Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumus Modus Data Kelompok dan Contoh Cara Menghitungnya

Kompas.com - 23/03/2023, 18:00 WIB
Rumus Modus Data Kelompok Sumber Gambar: Freepik.com Rumus Modus Data Kelompok
Rujukan artikel ini:
Smart Book Matematika SMP/MTs Kelas…
Pengarang: Muslihun
|
Editor Ratih Widiastuty

Ketika belajar ilmu matematika atau statistika, terkadang kita menemukan rumus modus data kelompok untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan.

Rumus modus data termasuk salah satu jenis modus, yaitu nilai dengan frekuensi paling banyak atau nilai yang sering muncul.

Untuk lebih memahami rumus modus data kelompok, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Modus

Sebelum memahami tentang rumus modus kelompok, kita perlu mengetahui tentang rumus dasarnya, yaitu dimulai dari modus.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modus adalah nilai dengan frekuensi paling banyak atau nilai yang sering muncul.

Modus memiliki dua jenis rumus, yaitu rumus modus data tunggal dan rumus modus berkelompok yang memiliki perbedaannya masing-masing.

Rumus modus data tunggal dapat ditentukan melalui nilai yang sering muncul, seperti contohnya diketahui data tunggal nilai matematika suatu kelas terdiri dari: 55, 70, 50, 70, 75, 70, 70, dan 85.

Dari contoh di atas, dapat ditentukan bahwa nilai modus dari data-data tunggal tersebut adalah 70 karena muncul sebanyak empat kali.

Secara singkat, untuk menentukan modus data tunggal sama halnya dengan cara perhitungan median pertama data, yaitu dapat disusun dalam urutan meningkat yang frekuensinya paling sering muncul.

Lalu, bagaimana dengan rumus modus data kelompok?

Rumus Modus Data Kelompok

Berbeda dengan modus data tunggal yang dapat dihitung secara manual berdasarkan frekuensi nilai yang sering muncul, modus data kelompok perlu dihitung menggunakan rumus.

Nilai modus dari data kelompok berada pada interval kelas dengan frekuensi paling tinggi yang dihitung berdasarkan batas bawah kelas modus (b), selisih kelas modus dengan sebelumnya (b1), selisih kelas modus dengan setelahnya (b2), dan panjang kelas interval (p).

Adapun rumus data kelompok adalah sebagai berikut:

Rumus Modus Data Kelompok Rumus Modus Data Kelompok

Cara Menghitung dengan Rumus Modus Data Kelompok

Contoh Soal

Berikut adalah daftar gaji karyawannya selama sebulan, berapakah modusnya?

Kelas Gaji Frekuensi
1 - 3 Juta 5
3 - 5 Juta 10
5 - 7 Juta 20
7 - 9 Juta 15
9 - 11 Juta 5

Pembahasan:

Dari tabel di atas, ditemukan bahwa modus terletak pada kelas interval ketiga (5-7 juta) karena kelas tersebut memiliki frekuensi terbanyak, yaitu 20 (fm), batas bawah kelas tersebut 4,5 (b = 4,5), frekuensi kelas sebelumnya 14 (b1 = 14-1), frekuensi kelas sesudahnya 21 (b2 = 21 + 1), panjang kelas interval 5 (p = 5).

Selanjutnya, hitung modus dari data kelompok tersebut menggunakan rumus modus data kelompok:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mo = b + (b1/b1+b2) p

= 4,5 + (13/13+22) 5

= 4,5 + (13/35) 5

= 4,5 + 13/7

= 6,3

Jadi, modus nilai dari kelas gaji adalah 6,3 juta.

Itulah rumus modus data kelompok dan cara menghitungnya yang dapat membantu kamu untuk lebih memahami tentang jenis-jenis serta perhitungan modus.

Belajar matematika maupun statistika tentunya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan ketika kita dapat memahami setiap rumus dengan tepat.

Pada pelajaran sekolah, terutama dimulai saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) pembelajaran ilmu matematika tidak hanya bilangan genap atau bilangan ganjil, tetapi juga materi lain seperti bilangan bulat, perbandingan dan aritmatika sosial hingga menghitung modus.

Karena matematika termasuk ilmu hitung yang pasti dan berguna sampai kapan pun, maka seharusnya kita mempelajarinya dengan benar.

Nah, untuk kamu yang masih duduk di bangku SMP, memahami rumus matematika dapat lebih mudah dengan membaca Smart Book Matematika SMP/MTs Kelas 7, 8, 9.

Buku ini dapat membantu pembaca untuk lebih menguasai materi pelajaran di SMP, khususnya matematika.

Selain memberikan penjelasan materi ilmu matematika secara menyeluruh, buku ini juga disertai dengan trik jitu dalam meraih nilai terbaik di ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian akhir semester hingga ujian nasional.

Dilengkapi juga dengan penjelasan dan contoh soal penyelesaiannya, pembahasan dalam buku ini menyajikan metode yang sistematis, ringkas, dan mudah dipahami.

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMP dan SMA, buku ini dapat menjadi referensi bacaan yang tepat dalam membantu menyelesaikan sejumlah permasalahan dari soal-soal matematika.

Tentunya, dengan penjelasan yang ringkas dan jelas dalam buku ini akan lebih memudahkan menyelesaikan berbagai permasalahan soal matematika tingkat SMP dan SMA.

Untuk kamu yang ingin mempelajari rumus-rumus matematika SMP dengan lebih mudah, Smart Book Matematika SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 dapat menjadi salah satu referensi bacaan dalam menyelesaikan masalah dalam soal-soal matematika.

Dapatkan Smart Book Matematika SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 dengan membelinya langsung di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com