Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Dicoba, Ini 6 Cara Alami untuk Mengatasi Kulit Kering pada Tangan dan Kaki

Kompas.com - 19/12/2022, 18:00 WIB
Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki Sumber Gambar: Freepik.com Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki
Rujukan artikel ini:
Perawatan Kecantikan Kulit
Pengarang: Windiyati, S.Pd
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Hampir semua manusia pernah memiliki permasalahan kulit kering di area tubuh mana saja, salah satunya di bagian tangan dan kaki.

Meski secara teknis tidak berbahaya, kondisi ini bisa sangat menjengkelkan dan membuat seseorang jadi tidak percaya diri.

Kulit tangan dan kaki yang kering bisa disebabkan karena kurangnya kelembaban pada kulit, yang diakibatkan oleh cuaca yang kering, penggunaan obat-obatan tertentu, dan masih banyak lagi.

Dalam beberapa kasus, tangan dan kaki yang kering juga bisa disebabkan oleh paparan bahan kimia dan penggunaan hand sanitizer yang berlebihan.

Untuk mengatasi masalah kulit yang kering, berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan.

Cara Alami untuk Mengatasi Kulit Kering pada Tangan dan Kaki

1. Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa termasuk bahan alami yang dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering.

Sejak beberapa waktu silam, kandungan minyak kelapa bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi kulit kering di bagian tangan dan kaki.

Pernyataan ini juga dilengkapi oleh International Journal Molecular Sciences yang menyatakan kalau minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga kulit agar tidak mudah kering.

2. Gunakan Lidah Buaya

Selain untuk kecantikan rambut, gel lidah buaya juga bisa membantu meredakan kulit yang kering pada bagian tangan atau kaki.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya sebelum tidur dan diamkan sepanjang malam, jika dilakukan secara rutin, kulit kamu akan menjadi lebih lembab dan terhindar dari kerusakan.

3. Gunakan Oatmeal

Oatmeal mungkin lebih sering digunakan sebagai salah satu bahan makanan pengganti roti saat sarapan.

Siapa sangka, oatmeal ternyata bermanfaat untuk melembabkan kulit dan meredakan kulit yang kering.

Oatmeal diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang bisa menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit menjadi lebih segar, dan tentunya bisa mencegah kulit mengalami kerusakan.

4. Gunakan Handcream

Menggunakan handcream atau lotion secara rutin bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit yang kering, karena kedua produk tersebut berbahan dasar air.

Tapi untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk handcream atau lotion yang bebas dari pewangi dan asam hyaluronat agar kondisi kulit tidak menjadi semakin parah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Gunakan Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit yang kering, terutama di bagian tangan dan kaki.

Pasalnya, minyak zaitun mengandung antioksidan, asam lemak, vitamin E, dan vitamin K yang bisa membantu menghidrasi kulit, mencegah keriput, dan memperbaiki kerusakan pada sel kulit.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi kulit kering pada bagian tangan dan kaki, yang pastinya bisa kamu coba sendiri di rumah.

Tak hanya kulit bagian tangan dan kaki saja, kulit di area tubuh lain juga harus mendapatkan perawatan yang rutin dan efektif, salah satunya adalah kulit wajah.

Saat ini, hampir semua orang sudah menyadari pentingnya perawatan kulit wajah, terutama untuk para perempuan.

Merawat kulit kini menjadi salah satu fase penting yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya.

Perawatan kulit wajah ini bisa dilakukan dengan bahan alami di rumah sendiri atau di salon kecantikan yang menawarkan berbagai macam pilihan perawatan.

Mengenai perawatan kulit wajah, kamu bisa membaca panduannya dalam buku Perawatan Kecantikan Kulit karya Windiyati, S.Pd.

Buku ini ditujukan pada mereka yang berminat untuk memperdalam pengetahuannya mengenai dunia kecantikan kulit, mulai dari tingkat paling dasar sampai perkembangan terkini.

Lebih jelasnya, buku ini berisi panduan untuk memilih dan menentukan jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Tak hanya itu, buku ini juga bermanfaat untuk para pembaca yang ingin menjadi ahli perawatan kulit karena materi yang dibahas dalam buku ini sudah disusun secara lengkap.

Meskipun padat dengan beragam informasi, materi yang disajikan dalam buku ini tetap mudah untuk dipahami dan dipraktikkan karena menggunakan bahasa yang sederhana untuk orang-orang awam atau pemula.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com