Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memahami Pengertian administrasi Beserta dengan Fungsinya

Kompas.com - 09/09/2022, 12:30 WIB
pengertian administrasi serta fungsi Sumber: contractortalk.com pengertian administrasi serta fungsi
Rujukan artikel ini:
Manajemen Administrasi Perkantoran
Pengarang: Ida Nuraida
|
Editor Rahmad

Pengertian administrasi dalam pemahaman yang luas bisa diartikan sebagai suatu kegiatan kerja sama. Tetapi, jika administrasi dikaitkan dengan berbagai bidang lain seperti organisasi, kebijakan, manajemen, maka administrasi memiliki arti lain.

Administrasi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berkempang di awal abad ke-19. Berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, administrasi juga turut berkembang sampai akhirnya kini banyak diaplikasikan dalam memenuhi kebutuhan di berbagai negara di belahan dunia.

Pada penggunaannya, administrasi sangat dibutuhkan di sebuah perusahaan atau lembaga untuk bisa terus berkembang dan berdiri dengan membuat sumber daya serta pengelolaan yang baik.

Istilah administrasi kini sudah menjadi kata yang sangat umum digunakan di dalam dunia kerja. Administrasi menjadi istilah yang sangat identik dengan pekerjaan yang berkaitan dengan pencatatan, pendataan, surat menyurat.

Pada penerapannya, administrasi telah memberikan banyak manfaat, seperti mengoptimalkan sistem kerja bahkan sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Administrasi menjadi sesuatu yang bersifat krusial dalam usaha untuk mencapai suatu tujuan. Administrasi juga tidak luput dari pengelolaan arsip yang dilakukan dengan menggunakan sistem manajemen dokumen. Jadi, penting bagi kamu untuk mengetahui pengertian administrasi serta fungsinya.

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi Pengertian Administrasi

Secara etimologis, administrasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “administration” dengan bentuk infinitifnya to administer yang memiliki arti to manage atau mengelola. Kata ini juga berasal dari bahasa Belanda, yaitu “administratie” yang pengertiannya mencakup tata usaha, manajemen dari organisasi, serta manajemen sumber daya.

Administrasi pertama kali digunakan dalam bahasa Yunani, yaitu administrate atau suatu kegiatan untuk memberikan pelayanan dan bantuan.

Secara umum, pengertian administrasi bisa dilakukan jika digunakan oleh lebih dari satu orang, hal ini disebabkan administrasi menghubungkan pekerjaan antara dua orang atau lebih sehingga dapat saling bekerja sama.

Pada dasarnya, pengertian administrasi adalah suatu aktivitas atau bentuk usaha yang mempunyai hubungan kuat dengan pengaturan kebijakan, di mana salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan target dari perusahaan atau suatu organisasi.

Maka dari itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau administrasi memiliki peranan yang cukup vital dalam berbagai aspek dan juga aktivitas pada sebuah perusahaan atau organisasi, agar mereka tetap bisa bertahan dan terus selalu berkembang.

Pengertian administrasi bisa juga dipahami berdasarkan pada arti secara sempit dan arti secara luas. Berikut penjelasannya.

1. Pengertian Administrasi Secara Sempit

Menurut Hendi Haryadi dalam bukunya yang berjudul Administrasi Perkantoran untuk Manajer & Staf, pengertian administrasi adalah suatu kegiatan dalam penyusunan dan pencatatan data disertai dengan informasi secara sistematis.

Tujuan administrasi dalam arti sempit ini adalah menyediakan keterangan sekaligus juga memudahkan dalam kegiatan tersebut, sehingga bisa mendapatkan informasi kembali. Pengertian administrasi secara sempit ini juga bisa dibilang sebagai bentuk tata usaha dari suatu perusahaan atau organisasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Pengertian Administrasi Secara Luas

Pengertian administrasi secara luas memiliki arti sebagai aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang. Aktivitas kerja sama ini ditentukan berdasarkan pada pembagian kerja yang sudah disesuaikan secara terstruktur dalam mencapai tujuan bersama secara lebih efisien dan juga efektif.

Sebagai salah satu bagian terpenting dalam suatu perusahaan atau organisasi, administrasi juga mempunyai beberapa fungsi penting yang harus dilaksanakan. Berikut penjelasannya.

Fungsi Administrasi

fungsi administrasi fungsi administrasi

1. Perencanaan

Fungsi administrasi yang pertama adalah sebagai perencanaan. Perencanaan adalah salah satu kegiatan yang sangat membutuhkan aktivitas administrasi, aktivitas administrasi yang dimaksud adalah mengumpulkan data, mengelola, menyusun perencanaan, dan sebagainya.

2. Penyusunan

Administrasi sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi supaya mereka bisa melakukan aktivitas menyusun data untuk mencapai tujuan.

3. Mengoordinasi

Dalam suatu upaya untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu, maka sebuah perusahaan perlu melakukan koordinasi terhadap setiap bagian di dalam perusahaan.

Maka dari itu, koordinasi dilakukan supaya kegiatan perusahaan mampu berjalan dengan baik, tanpa adanya bentrok, maupun kekacauan.

4. Laporan

Laporan merupakan aktivitas administrasi yang berfungsi untuk menyampaikan perkembangan dari pergerakan sampai hasil kegiatan atau program yang sedang dilaksanakan.

5. Pembuatan anggaran

Pembuatan anggaran menjadi salah satu hal terpenting ada dalam sebuah perusahaan. Pembuatan anggaran ini diperlukan untuk meningkatkan kinerja. Anggaran juga dimanfaatkan untuk meraih tujuannya di masa perkembangannya.

Administrasi dilakukan mulai dari pengaturan sampai kepada pengurusan segala hal supaya bisa mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Untuk mempelajari administrasi di dalam suatu perusahaan, kamu bisa membaca buku Manajemen Administrasi Perkantoran. Buku ini menyajikan banyak sekali informasi yang kamu perlukan dalam hal pengelolaan administrasi kantor. Pasalnya, banyak sekali hal penting yang diurusi oleh perusahaan yang berkaitan dengan aktivitasnya, mulai dari catatan kantor, beragam prosedur, dokumen bisnis, pengarsipan, hingga menangani tamu yang datang sebagai relasi kantor.

Materi di dalam buku ini sangat berguna karena mampu menambah wawasan bagi para pegawai kantor, khususnya bagi yang sering berhubungan dengan administrasi kantor.

Buku ini bisa segera kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com