Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Buku Ekonomi Tentang Kurva Permintaan dan Penawaran

Kompas.com - 24/11/2022, 17:30 WIB
Rekomendasi Buku Ekonomi Tentang Kurva Permintaan dan Penawaran Sumber: entrepreneur Rekomendasi Buku Ekonomi Tentang Kurva Permintaan dan Penawaran
Rujukan artikel ini:
Pengantar Teori Ekonomi : Pendekatan…
Pengarang: Suherman Rosyidi
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai rekomendasi buku ekonomi yang membahas mengenai kurva permintaan dan penawaran?

Kurva permintaan dan penawaran merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai suatu kondisi di mana ada permintaan dan penawaran yang saling bertemu kemudian membentuk satu titik dalam satuan harga serta kuantitas.

Dalam setiap transaksi perdagangan tentu ada permintaan, penawaran, harga, serta kuantitas yang mampu mempengaruhi satu sama lain. Hal itu semua dipelajari di dalam ilmu ekonomi.

Ekonomi sendiri merupakan kajian ilmu yang luas dan terus berkembang sampai sekarang, karena ilmu ekonomi juga bergantung pada konteks perkembangan zaman sebagai kajian pembahasannya. Maka dari itu, penting bagi masyarakat umum atau para pelajar untuk mempelajari ilmu ini secara mendasar.

Jika kamu adalah seorang mahasiswa jurusan ilmu ekonomi atau praktisi di bidang ilmu ekonomi, maka mengenali lebih jauh mengenai kurva permintaan dan penawaran sebagai bagian dari ekonomi menjadi hal yang sangat penting.

Maka, berikut ini adalah rekomendasi buku ekonomi yang di dalamnya mempelajari mengenai kurva permintaan dan penawaran.

Rekomendasi Buku Ekonomi yang Membahas Tentang Kurva Permintaan dan Penawaran

1. Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Ed Revisi

Rekomendasi buku ekonomi yang juga mempelajari tentang kurva permintaan dan penawaran yang pertama adalah buku karya Suherman Rosyidi. Buku ini cocok untuk kamu baca untuk memahami tentang ilmu ekonomi yang diibaratkan dengan sebuah Gedung dan buku ini mampu menjadi pintu gerbangnya.

Sebagai seorang pelajar yang mempelajari ekonomi, tentu kamu harus memahami dasarnya terlebih dahulu untuk kemudian kamu bisa mempelajari ilmu ekonomi itu sendiri serta mempelajari tentang kurva permintaan dan penjualan.

Buku ini memang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan untuk para pelajar pemula dan juga mahasiswa di tingkat universitas. Buku ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah pendahuluan yang berisi tentang konsep dasar ekonomi, antara lain penjelasan mengenai permasalahan utama setiap perekonomian, produksi dan produktivitas, dan sebagainya.

Lalu, pada bagian kedua membahas mengenai pusat studi ekonomi makro, terutama tentang pendapatan nasional. Kemudian pada bab terakhir, menjelaskan mengenai salah satu unsur yang penting dalam materi ekonomi mikro yaitu teori tentang firm.

Penjelasan materi tersebut dimulai dari pembahasan mengenai harga, peranan, serta bagaimana terbentuknya pada pasar. Lalu pembahasan kemudian akan berkembang berkaitan dengan teori permintaan dan penawaran yang di dalamnya tentunya membahas tentang kurva permintaan dan penawaran.

Buku ini menggunakan gaya Bahasa yang bertutur, sehingga mampu membuat nyaman para pembacanya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Ekonomi Makro Teori dan Kebijakan

Buku ini membahas mengenai struktur serta fungsi perekonomian secara menyeluruh. Pembahasan di dalam buku ini berdasarkan pada analisis makroekonomi dalam keberhasilan di suatu perekonomian yang cenderung memandang konsumen pada suatu aktivitas rumah tangga tertentu.

Buku ini lengkap membahas dari hal yang mendasar, seperti anggaran pemerintah, tingkat bunga, permintaan uang, neraca pembayaran, kurva permintaan dan penawaran, nilai tukar mata uang, dan masih banyak lagi.

Penulis berupaya menyajikan buku tentang ekobomi makro disertai dengan teori. Lengkap juga dengan Latihan soal supaya para pembaca mampu memahaminya dengan mudah.

3. Ekonomi Mikro Suatu Pengantar

Buku ini membahas mengenai Sebagian kecil dari ekonomi. Mulai dari aspek individu hingga keseluruhan dari kegiatan dalam perekonomian. Bentuk analisis yang digunakan dalam teori pada buku ini salah satunya berkaitan dengan perilaku konsumen serta produsen secara individual.

Ekonomi mikro juga berkaitan dengan permasalahan harga, itu sebabnya ekonomi mikro lebih dikenal dengan teori harga. Juga terdapat pembahasan mengenai kurva permintaan dan penawaran.

Buku ini menampilkan permasalahan ekonomi yang biasanya disebabkan karena kesenjangan pada kebutuhan yang tak terbatas jumlahnya dengan sumber dayanya yang memiliki keterbatasan.

I Gusti Ayu Purnamawati & Gede Adi Yuniarti sebagai penulis berupaya untuk menyajikan buku yang membahas tentang ekonomi mikro beserta dengan teori dan Latihan soal. Hal tersebut dilakukan supaya para mahasiswa maupun masyarakat umum dapat memahami dengan mudah tentang ekonomi mikro dalam perspektif kerakyatan.

Itulah 3 rekomendasi buku ekonomi yang di dalamnya juga memuat materi tentang kurva permintaan dan penawaran.

Buku-buku tersebut dapat kamu pesan dan bei melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com