Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Macam Pola Ragam Hias Geometris yang Harus Diketahui!

Kompas.com - 07/12/2022, 13:30 WIB
macam pola ragam hias geometris Sumber: pixabay macam pola ragam hias geometris
Rujukan artikel ini:
Batik Latar Ringkel, Pengenalan Dan…
Pengarang: Suryawati Ristiani, S.Pd ;…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu pernah mendengar tentang ragam hias, atau kamu lebih familiar dengan kata ornament. Ornament sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ornamentum yang memiliki arti hiasan atau dekorasi, dan ornane yang berarti menghiasi atau melengkapi.

Jadi, ragam hias atau ornamen merupakan suatu pola yang digunakan untuk menghias sesuatu. Ragam hias sendiri sudah digunakan sejak zaman prasejarah, seperti pada dinding gua, perkamen, candi, atau sebagai hiasan tubuh.

Ragam hias memiliki banyak jenis, salah satunya adalah ragam hias geometris. Ragam hias geometris menjadi salah satu bentuk karya seni motif tertua yang sebetulnya telah berkembang sejak zaman prasejarah.

Ragam hias geometris berawal dari wujud sebuah titik, garis, wujud, dan bidang yang berulang. Dari bentuk yang paling sederhana, sampai ke pola yang paling rumit. Ragam hias secara umum adalah bentuk hiasan yang diulang sampai membentuk suatu pola tertentu dalam sebuah karya seni.

Ragam hias geometris ini dapat dihasilkan melalui beragam proses, yaitu mencetak, menggambar, memahat, dan sebagainya. Lantas, apa saja jenis-jenis ragam hias? Berikut ini ulasannya.

Pola Ragam Hias Geometris

macam pola ragam hias geometris macam pola ragam hias geometris

1. Swastika

Pola swastika adalah jenis ragam hias geometris yang terdiri dari garis lurus yang memiliki potongan, garis zig-zag, dan huruf Z yang disusun dengan sedemikian rupa. Pola ragam hias geometris biasa ditemukan pada kain batik, keramik, dan hiasan bangunan.

Ragam hias geometris swastika ini menjadi bentuk dari perlambangan peredaran bintang-bintang yang terdapat di luar angkasa, khususnya matahari yang sekaligus menjadi sebuah tanda pembawa tuah bagi seluruh manusia yang ada di bumi ini.

2. Pilin

Pola pilin merupakan pola ragam hias geometris yang terdiri dari garis-garis yang melengkung yang dipilin, sehingga membentuk pola yang menyerupai huruf S. ragam hias geometris pilin ini sering digunakan dalam batik dan juga pada hiasan furnitur.

Ragam hias geometris ini dianggap sudah ada sejak zaman kebudayaan perunggu di zaman prasejarah atau biasa disebut dengan kebudayaan perunggu Eropa.

3. Meander

Pola meander adalah pola ragam hias geometris yang berliku-liku. Meander adalah pola geometris yang berasal dari kebudayaan kuno Etruscan, Yunani Kuno, Romawi Kuno, serta Bizantium.

Bentuk ragam hias geometris ini berupa deretan huruf ‘T’ yang berdiri tegak lurus dan terbalik dengan cara berganti-ganti. Bentuknya ini hampir mirip dengan seni Tionghoa, yaitu seolah-olah mengalir mirip dengan awan, sehingga terkadang disebut juga dengan Pinggir Awan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Kawung

Ragam pola geometris kawung merupakan pola ragam hias yang berasal dari Sunda. Ini berasal dari buah pohon kawung yang memiliki arti aren. Buah pohon aren yang lonjong bernama kolang-kaling menjadi inspirasi tersendiri dalam ragam pola geometris kawung.

Bentuk ragam hias geometris ini telah ada sejak zaman Hindu Jawa, seperti yang ada pada kain yang selalu dipakai oleh Kertajaya selaku raja pertama dari Kerajaan Majapahit.

5. Tumpal

Ragam pola geometris tumpal adalah pola ragam geometris yang terbentuk dari kumpulan segitiga. Di zaman dahulu, motif timpal ini dikaitkan dengan hal-hal yang berbau magis atau mistis.

Bentuk dari ragam hias geometris ini sangat beragam, mulai dari sulur-suluran tumbuhan yang memberikan lambang kesuburan,sampai bentuk gunung yang berarti lambang keteguhan serta kekuatan sebagai penolak bala.

6. Ceplokan

Ragam hias geometris ceplokan adalah pola ragam hias geometris yang terdiri dari satu bentuk geometri. Satu motif geometri itu kemudian diulang-ulang sampai membentuk suatu pola ceplokan. Ragam hias geometris ini biasanya terlihat di motif kain batik dengan meted cap.

Itulah jenis-jenis dalam ragam hias geometris yang bisa kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Ragam hias geometris bisa diaplikasikan juga ke dalam kain batik. Buku Batik Latar Ringkel, Pengenalan Dan Pembuatan menyuguhkan tentang pembuatan batik latar ringkel secara bertahap menggunakan pewarna sintetis, sehingga mudah untuk diikuti.

Terdapat juga pola-pola batik latar ringkel, resep warna, beserta foto dari hasil produk. Buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk bisa dimanfaatkan oleh para perajin tekstil/batik, maupun siapa saja yang ingin mengembangkan desain batik dan tekstil kerajinan untuk menambah variasi dalam suatu produk.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.