Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Pidato untuk Belajar Jadi Pembicara Handal

Kompas.com - 01/11/2022, 11:30 WIB
Rekomendasi Buku Tentang Pidato Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Tentang Pidato
Rujukan artikel ini:
Mahir Pidato Dan Mc: Panduan…
Pengarang: Adelina Nurmalasari
|
Editor Rahmad

Apakah kamu butuh referensi untuk belajar pidato yang baik serta menarik? Ada beberapa rekomendasi buku tentang pidato yang bisa kamu jadikan referensi belajar mengetahui banyak tips and trik berpidato atau berbicara di depan umum dengan percaya diri.

Misalnya, kamu ingin membawakan pidato persuasif, maka kamu perlu cara-cara khusus agar tujuan berhasil menarik perhatian audiens. Rekomendasi buku tentang pidato di bawah ini akan mempermudah kamu mengatasi masalah itu untuk mempersiapkan pidato yang baik dan menarik.

Rekomendasi Buku tentang Pidato

Berikut ini rekomendasi buku tentang pidato yang bisa kamu jadikan referensi agar lebih mahir berpidato di depan banyak orang:

1. Mahir Pidato Dan Mc: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup

Banyak orang yang memiliki ide brilian, namun dia tidak dapat atau tidak pandai menyampaikan ide tersebut kepada orang lain. Akhirnya, ide yang dia miliki tidak dianggap atau tidak dipakai. Banyak orang yang berkeringat dan gemetar saat tampil di podium.

Atau, banyak orang yang bolak-balik ke kamar kecil sebelum tampil, sehingga lupa akan apa yang harus dikatakan, padahal sebelum tampil konsepnya sudah matang. Lain halnya dengan orang yang terbiasa berbicara di depan umum, di mana orang tersebut akan mendapatkan kesan baik dari audiens.

Begitu juga dengan ajakannya, orang lain akan dapat dengan mudah mengikuti apa yang diucapkannya. Padahal sejatinya, keahlian public speaking, seperti menjadi MC ataupun berpidato dapat dipelajari.

Seorang instruktur pidato di sebuah lembaga kursus khusus pidato yang sangat terkenal, Dale Carnegie mengemukakan bahwa pidato bukan suatu seni yang hanya bisa dilakukan oleh orang berbakat, melainkan termasuk keterampilan yang dapat dilakukan oleh orang biasa yang berminat.

Oleh karena itu, buku Mahir Pidato Dan Mc ini menyajikan berbagai teori yang dapat Anda pelajari untuk menjadi seorang pembicara yang andal dan diminati oleh massa. Di samping itu, dalam buku ini juga disajikan berbagai contoh naskah pidato dan MC dalam berbagai kesempatan.

2. Juara Pidato 3 Bahasa (Arab-Inggris-Indonesia)

Buku Juara Pidato 3 Bahasa ini paling mudah untuk dijadikan panduan bagi siswa-siswa maupun para santri dalam berlatih maupun berlomba pidato. Di buku ini bukan hanya menyajikan berbagai tema pidato, tapi juga menyajikan teknik-teknik berpidato serta contoh teksnya dalam tiga bahasa.

Selain itu, buku ini mendapat tanggapan antusias dari siswa-siswa dan para santri karena meliputi tiga bahasa, yaitu teks pidato bahasa Indonesia, teks pidato bahasa Inggris dan juga teks pidato bahasa Arab. Kiranya, buku ini sangat membantu siapa saja yang ingin berlatih pidato.

3. Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini: Rahasia Para Ahli Pidato

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu mungkin bertanya bagaimana memenangkan hati dan telinga audiens? Bagaimana mengatasi gugup sebelum berpidato? Bagaimana menjadi pembicara yang andal dan didengar? Bagaimana kiat-kiat menyusun naskah pidato yang berisi dan berbobot?

Maka buku ini cocok jadi rekomendasi buku tentang pidato yang bisa kamu baca. Buku Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini, selain memuat kiat-kiat berpidato, juga memuat berbagai contoh pidato dalam acara-acara umum, seperti pidato Hari Kartini, Sumpah Pemuda, Peringatan Hari Ibu, dan sebagainya.

4. Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat

Kamu ingin menjadi orator ulung seperti Bung Karno, Bung Tomo, K.H. Zainuddin MZ? Mereka begitu memukau saat berpidato dan menghipnotis audiens hingga terkesima. Bung Karno, misalnya, pidatonya menggempar, mampu menghipnotis masyarakat seantero Nusantara, bahkan dunia.

Masyarakat selalu menunggu kapan Bung Karno berpidato. Pidatonya sangat dahsyat, sedahsyat letupan meriam yang mampu menggetarkan jiwa perjuangan. Apa kiatnya, sehingga pidato mereka mampu menghipnotis audiensnya?

Buku Pintar Pidato ini akan membongkar tuntas rahasia pidato magis tokoh terkemuka. Sangat cocok untuk latihan muhadharah di sekolah dan pesantren. Dilengkapi dengan contoh teks pidato dwibahasa; Indonesia dan Inggris.

5. Tampil Memukau & Percaya Diri Menjadi Ahli Pidato & MC Tanpa Minder & Grogi

Buku Tampil Memukau & Percaya Diri Menjadi Ahli Pidato ini berisi pelajaran penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri menghilangkan rasa minder dan grogi ketika tampil di depan publik, baik ketika berpidato maupun ketika menjadi MC.

Secara umum, buku ini berisi cara mengatasi minder & grogi, meningkatkan percaya diri, mengatasi rasa takut berbicara di depan umum serta langkah-langkah menjadi MC handal dan tips menyusun teks pidato.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang pidato yang bisa kamu jadikan referensi belajar berpidato yang baik dan benar. Jangan lupa mempraktekannya atau latihan sebelum berhadapan dengan orang banyak di podium.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com