Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Pantun Terbaik Untuk Mempelajari Karya Sastra Pantun

Kompas.com - 03/02/2023, 11:30 WIB
rekomendasi buku untuk mempelajari pantun Sumber: pexels rekomendasi buku untuk mempelajari pantun
Rujukan artikel ini:
Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus…
Pengarang: Ajen Dianawati
|
Editor Rahmad

Kamu tertarik mempelajari tentang pantun? Kamu tentu membutuhkan rekomendasi buku pantun terbaik sebagai bahan referensi untuk kamu belajar pantun. Tidak perlu khawatir, walaupun saat ini pantun menjadi karya sastra yang tidak terlalu populer seperti zaman dulu, tetapi pantun selalu menjadi karya sastra yang sangat menarik untuk dipelajari setiap orang.

Tidak hanya untuk lontaran kalimat yang bersifat jenaka atau lucu saja, tetapi pantun bisa dijadikan sebagai gombalan. Jika kamu ingin melontarkan gombalan kepada pasanganmu, maka kamu bisa memberikannya pantun gombal. Menarik bukan?

Jadi, berikut ini adalah rekomendasi buku pantun terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk kamu mempelajari pantun atau karya sastra yang lainnya.

Rekomendasi Buku Pantun Terbaik

1. Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus Puisi & Pantun

Peribahasa merupakan salah satu karya sastra yang merupakan ungkapan yang dapat mengkiaskan suatu maksud tertentu seperti dalam mengungkapkan sebuah perumpamaan, perbandingan, nasihat, ataupun prinsip hidup.

Melalui peribahasa, kita dapat mempelajari susunan kalimat yang indah dalam bahasa Indonesia, termasuk pada kalimat pantun.

Buku ini disusun secara sistematis serta praktis untuk bisa memenuhi kebutuhan para pelajar SD, SMP, dan SMA. Buku ini dilengkapi juga dengan aneka ragam jenis pantun dan juga puisi yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai buku penunjang dalam pelajaran bahasa Indonesia.

2. Buku Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara

Indonesia memang mempunyai banyak seni verbal yang beraneka ragam. Tradisi yang biasanya tidak tertulis, berupa sebuah ucapan yang ekspresif, dan juga berisi jenaka yang disebut dengan pantun. Pantun menjadi salah satu jenis puisi lama yang banyak dikenal.

Buku ini disusun dalam rangka untuk melestarikan kebudayaan pantun bangsa Indonesia supaya tidak terkikis oleh kemajuan zaman yang semakin modern, yang mampu mempengaruhi budaya serta gaya hidup bangsa Indonesia.

Buku pantun ini sangat cocok untuk pelajar mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Selain itu, buku ini juga cocok untuk masyarakat umum yang memiliki ketertarikan pada bidang karya sastra. Terlebih lagi, buku ini berisikan pantun anak-anak, pantung anak muda, serta pantun orang tua.

3. Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi Terbaru & Terlengkap

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bahasa Indonesia melalui karya sastranya terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Lebih dari itu, ragam serta kategorisasi sebuah karya sastra sangatlah banyak jumlahnya.

Sebagai bangsa yang cinta tanah air, maka kita perlu untuk melestarikan kekayaan literasi dan juga terampil dalam berbahasa Indonesia supaya kebudayaan tetap terjaga.

Jadi, Buku Pintar Majas Pantun Dan Puisi Terbaru & Terlengkap ini mampu membantu kamu untuk mengenali berbagai macam jenis majas, pantun, dan juga puisi lama. Buku ini dibuat dengan ringkas, sehingga sangat mudah untuk dipahami oleh para pembaca.

Selain itu, buku ini juga sangat cocok untuk menjadi pegangan bagi para siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum. Maka dari itu, buku ini mampu menambah wawasan kamu tentang kesusastraan Indonesia, termasuk puisi gombalan.

4. Mahir Peribahasa, Puisi Baru, Dan Pantun

Peribahasa memiliki peranan yang penting dalam masyarakat di negara Indonesia, khususnya untuk kalangan melayu. Peribahasa zaman dulu sering digunakan oleh orang melayu, tetapi peribahasa menjadi hal umum untuk dipelajari.

Selain itu, pantun juga menjadi karya sastra yang tidak asing di telinga. Pantun menjadi salah satu jenis puisi lama yang sudah terkenal.

Pantun juga sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu oleh orang tua, anak-anak, atau muda-mudi. Muda-mudi biasanya menggunakannya untuk pantun gombalan.

5. Ukiran Pena Sang Pemimpi (Antologi Puisi, Pantun, dan Haiku)

Buku ini merupakan sekumpulan karya yang merupakan sebuah bentuk kolaborasi antara ketua tim literasi, guru orang tua siswa, komite dalam menjawab tantangan GLN Gareulis Jawa Barat.

Pada buku ini berisi tentang puisi, pantun, dan juga haiku dengan tema yang sangat beragam dan ditulis dengan gaya penulisan lintas usia tergantung pada masing-masing penulisnya.

Keberagaman yang terangkum di dalam buku ini membuat buku ini memiliki hal yang menarik tersendiri di dalamnya.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang pantun terbaik. Di dalamnya, tentu berisikan juga pantun gombalan yang bisa kamu pelajari. Semua buku rekomendasi pantun tersebut bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com