Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna yang Akan Dirasakan Umat Muslim

Kompas.com - 07/11/2022, 15:30 WIB
keutamaan mengamalkan asmaul husna Sumber: pexels.com keutamaan mengamalkan asmaul husna
Rujukan artikel ini:
Asmaul Husna Hakikat Dan Maknanya
Pengarang: Syekh Dr.Sa`Id Bin Ali…
|
Editor Rahmad

Keutamaan mengamalkan asmaul husna beserta artinya yang akan dirasakan oleh umat muslim tidak hanya di dalam kehidupan di dunia saja, melainkan juga nanti Ketika berada di akhirat. Seperti yang disebutkan dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, yang berbunyi:

“Menyebut Asmaul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asmaul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yang sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asmaul Husna.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Daro el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17)

Jadi, berikut ini ulasan mengenai keutamaan dalam mengamalkan asmaul husna beserta artinya yang perlu diketahui oleh umat muslim.

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna Beserta Artinya

keutamaan mengamalkan asmaul husna keutamaan mengamalkan asmaul husna

1. Terkabulnya segala doa

Keutamaan dalam mengamalkan asmaul husna beserta artinya dengan membaca serta memuji Allah juga bisa membuat segala doa yang dipanjatkan mudah untuk dikabulkan. Allah memerintahkan kepada setiap hambanya untuk berdoa dengan menyebut asmaul husna.

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Araf ayat 180 yang artinya, “Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkan lah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam [menyebut] nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

2. Mendapatkan surga

Allah menjanjikan kepada setiap umatnya yang mengamalkan asmaul husna beserta artinya dalam perkataan serta kepribadian atau tingkah lakunya, maka akan dimasukan ke dalam surga pada hari pembalasan kelak.

Asmaul husna beserta artinya bisa dibaca kapan saja. Sama halnya seperti zikir, membaca asmaul husna juga bisa mengingat Allah serta mendekatkan diri kepada Allah.

3. Meneguhkan iman

Saat kamu secara sungguh-sungguh mengamalkan asmaul husna beserta artinya ke dalam kehidupan, maka kamu akan semakin menyadari bahwa manusia tidak lebih hanya sebuah butiran debu saja di alam semesta ini. Dengan menyadari akan hal itu, maka keimanan kamu juga akan semakin bertambah.

4. Memberikan rasa aman

Dari 99 asmaul husna beserta artinya, kamu akan tahu bahwa sifat besar Allah adalah Yang Maha Pelidung. Hanya kepada Allahlah seorang muslim meinta pertolongan, sebab Allah adalah sebaik-baiknya pertolongan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jadi, keutamaan dalam mengamalkan asmaul husna dalam hati bisa membuat kamu merasa aman dan senantiasa dilindungi dari berbagai macam hal buruk.

5. Teringan akan dosa

Dengan mengamalkan asmaul husna beserta artinya, maka setiap muslim akan teringat akan segala dosa-dosa yang dimilikinya. Dosa-dosa tersebut tentunya tidak akan terhapus sebelum Allah memberikan ampunan kepada hambanya.

Maka dari itu, dengan mengamalkan asmaul husna beserta artinya, ini menjadi salah satu sarana yang tepat dalam memperoleh ampunan dari-Nya.

6. Takut akan siksa akhirat

Bagi seorang muslim pasti memahami bahwa di akhirat kelak, setiap perbuatan yang dilakukannya di dunia akan dipertanggungjawabkan. Siksaan Allah SWT sangat pedih bagi orang yang melanggar aturannya.

Namun, Allah juga Maha Pengampun kepada setiap hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat. Maka, keutamaan mengamalkan asmaul husna beserta artinya adalah bisa membuat kita takut terhadap siksaan di akhirat kelak.

Itulah keutamaan dalam mengamalkan asmaul husna yang bisa setiap umat muslim rasakan jika melakukannya secara rutin. Untuk memperdalam mengenai asmaul husna, kamu juga bisa membaca buku Asmaul Husna Hakikat Dan Maknanya.

Buku tersebut mengungkapkan hakikat serta makna asmaul husna yang disertai dengan penjelasan, dalil, serta hikmah yang didapat. Buku ini diramu ke dalam 15 bahasan, di antaranya nama-nama Allah yang bersifat taufik, pembagian sifat Allah, pengertian asmaul husna,beserta semua nama baik Allah.

Buku ini bisa kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com