Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Perlu Kamu Tahu

Kompas.com - 03/01/2023, 16:00 WIB
Manfaat Berjemur di Pagi Hari Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Berjemur di Pagi Hari
Rujukan artikel ini:
The Miracle Of Vitamin D
Pengarang: SARFRAZ ZAIDI
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Sebagai bagian dari pola hidup sehat, berjemur di pagi hari dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Bukan tanpa alasan, berjemur di pagi hari secara rutin dapat membantu memproduksi vitamin D secara alami.

Kandungan vitamin D yang kaya antioksidan ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selama pandemi Covid-19, kamu pasti sering mendengar anjuran dari pakar kesehatan untuk berjemur di pagi hari selama 10 sampai 15 menit setiap harinya.

Bukan hanya untuk penderita Covid-19, orang-orang yang sehat dan tidak memiliki gejala pun dianjurkan untuk rutin berjemur di pagi hari.

Untuk info lebih lengkapnya, yuk ketahui apa saja manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Seorang ilmuwan saraf dari Cambridge University menjelaskan temuannya bahwa berjemur di pagi hari akan membantu meningkatkan kinerja dan fungsi otak.

Ia menyebutkan bahwa kadar vitamin D pada laki-laki dan perempuan yang berumur 65 tahun telah berkurang setiap tahunnya.

Melalui beberapa temuan, sinar matahari bisa membantu pertumbuhan sel saraf di bagian otak yang bernama hippocampus, yang memiliki tugas utama untuk mengatur dan menyimpan memori.

2. Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit

Paparan sinar matahari di pagi hari mampu mengubah energi menjadi Provitamin D yang ada dalam tubuh kita.

Provitamin D memiliki banyak manfaat bagi kulit mulai dari melembapkan, menenangkan kulit yang meradang, serta menjadi ‘tabir surya’ alami bagi kulit.

Selain itu, berjemur yang cukup juga bisa mencegah terjadinya glikosilasi kolagen, yakni rusaknya protein kolagen di dalam tubuh akibat gula darah yang terlalu tinggi, sehingga bisa mempercepat proses penuaan dini.

Secara tidak langsung, berjemur di pagi hari bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian dari University of Edinburgh, telah ditemukan senyawa nitric oxide yang muncul setelah kulit tersentuh oleh sinar matahari.

Senyawa nitric oxide ini akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah dan bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Sinar matahari pagi akan membantu mengirimkan pesan ke mata yang nantinya akan disampaikan ke kelenjar pineal yang ada di bagian otak.

Kelenjar pineal ini bertugas untuk memproduksi melatonin, jenis hormon yang akan membuat tubuh kita jadi cepat mengantuk dan tertidur.

Berkat sinar matahari pagi, tubuh akan berusaha mempertahankan keteraturan ritme tidur dan membuat kualitas tidur menjadi jauh lebih baik.

5. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjemur di pagi hari bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menekan sistem imun yang terlalu berlebihan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, sel darah putih juga akan mengalami sebuah peningkatan, sehingga tubuh akan jauh lebih kuat dalam memerangi penyakit atau infeksi yang akan datang.

Sinar matahari pagi ini sangat bermanfaat bagi penderita autoimun, misalnya pada orang-orang yang terkena psoriasis.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Berjemur di pagi hari secara rutin bisa meningkatkan produksi vitamin D yang sangat bermanfaat untuk merangsang proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin D juga bisa membantu merangsang fosfor dan vitamin D3 yang sangat berperan bagi kepadatan tulang.

Saat sinar matahari menyentuh kulit, proses penyerapan kalsium akan mulai bekerja, ini akan membantu memperkecil kemungkinan kamu terkena patah tulang.

7. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker

Berjemur di pagi hari secara rutin juga akan membantu mengurangi resiko terkena kanker karena sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat baik bagi tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan memiliki resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar, ini berbanding terbalik dengan orang-orang yang banyak memiliki vitamin D dalam tubuhnya.

Menurut penelitian dari University of California, vitamin D dapat menurunkan resiko pengembangan segala jenis kanker, mencapai lebih dari 60%.

Tips Berjemur di Pagi Hari

Sinar matahari pagi memang sangat baik bagi kesehatan, tapi kamu tetap memerlukan beberapa persiapan sebelum berjemur.

Salah satu persiapan yang sering dilupakan orang-orang adalah menggunakan produk tabir surya yang memiliki kandungan SPF atau sun protection factor, ini akan membantu menghalangi terbakarnya kulit karena sinar UV.

Berikut adalah beberapa tips cermat saat berjemur di pagi hari:

  • Menggunakan lotion atau sunscreen yang mengandung sekurang-kurangnya SPF 24, akan lebih baik jika menggunakan SPF 50.
  • Gunakan lotion SPF ini pada 20 sampai 30 menit sebelum keluar rumah, supaya kulit memiliki cukup waktu untuk menyerap lotion, dan lotion bisa bekerja dengan lebih efektif.
  • Simpan lotion SPF di tempat yang sejuk, cobalah untuk menghindari sorotan matahari secara langsung.
  • Tapi harus kamu ingat bahwa lotion SPF hanya bisa melindungi kulit dari terik sinar matahari dalam waktu yang sebentar, jadi jangan lupa untuk kembali mengoleskan lotion setelah selesai berjemur.

Itulah 7 manfaat berjemur di pagi hari serta tips cermat yang harus kamu lakukan sebelum berjemur di pagi hari.

Setelah mengetahui beragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh, kamu tentunya tidak boleh malas dan ragu lagi untuk berjemur di matahari pagi karena malas atau takut kulitmu akan menghitam.

Seperti yang sudah kamu pahami, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai khasiat vitamin D, kamu bisa membaca buku The Miracle of Vitamin D karya Sarfraz Zaidi.

Buku ini akan membahas seputar khasiat vitamin D yang ternyata sangat penting untuk mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit mulai dari kanker, diabetes, jantung, darah tinggi, autoimun, dan masih banyak lagi.

Bahkan beberapa tahun belakangan ini, telah ditemukan penelitian terbaru yang membuktikan kalau vitamin D juga mampu mencegah dan mengurangi resiko kematian akibat Covid-19.

Melalui buku ini, para pembaca akan semakin memahami kalau vitamin D merupakan salah satu aspek paling penting yang mempengaruhi sebagian besar sistem yang ada di dalam tubuh manusia.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com