Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Efektif Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Lurus, Aman Tanpa Bahan Kimia

Kompas.com - 30/09/2022, 16:00 WIB
Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Lurus Sumber Gambar: Freepik.com Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Lurus
Rujukan artikel ini:
Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan,…
Pengarang: Lisa Ekuirisa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Rambut adalah salah satu bagian dari tubuh yang seringkali disebut sebagai mahkota, terutama bagi para wanita.

Hal inilah yang akhirnya membuat banyak wanita bermimpi untuk memiliki rambut yang panjang, lurus, dan sehat.

Sayangnya, proses untuk memanjangkan dan meluruskan rambut tidak bisa secepat memanjangkan kuku, bahkan menurut penelitian, rambut hanya tumbuh kurang dari 2 cm saja setiap bulannya.

Belum lagi ditambah dengan berbagai permasalahan pada rambut seperti rambut rontok, kering, dan bercabang yang seringkali menjadi penghambat proses pertumbuhan rambut.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat dan lurus tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Yuk, simak beberapa caranya berikut ini.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

1. Keramas dengan Air Hangat

Tahukah kamu kalau penggunaan air panas yang terlalu sering sebenarnya bisa menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada rambut?

Untuk menghindarinya, ada baiknya kamu memperhatikan suhu air saat mandi dan keramas, agar tidak menyakiti rambut.

Jika tidak terbiasa dengan air dingin, kamu bisa keramas dengan air hangat karena air hangat bisa membuka kutikula pada rambut, sehingga bisa mempermudah proses penyerapan shampoo dan kondisioner, selain itu air hangat juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kotoran dan ketombe pada rambut.

2. Gunakan Conditioner

Penggunaan kondisioner secara rutin ternyata bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memanjangkan rambut, jadi usahakan untuk menggunakan kondisioner ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Kondisioner ini bisa membantu menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut terhindar dari berbagai masalah seperti kering dan kusam, sehingga rambut kamu nantinya bisa tumbuh lebih cepat panjang dan lurus.

3. Kurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut

Berbagai peralatan rambut seperti catokan, hair dryer, atau pengering rambut memang banyak diklaim bisa mempercantik tatanan rambutmu.

Sayangnya, alat-alat pemanas rambut tersebut sebenarnya tidak boleh terlalu sering digunakan karena akan menghambat pertumbuhan rambut, membuat rambut menjadi lebih cepat rapuh, mudah patah, dan rontok.

4. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin

Disadari atau tidak, sering memijat kulit kepala secara rutin (minimal 3 kali seminggu) ternyata bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Hal ini terjadi karena pijatan pada kulit kepala akan membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala, dan bisa membersihkan berbagai kotoran seperti jamur yang menjadi penyebab timbulnya ketombe.

5. Rutin Menyisir Rambut

Meski terasa sepele, rutin menyisir rambut ternyata bisa membantu merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga rambut bisa lebih cepat tumbuh panjang dan lurus.

Sisirlah rambut dengan perlahan dan lembut setidaknya 1 sampai 2 kali sehari selama ± 2 menit, jangan lupa gunakan sisir bergigi lebar dengan ujung yang bulat agar tidak menyakiti rambut dan kulit kepala.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Hindari Menggunakan Pewarna Rambut

Mewarnai rambut kini tengah menjadi tren, tidak hanya di kalangan wanita tapi juga pria, terutama anak-anak muda.

Tapi bagi kamu yang ingin mempercepat pertumbuhan pada rambut, alangkah lebih baik kalau kamu tidak terlalu sering menggunakan pewarna rambut.

Kamu pasti sudah tahu kalau banyak pewarna rambut yang mengandung campuran bahan kimia, jika terlalu sering digunakan, bahan kimia ini bisa merusak kulit kepala dan menghambat proses penumbuhan rambut.

7. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tidak hanya usaha dari luar, kamu juga perlu melakukan usaha dari dalam untuk bisa membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut, salah satunya dengan menjalani diet yang sehat.

Cobalah untuk mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti alpukat, salmon, biji-bijian, ayam, dan beberapa makanan lain yang mengandung asam amino yang tinggi.

Asam amino ini dikenal sebagai protein yang bisa membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut dari dalam, dan bisa memperbaiki jaringan rambut di kulit kepala.

Dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, folikel pada rambutmu akan lebih banyak mendapatkan nutrisi yang bisa mendukung proses pertumbuhan rambut dan bisa menjaga rambutmu agar tetap sehat serta tidak mudah rusak.

Nah, itulah beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut secara cepat tanpa harus menggunakan bantuan bahan-bahan kimia.

Meski cara-cara ini sulit untuk diikuti satu per satu, kamu tetap harus menyadari kalau menjaga kesehatan rambut ternyata bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memperbaiki penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Terutama bagi para wanita, penampilan luar kini menjadi salah satu aspek terpenting yang harus dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Selain kecantikan dari luar, masih ada beberapa aspek lain yang tidak kalah penting bagi para wanita, mau tau apa saja? Kamu bisa temukan jawabannya dalam Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Perawatan, Psikologi, Cinta, dan Belanja karya Lisa Ekuirisa.

Buku ini bisa menjadi buku panduan khusus bagi para perempuan yang ingin mulai merawat diri sendiri, seperti melakukan perawatan rambut, merawat kesehatan tubuh, merawat kecantikan kulit, dan masih banyak lagi.

Buku ini akan membantu memperkenalkan berbagai produk perawatan seperti skincare, hair care, make up, yang aman dan dijamin tidak membahayakan tubuh.

Selain perawatan dari luar, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa materi bacaan mengenai psikologi, percintaan, cara menjaga pola makan, cara memperbaiki pola tidur, dan beberapa hal penting lain yang sering dilupakan oleh para wanita.

Dengan membaca buku ini, kamu akan mulai mengerti apa arti dari self love dan kamu bisa belajar untuk lebih menghargai diri sendiri, karena pada dasarnya, siapa lagi yang akan mencintai kamu selain dirimu sendiri?

Kalau kamu tertarik dengan isi bukunya, kamu bisa segera dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com