Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Menurut Ir. Soekarno

Kompas.com - 07/03/2023, 12:00 WIB
Rumusan Pancasila Menurut Ir. Soekarno Sumber Gambar: Kompas.com  Rumusan Pancasila Menurut Ir. Soekarno
Rujukan artikel ini:
Pancasila
Pengarang: Prof. Drs. H. Achmad…
|
Editor Ratih Widiastuty

Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia sampai sekarang adalah buah pemikiran Ir. Soekarno pada tahun 1945.

Detik-detik menjelang kemerdekaan, Soekarno yang tergabung ke dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyampaikan pidato mengenai dasar negara.

Rumusan yang digagas oleh Soekarno sebagai dasar negara ini disampaikan pada tanggal 1 Juni 1945 dan menjadi hari paling bersejarah yang pernah terjadi di Indonesia.

Pasalnya, tepat di hari itu menjadi Hari Lahir Pancasila yang dilakukan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Kelima prinsip dasar tersebut diberi nama Pancasila atas dasar saran seorang teman Soekarno, Muhammad Yamin, yang adalah sosok ahli bahasa.

Pancasila mempunyai arti sebagai lima dasar yang selanjutnya dipersingkat oleh Soekarno menjadi Tri Sila yang mencakup Sosio-Nasionalisme, Sosio-Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan.

Soekarno pun sempat mengusulkan Tri Sila menjadi Eka Sila yang maknanya Gotong Royong.

Prinsip-prinsip dasar ini adalah pernyataan serta pedoman dalam berpikir dan bertindak untuk menuangkan gagasan dengan benar.

Tidak hanya itu, Soekarno pun mau merumuskan Pancasila untuk mencapai suatu keputusan yang disepakati sesuai dengan tujuan bersama.

Berikut adalah penjelasan mengenai rumusan Pancasila menurut Ir. Soekarno selengkapnya.

Rumusan Pancasila Menurut Ir. Soekarno

1. Kebangsaan Indonesia

Soekarno menempatkan nilai nasionalisme pada urutan pertama dengan tujuan untuk menyatukan seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini berkaitan langsung dengan bangsa Indonesia dan persatuan masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia yang majemuk akan jauh lebih baik jika mempunyai sifat nasionalisme supaya dapat bersatu dan mencintai negaranya.

Soekarno mempunyai harapan jika perbedaan tidak akan menghalangi dan membatasi persatuan.

Prinsip ini sama dengan prinsip kebangsaan yang menjaga kemajemukan negara Indonesia agar bangsa Indonesia bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Internasionalisme atau Perikemanusiaan

Rumusan Pancasila menurut Soekarno selanjutnya adalah internasionalisme atau perikemanusiaan.

Prinsip ini selanjutnya diwujudkan dalam bentuk Pancasila sila kedua yang sangat berhubungan erat dengan prinsip kebangsaan yang sudah disampaikan oleh Soekarno pada sila pertama.

3. Mufakat atau Demokrasi

Mufakat yang adalah hasil dari musyawarah juga demokrasi sepertinya merupakan keinginan Soekarno.

Pemikiran Soekarno sebagai umat muslim memunculkan makna demokrasi dalam urutan ketiga sebagai rumusan Pancasila.

Soekarno memosisikan demokrasi di atas karakter bangsa Indonesia demi mengatasi masalah keberagaman yang akan menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

4. Kesejahteraan Sosial

Gagasan kesejahteraan ini tercipta akibat mengingat Indonesia yang pernah mengalami penjajahan dan kemiskinan ekonomi oleh kolonialisme.

Maka dari itu, Soekarno memiliki harapan agar bangsa Indonesia dapat hidup sejahtera tanpa memandang kelas sosial.

5. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sebagai penguat yang mengukuhkan prinsip sebelumnya, Soekarno meletakkan ketuhanan di urutan paling akhir.

Dalam prinsip ketuhanan ini, Soekarno tampaknya ingin Indonesia mempunyai Tuhan dan bernegara dengan memberikan kebebasan kepada rakyatnya untuk memeluk agama sesuai keyakinan yang dianut.

Pada kenyataannya, prinsip ini selanjutnya diwujudkan dalam Pancasila sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Memahami sejarah Pancasila sebagai dasar negara akan semakin membuat kita menghargai setiap perjuangan para pahlawan yang telah membangun negara Indonesia.

Jika kamu ingin mengetahui sejarah Pancasila secara lebih lengkap dan terperinci, maka buku Pancasila yang ditulis oleh Prof. Drs. H. Achmad Fauzi Dh., M.A. bisa dijadikan referensi yang mampu memberikan wawasan tentang Pancasila secara lebih mendalam.

Buku ini adalah potret dari proses panjang Pancasila dari awal perumusan, penafsiran-penafsiran filosofis dan ideologis sampai menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa.

Buku ini disusun berdasarkan kumpulan bahan ajar selama penulis menjadi asisten dosen di beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, hingga menjadi guru besar.

Pemilihan-pemilihan materi hingga analisis sejarah serta filsafat membuat buku ini berbeda dengan buku-buku lain yang sudah ada di pasaran.

Tunggu apa lagi, segera miliki bukunya dengan cara memesan dan membelinya lewat Gramedia.com agar pengetahuan kamu tentang Pancasila bisa lebih banyak lagi.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com