Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raos! Inilah 4 Makanan Khas Sunda yang Sudah Go Internasional

Kompas.com - 16/09/2022, 11:30 WIB
makanan khas sunda yang mendunia Sumber: uprint.id makanan khas sunda yang mendunia
Rujukan artikel ini:
100 Resep Hidangan Tradisional Sajian…
Pengarang: Tuti Soenardi
|
Editor Rahmad

Jika berbicara tentang makanan, Indonesia mempunyai beragam kuliner Nusantara yang sangat menggugah selera. Setiap daerah pasti mempunyai kekhasan kulinernya masing-masing. Kekhasan tersebut sesuai dengan karakter penduduk, selera, ketersediaan, bahan makanan, serta berbagai faktor lainnya. Salah satunya yang terkenal adalah makanan khas Sunda.

Makanan khas Sunda sendiri tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Jadi, tidak terbatas hanya pada kota Kembang atau Bandung saja.

Saking banyaknya makanan khas dari daerah tersebut, maka tak heran kalau Jawa Barat juga kerap disebut sebagai sebuah destinasi kuliner terbaik bagi para pengunjungnya.

Kekhasan makanan khas Sunda sudah dikenal juga di level nasional bahkan pula level internasional. Berikut ini adalah makanan khas Sunda yang sudah dikenal mendunia dan diakui kelezatannya.

Makanan Khas Sunda yang Go International

1. Surabi

surabi surabi

Surabi adalah makanan khas Sunda yang bisa dengan mudah kamu jumpai saat kamu berjalan-jalan di sekitaran daerah Jawa Barat. Karena di daerah Jawa Barat banyak yang menjual surabi dengan harga yang terjangkau.

Surabi adalah makanan khas Sunda yang dibuat dari tepung dan dimasak dengan menggunakan tungku dan wajan yang berasal dari tanah liat yang berukuran kecil.

Surabi tradisional ada yang dibubuhi oncom, ataupun gula merah pada bagian atasnya. Sementara saat ini, Surabi sudah banyak yang berevolusi dengan beragamnya topping bagian atas surabi, ada yang ditambahkan seperti keju, stroberi, coklat, dan banyak lagi.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi telah memperkenalkan makanan khas Sunda yang satu ini dengan membagikan resep jajanan ini kepada para jurnalis mancanegara.

2. Cendol

cendol cendol

Semuanya pasti tahu dengan minuman yang satu ini. Cendol menjadi makanan khas Sunda yang sangat menyegarkan dan cocok dinikmati di siang hari saat terik matahari. cendol terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk menjadi cendol.

Cendol biasanya disajikan di dalam gelas dengan tambahan gula dan juga santan. Harga untuk setiap porsinya sangatlah murah, biasanya dimulai dengan harga Rp 5000 saja.

Namun, tahukah kamu, kalau cendol ini sudah mendunia? Di Amerika, ada orang Indonesia yang sudah berjualan cendol, lho. Ia mematok harga sebesar USD 1-1,5 untuk setiap porsinya. Minuman yang menyegarkan ini sudah menjadi pelepas dahaga di negeri Paman Sam sana.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Sate Maranggi

sate maranggi sate maranggi

Sate maranggi adalah makanan khas Sunda, tepatnya kuliner khas dari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dulunya, makanan ini berbahan dasar daging sapi dan domba ini belum dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, untuk skala nasional pun gaungnya masih sangatlah kurang.

Namun, hal itu sudah berubah sejak Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mulai mengenalkan makanan khas Sunda ini melalui berbagai event dan festival yang berskala nasional maupun internasional.

Tidak hanya itu, promosinya juga dilakukan melalui gerai-gerai yang dibuka di beberapa daerah dan juga negara, seperti Malaysia dan juga Amerika.

4. Cincau hitam

cincau hitam cincau hitam

Asal usul sebenarnya minuman ini masih menjadi pertanyaan. Namun, kita dapat menemukan minuman ini dengan mudah di daerah Sunda. Makanan yang serupa dengan jelly ini terbuat dari daun cincau.

Selain terkenal di Indonesia, cincau juga sudah merambah ke pasar internasional seperti Singapura, lho. Di sana, cincau diterima sangat baik dan menjadi makanan khas Sunda yang populer.

Selain itu, ada juga restoran makanan khas Sunda yang merambah ke pasar luar negeri, seperti restoran Bumbu Desa. Restoran ini menyediakan aneka olahan makanan khas Sunda tersebut dengan mengandalkan resep khas desa serta mengapresiasi ahli masak dari desa.

Bumbu Desa ini telah berekspansi ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Australia. Nah, semakin banyaknya gerai restoran makanan khas Sunda di luar negeri, maka makanan khas Sunda akan semakin dikenal di dunia internasional.

Itulah deretan makanan khas Sunda yang sudah go internasional dan tidak perlu lagi diragukan kelezatannya. Apakah kamu tertarik membuat makanan khas Sunda untuk menu makananmu di rumah? Jika iya, kamu bisa mendapatkan beragam resep makanan tradisional termasuk makanan khas Sunda di buku 100 Resep Hidangan Tradisional Sajian Nasi Sehat.

Buku ini berisi aneka resep makanan Nusantara yang sehat. Tidak hanya resep hidangan nasi beserta dengan lauk pelengkap untuk menu sehari-hari bersama keluarga saja, tetapi juga bisa menambah pengetahuan kamu tentang ragam makanan pokok yang ada di bumi Nusantara.

Buku ini bisa segera kamu dapatkan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com