Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Mimpi di Siang Hari?

Kompas.com - 01/11/2022, 10:00 WIB
Mimpi Siang Hari Sumber Gambar: Pexels.com Mimpi Siang Hari
Rujukan artikel ini:
Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan…
Pengarang: MATTHEW WALKER
|
Editor Almira Rahma Natasya

Tidak hanya anak-anak, tidur siang juga biasa dilakukan oleh orang dewasa yang ingin istirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari yang menuntut dan menguras energi.

Apalagi di saat kita bekerja di malam hari dan kurang istirahat, maka tidur siang dapat dijadikan solusi untuk menambah energi agar tubuh dan pikiran bisa kembali segar.

Tidak ketinggalan, tidur siang pun tak luput dari kehadiran mimpi yang bagi sebagian orang dianggap memiliki makna atau pertanda khusus bagi kehidupan.

Padahal, mimpi dapat hadir dalam bentuk yang abstrak, tidak masuk akal, dan sulit untuk dideskripsikan, sehingga diprediksi mampu menjadi pertanda atau peringatan akan sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan.

Menurut beberapa tafsir, mimpi siang hari merupakan tanda tingkat kesadaran yang tinggi dan menandakan kenyamanan seseorang.

Mungkin saja mimpi di siang hari dapat menjadi pertanda yang akan terjadi ataupun tidak dalam kehidupan nyata, sehingga dibutuhkan kebijakan untuk dapat menyikapinya.

Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencari tahu arti dari mimpi di siang bolong sebagai sebuah bentuk pengingat akan sesuatu hal tentang kehidupan.

Apa arti mimpi di siang hari? Simak penjelasannya berikut ini.

Arti Mimpi Siang Hari

1. Arti Mimpi di Siang Hari Menurut Islam

Menurut agama Islam, mimpi di siang hari dapat menjadi pertanda peringatan bagi diri sendiri dalam menjalani kehidupan.

Jangan menyombongkan diri atas sesuatu yang kamu miliki saat ini karena semua itu hanya titipan sementara selama di dunia.

Bahwasanya semua yang kamu punya saat ini di dunia sesungguhnya hanya titipan dari Sang Pencipta.

Melalui mimpi di siang hari kamu diingatkan untuk tetap rendah hati dan selalu mensyukuri segala sesuatunya agar terasa nikmat untuk dijalani.

2. Arti Mimpi di Siang Hari Menurut Primbon

Berdasarkan primbon, mimpi di siang hari merupakan pertanda akan terjadinya sesuatu dalam kehidupan yang bisa saja bersifat baik maupun buruk.

Biasanya hal yang akan diperkirakan akan terjadi ini merupakan suatu peristiwa yang mengejutkan karena tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Jadi, arti mimpi di siang hari menurut primbon ialah akan terjadi sesuatu yang tidak terduga dalam kehidupan kamu, baik positif atau negatif.

Kamu dapat menyikapinya dengan santai karena kehidupan sendiri memang selalu memberikan kejutan tak terduga di dalamnya.

3. Arti Mimpi di Siang Hari Menurut Psikologi

Sedangkan secara psikologi, mimpi di siang hari dapat menjadi pertanda mengenai perasaan kamu yang sedang merasa was-was dan cemas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini timbul dari pemikiran alam bawah sadar yang terbawa ke dalam aktivitas tidur di siang hari melalui mimpi.

Biasanya kamu sedang merasakan keresahan akan pemikiran terjadinya sesuatu hal yang buruk di masa depan.

Perasaan ini pula yang memicu hadirnya kecemasan dan rasa was-was yang membuat pikiran alam bawah sadar memunculkan mimpi.

4. Arti Mimpi di Siang Hari Ketika Hujan

Saat hujan turun di siang hari, pastinya hawa kantuk akan mengundang tubuh untuk segera terlelap.

Namun, ketika kamu bermimpi di siang hari saat hujan turun, ini dapat menjadi sebuah pertanda yang kurang baik.

Pasalnya, arti mimpi di siang hari yang tengah diguyur hujan memiliki makna bahwa apa yang sudah kamu kerjakan dan usahakan selama ini sepertinya tidak akan memberikan hasil yang sesuai harapan.

Akan tetapi, jangan jadikan ini patokan untuk murung dan menyerah, tapi jadikan ini acuan untuk memicu kamu agar lebih bekerja keras lagi.

5. Arti Mimpi Petir di Siang Hari

Terakhir, jika kamu mendapatkan mimpi petir yang menakutkan dan mengejutkan ketika tidur siang, maka bisa menjadi pertanda harus berhati-hati.

Pasalnya mimpi ini mempunyai makna akan terjadi sesuatu hal yang buruk akan menimpa kamu.

Hal tersebut dapat menjadi masalah yang mengganggu kehidupan kamu karena datang dengan cara yang mengejutkan.

Oleh karenanya, hadapi masalah tersebut dengan perlahan dan hati-hati agar tidak menimbulkan keresahan yang berkepanjangan.

Aktivitas tidur dan mimpi sendiri ternyata merupakan sebuah hal alamiah yang dilakukan oleh makhluk hidup seperti manusia.

Dan, jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai hal ini, maka buku Mengapa Kita Tidur yang ditulis oleh Matthew Walker bisa menjadi sumber wawasan yang komplet.

Buku ini akan menjawab pertanyaan akan aktivitas tidur yang dilakukan oleh makhluk hidup melalui kacamata sains, sehingga dapat terlihat apa saja manfaat dan kerugiannya jika diabaikan.

Profesor Matthew Walker mengeksplorasi penelitiannya selama dua puluh tahun untuk memecahkan misteri mengapa tidur itu sangat penting bagi kelangsungan kehidupan.

Yuk, langsung saja order bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com