Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merawat Rambut Sebahu Agar Tetap Terlihat Cantik dan Menawan

Kompas.com - 16/11/2022, 18:30 WIB
cara merawat rambut sebahu Sumber: google.com cara merawat rambut sebahu
Rujukan artikel ini:
Perawatan Kulit Kepala & Rambut
Pengarang: Siti Sahida & Hidayani
|
Editor Rahmad

Model rambut sebahu kekinian memang memberikan banyak sekali keuntungan dan juga cocok untuk segala bentuk wajah.

Sebagian perempuan memilih model rambut sebahu kekinian karena dirasa lebih cocok dengan bentuk wajah mereka atau karena perawatannya yang jauh lebih simple ketimbang rambut panjang. Meskipun terkenal dengan perawatan rambut yang mudah, memiliki model rambut sebahu kekinian juga perlu diperhatikan dengan baik.

Kamu juga perlu memperhatikan cara merawat model rambut sebahu kekinian supaya tetap terlihat sehat dan tampak indah. Salah satunya adalah dengan tidak terlalu sering menggunakan sisir Ketika merapikan rambut. Selain itu, masih ada juga beberapa hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam merawat model rambut sebahu kekinian.

Penasaran seperti apa saja cara merawat rambut sebahu kekinian? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Merawat Model Rambut sebahu Kekinian

cara merawat rambut sebahu cara merawat rambut sebahu

1. Jangan terlalu sering menyisirnya

Pada saat kamu merapikan model rambut pendek kekinian, hindari untuk terlalu sering menggunakan sisir. Kamu cukup menggunakan jari kamu untuk merapikan, menambah volume, serta membentuk rambut kamu.

Sebab, model rambut sebahu kekinian adalah model rambut yang tidak mudah kusut seperti rambut panjang. Selain itu, kamu juga memerlukan sisir untuk bisa memilih sisir bristle yang memiliki bentuk seperti sikat. Sisir tersebut bisa membuat model rambut sebahu kekinian kamu menjadi lebih halus saat setelah disisir.

2. Jangan menggunakan alat panas

Seperti halnya perawatan rambut pada umumnya, pemilik model rambut sebahu kekinian juga harus menghindari penggunaan alat styling rambut panas seperti hair dryer, pengeriting rambut, dan juga catokan. Alat-alat seperti itu bisa lebih mudah merusak batang rambut kamu.

Jika kamu ingin ‘menjinakkan’ rambut kamu yang berantakan, kamu bisa menggunakan produk penambah volume, sehingga tidak perlu untuk dicatok.

3. Rutin memotong rambut untuk mempertahankan bentuk

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk memilih model rambut sebahu kekinian dalam waktu yang lama, disarankan untuk rutin memotong rambutnya setiap 3 atau 6 minggu sekali.

Kedengarannya memang seperti boros dan tidak efektif, tetapi pemotongan rambut yang cukup sering justru bisa membuat rambut sebahu kamu menjadi lebih rapi, serta tekstur ketebalannya juga akan lebih terjaga.

4. Keramas setiap hari

Rambut pendek bisa lebih cepat kotor. Sehingga kamu perlu mencucinya setiap hari. Supaya nutrisi rambut kamu tetap terjaga, rambut kamu juga tidak jadi kering, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada rambut kamu.

Kamu bisa mengaplikasikan masker rambut dua kali seminggu. Dan yang terpenting, gunakan juga kondisioner di setiap keramasnya supaya rambut pendek kamu tetap terawat, halus, dan juga indah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Bilas rambut dengan air dingin

Mandi air hangat memang dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Tetapi, air hangat tidak terlalu baik untuk penampilan rambut kamu. Hal itu bisa membuat rambut kamu menjadi lebih kusam.

Maka dari itu, usahakan selalu keramas menggunakan air dingin, supaya rambut pendek kamu bisa selalu mengkilap. Keramas dengan menggunakan air dingin juga bisa membuat rambut kamu terhindar dari resiko bercabang.

6. Memakai roll rambut

Jangan mengabaikan manfaat dari roll rambut untuk menata model rambut sebahu kekinian kamu yang mencuat keluar. Penggunaan roll rambut ini memang efektif untuk memperbaiki bentuk rambut kamu.

Kamu bisa memakai roll rambut di malam hari saat menjelang tidur supaya bentuk rambut kamu bisa rapi di pagi hari. Tetapi, kamu juga harus menggunakan dan melepas roll rambut dengan cara perlahan agar rambut kamu tidak mudah rontok.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat model rambut sebahu kekinian yang kamu miliki. Untuk kamu yang ingin mencari informasi lebih tentang menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan juga berkilau, kamu bisa mencari tahu dari buku.

Salah satunya yang bisa kamu baca adalah buku karya Siti Sahida dan Hidayati yang berjudul Perawatan Kulit Kepala dan Rambut. Buku ini terbit pada tahun 2015 yang diterbitkan oleh Kompetensi Terapan Sinergi Pustaka. Buku ini mempunyai sekitar 70 halaman.

Melalui buku ini, kamu bisa semakin mengerti dan memahami cara merawat kulit kepala dan rambut kamu supaya tetap terlihat sehat dan juga berkilau.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com