Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Ekonomi Makro dan Mikro, Cocok untuk Kamu yang Ingin Memperdalam Ilmu Ekonomi

Kompas.com - 04/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ekonomi Makro Teori Dan Kebijakan
Pengarang: I Gusti Ayu Purnamawati…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang sudah lahir dan berkembang sejak zaman peradaban kuno, dari bentuk yang sederhana sampai akhirnya tumbuh menjadi lebih kompleks dan terstruktur sampai hari ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberikan pengertian mengenai ekonomi, yaitu ilmu pengetahuan yang membahas mengenai kegiatan sosial yang dilakukan oleh manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, yang biasanya diperoleh dari lingkungan sekitarnya.

Membahas mengenai ilmu ekonomi memang tidak bisa sebentar karena ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang punya cakupan luas dengan perkembangan yang cukup cepat.

Selain itu, ekonomi sendiri juga dibagi ke dalam dua cabang utama yaitu ekonomi makro (makroekonomi) dan ekonomi mikro (mikroekonomi).

Kedua cabang ilmu ekonomi ini memiliki perbedaan yang mencolok, terutama dalam bidang fokus studinya, karena ekonomi makro biasanya lebih fokus pada ilmu ekonomi secara keseluruhan, sementara ekonomi mikro itu membahas unit ekonomi secara perorangan.

Karena fokus studinya berada dalam skala besar dan menyeluruh, ilmu ekonomi makro biasanya sering digunakan sebagai salah satu instrumen untuk menganalisis berbagai kebijakan yang terkait dengan inflasi, tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi, dan keseimbangan neraca pembayaran.

Sementara ekonomi mikro lebih fokus untuk menganalisis model pasar, industri pasar, teori permintaan, teori produksi, teori harga, dan elastisitas.

Ekonomi mikro juga berperan penting dalam membuat kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya, seperti cara mengelola dan membandingkan harga di pasaran.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan dunia ekonomi makro dan mikro, kamu bisa membaca beberapa buku ini untuk menambah wawasanmu.

Rekomendasi Buku Ekonomi Makro dan Mikro

1. Ekonomi Makro Teori dan Kebijakan – I Gusti Ayu Purnamawati & Gede Adi Yuniarta

Karena ilmu ekonomi makro punya ruang lingkup yang sangat luas, maka buku ini akan membantu kamu belajar dari dasar terlebih dahulu, mulai dari struktur, fungsi, serta cara menganalisis dalam ekonomi makro.

Selain itu, buku ini juga akan memberikan kamu pemahaman betapa pentingnya kekuatan ekonomi bagi suatu negara, terutama dalam hal inovasi produk dan teknologi.

Melalui buku ini, penulis berusaha untuk menyajikan materi ekonomi makro secara lebih mendalam.

Untuk para mahasiswa, kamu akan menemukan banyak sekali teori dan contoh soal yang akan membantu kamu memahami berbagai macam permasalahan yang ada dalam dunia ekonomi.

2. Pengantar Teori Ekonomi Makro – Budiyono Sukaris

Dalam buku ini kamu akan menemukan berbagai dasar-dasar teori ekonomi makro, kebutuhan dasar yang yang harus dipenuhi oleh manusia dalam hidup, dan berbagai masalah ekonomi yang biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Karena buku ini memang diperuntukkan bagi para mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu Ekonomi, maka penulis sengaja membeberkan materinya dengan sangat sederhana sehingga lebih mudah untuk dimengerti, bahkan oleh orang awam sekalipun.

3. Teori Ekonomi Makro – Telisa Aulia Falianty

Bagi kamu para pemula yang masih awam dengan dunia ekonomi tapi ingin mulai mengenal dan mempelajarinya, maka buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Buku ini akan menjelaskan berbagai materi ekonomi makro mulai dari materi dasar seperti IS-LM (Indeks Saving-Liquidity Money), sampai materi yang rumit seperti Global Financial Crisis, trade war, currency war, dan masih banyak lagi.

Setelah memahami berbagai materi ini, kamu juga akan belajar bagaimana caranya melakukan pendekatan untuk menyelesaikan permasalahan dalam dunia Ekonomi Makro.

4. Ekonomi Mikro – Dr. H. Bacharudin Sjaroni, SE., MM

Untuk mengenal ilmu ekonomi mikro secara lebih mendalam, buku ini bisa menjadi pilihan yang cocok karena pembahasannya cukup lengkap.

Buku ini akan membahas mengenai sistem perekonomian, pola kegiatan ekonomi, mekanisme pasar permintaan dan penawaran harga, keseimbangan pasar, teori produksi, teori pasar, dan masih banyak lagi.

Selain itu kamu juga akan diberikan pemahaman mengenai pasar monopoli dan pasar oligopoli dalam ruang lingkup ekonomi mikro.

Di akhir buku kamu akan diberikan beberapa studi kasus yang akan sangat membantu kamu dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

5. Pengantar Ekonomi Mikro Edisi 2 – E. Saefuddin Mubarok

Ada beberapa alasan yang membuat sebagian orang tertarik untuk memperdalam dunia ekonomi, seperti misalnya ingin cepat mendapatkan uang, atau ada juga yang beralasan takut dianggap buta ekonomi karena tidak paham dengan hukum permintaan dan penawaran.

Dua alasan tersebut sebenarnya masuk akal, tapi sebenarnya ada satu alasan utama yang membuat seseorang harus mempelajari ekonomi, yaitu sebagai dasar untuk bisa membuat keputusan atas persoalan yang dihadapi sebelumnya.

Melalui buku ini kamu akan belajar konsep dasar ilmu ekonomi mikro dan bagaimana cara mengatasi berbagai persoalan ekonomi yang biasanya muncul dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup yang besar maupun kecil.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang membahas mengenai ekonomi makro dan mikro.

Bagi kamu yang ingin segera mendapatkan bukunya, kamu bisa membelinya di Gramedia.com dan kamu juga bisa membeli versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com