagi sebagian kalangan, memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan terawat merupakan dasar kecantikan yang hakiki.

Untuk membantumu menemukan cara terbaik dalam merawat kulit, kamu bisa membaca buku The Little Book of Skin Care - Rahasia Kecantikan Korea untuk Kulit Sehat dan Bercahaya yang ditulis oleh Charlotte Cho.

Dalam buku ini, kamu akan diberikan beberapa tips untuk merawat kulit ala orang Korea yang tentunya aman dan akan membuat kulitmu terlihat lebih cantik dan bercahaya.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar memilih produk skincare yang cocok berdasarkan jenis dan permasalahan yang ada pada kulit wajahmu.

Jika tertarik, buku ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com