Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendalami Makanan Sebagai Representasi Nilai-nilai Kehidupan di Festival Ruang Tengah 2022

Kompas.com - 25/07/2022, 15:24 WIB
Rujukan artikel ini:
Eat, My Boy
Pengarang: Kevindra Prianto Soemantri
|
Editor Ratih Widiastuty

Mengupas Budaya Indonesia Melalui Sesi "Memori Rasa"

Penerbit Gramedia Pustaka akan menghadirkan dua penulis kuliner Indonesia yaitu Kevindra P. Soemantri dan Santhi H. Serad di festival literasi Ruang Tengah.

Sesi bertajuk “Memori Rasa” ini akan digelar pada pada Senin, 25 Juli 2022, mulai pukul 16.00 WIB. Peserta dapat menghadiri langsung acara ini di toko Gramedia Matraman atau pun dapat mengikutinya secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

“Makanan tak hanya sebagai kebutuhan pokok, tapi juga sebagai identitas yang mencerminkan budaya Indonesia.

Dari makanan, kita dapat membedakan satu masyarakat dengan masyarakat lainnya. Mulai dari bahan baku, proses, hingga penyajian, sebenarnya terkandung nilai-nilai tertentu yang kadang terabaikan,” tutur Andi Tarigan, General Manager Gramedia Pustaka Utama.

“Kevindra dan Santhi, dengan dipandu Kang Maman, akan membagikan pengalaman mereka bertahun-tahun menekuni makanan Indonesia. Tak hanya sekadar mencukupi kebutuhan saja, tetapi kita akan diajak memaknainya lebih dalam daripada itu,” tambahnya.

Sebagai pakar dan penulis kuliner Indonesia, Santhi H. Serad memiliki kecintaan besar terhadap makanan Indonesia. Ia mendirikan sebuah studio memasak, yang dinamakan Ramu Rasa, yang didedikasikannya sebagai tempat belajar aneka jenis makanan, terutama makanan Indonesia.

Kecintaannya pada kuliner Indonesia juga membuatnya menekuni dunia ini sejak ia kecil hingga sekarang. Bahkan, ia juga memiliki sebuah kebun herbal yang ditanami ratusan tanaman herbal supaya tetap terjaga keberadaannya.

Sementara, bagi Kevindra makanan tidak terbatas pada nilai budaya saja, tapi juga sebagai ungkapan cinta pada keluarga. Ia menuliskan kisah-kisah makannya bersama mendiang ayahnya dalam buku Eat, My Boy.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pengalaman menyantap aneka kuliner, seperti nasi uduk di Menteng, masakan Timur Tengah di Kemang, sate maranggi di Bandung, hingga sampai makanan kontemporer di Ubud, menjadikan buku terbarunya ini sebagai perwujudan rasa cintanya terhadap dua dunia yang telah membentuknya saat ini.

“Melestarikan kuliner Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kevindra dan Santhi telah membuktikan bagaimana konsistensi berhasil membuat mereka terus mengembangkan kekayaan kuliner yang kita punya lewat berbagai cara.

Dari mereka kita bisa belajar tentang bagaimana mempromosikan aneka masakan Indonesia. Tidak hanya memanfaatkan berbagai sarana teknologi dan informasi yang sedang berkembang saat ini, tetapi juga media-media lainnya,” ujar Andi Tarigan.

Festival literasi Ruang Tengah masih akan digelar sampai dengan Minggu, 31 Juli 2022 mendatang. Lewat acara ini, para pembaca dan pegiat literasi Indonesia diharapkan dapat menggali banyak wawasan dari para penulis Asia yang hadir di festival ini.

Informasi mengenai tiket dan program promosi buku-buku yang diperbincangkan dapat diakses melalui tautan https://promo.gramedia.com/ruang-tengah-membacaasia/.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com