Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Light Novel Anime Terbaik yang Alur Ceritanya Mudah Kamu Pahami

Kompas.com - 16/08/2022, 11:30 WIB
novel light anime jepang terbaik yang mudah dipahami Sumber: gramedia.com novel light anime jepang terbaik yang mudah dipahami
Rujukan artikel ini:
Funiculi Funicula (Kōhī Ga Samenai…
Pengarang: Toshikazu Kawaguchi
|
Editor Rahmad

Apakah kamu pecinta hal-hal yang berbau Jepang dan sedang mencari rekomendasi light novel untuk mengisi aktivitas kamu sehari-hari? Atau kamu adalah orang awam yang belum terlalu tahu tentang light novel tapi ingin mengetahuinya?

Sebelum membahas tentang rekomendasi light novel, kita ulas dulu sedikit mengenai definisi light novel, ya.

Istilah light novel, singkatnya bisa kita simpulkan secara harfiah adalah sebuah novel ringan. Jadi, isi dari light novel biasanya berupa cerita yang ringan dan mudah untuk dipahami oleh kalangan pembacanya, biasanya para pembaca muda dari kalangan SMP atau SMA.

Light novel ini tidak hanya ringan dalam segi ceritanya saja, tetapi juga dari segi pemilihan kata serta penulisan, jadi cocok sekali untuk kamu pembaca pemula dan masih kalangan anak muda.

Light novel sendiri memiliki genre yang beragam, mulai dari fantasi, slice of life, sampai komedi. Ketiga genre ini memang paling populer karena kemudahannya untuk dicerna. Sangat berbeda dengan novel asli di Jepang yang terkenal dengan tema cerita yang lebih serius dan berat.

Setelah mengetahui definisi singkat mengenai light novel, maka berikut adalah rekomendasi anime light novel terbaik yang bisa kamu baca bagi pemula ataupun kamu pecinta anime.

Rekomendasi Light Novel Terbaik

1. Before the Coffee Gets Cold

Kalau harus memilih, sepertinya Before the Coffee Gets Cold menjadi light novel pertama yang paling cocok untuk kamu nikmati bagi pembaca pemula. Pertama, novel ini tidak terlalu tebal dari segi ukuran. Kedua, novel ini tidak mengandung banyak elemen basa-basi yang biasanya cenderung membuat para pembacanya kewalahan. Dan yang ketiga, plotnya sangat menarik, bahkan untuk orang yang jarang membaca novel.

Before the Coffee Gets Cold adalah kisah tentang para pengunjung dan patron sebuah kafe tua nan mungil yang ada di Tokyo, yang menyimpan rahasia magis. Keajaiban kafe itu adalah bisa memutar waktu. Namun, ada banyak sekali peraturan yang harus mereka ingat. Namun, adanya banyak aturan tersebut tidak menghentikan tokoh dalam novel ini untuk menjelajah waktu.

Namun, bila kepergian mereka ke masa lalu tidak mampu mengubah satu hal pun di masa kini, apakah layak semua itu dijalani? Jawabannya akan kamu temukan di novel ini.

2. The Miracles of the Namiya General Store

Light novel yang satu ini mempunyai elemen time travel tapi menggunakan pendekatan yang lebih melankolis. The Miracles of the Namiya General Store bercerita tentang tiga orang berandalan yang tengah bersembunyi di dalam sebuah toko tua yang sudah terbengkalai. Mereka bersembunyi setelah melakukan pencurian.

Lalu, tiba-tiba mereka mendapatkan sepucuk surat misterius yang berisikan permintaan saran. Namun, surat aneh itu ternyata membawa mereka berpetualang melintasi waktu. Setiap surat berisikan kisah hidup pengirimnya yang penuh warna dan juga mengharukan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buat kamu yang ingin sesekali meneteskan air mata, light novel ini adalah bacaan yang paling pas untuk kamu baca.

3. KonoSuba: God’s Blessing on this Wonderful World!

KonoSuba: God’s Blessing on this Wonderful World! adalah light novel bertemakan fantasi. KonoSuba adalah salah satu serial anime yang paling seru untuk kamu ikuti. Kalau kamu sudah menonton adaptasi animenya, kamu pasti mengetahui ceritanya.

KonoSuba berfokus pada sebuah cerita seorang siswa yang meninggal karena memiliki trauma setelah menyelamatkan seorang gadis. Kemudian, dirinya memasuki sebuah alam baka yang membuatnya bertemu dengan Dewi Aqua. Lalu, mereka membuat kesepakatan untuk berpetualang ke dunia Isekai.

4. The Prodigy

Buat kalian penggemar kisah fiksi sains, kamu pasti akan menyukai light novel ini. The Prodigy adalah sebuah kisah fiksi dari penggemar yang diunggah di sebuah akun Twitter @midnightstalks. Utas mengenai kisah The Pordigy ini sangat populer di kalangan penggunanya.

Kisah The Prodigy adalah tentang seorang anak lelaki yang sedang berusaha untuk mencari tahu tentang identitas dirinya sendiri serta masa lalu sang ibu. Light novel ini meceritakan tentang sosok Huang Rennath yang tinggal di sebuah tempat yang memiliki nama Neostate. Neostate sendiri adalah sebuah negara yang memiliki stratifikasinya sendiri.

Tempat ini juga menilai individunya dari mana mereka berasal, klan mana mereka berasal, seperti klan Kim, klan Lee, klan Park, dan sebagainya.

Kemudian, novel ini juga menuliskan mengenai latar belakang sang ibu yang seolah riwayat hidupnya dihapus secara sengaja.

Dalam novel ini, penulis memiliki kemampuan imajinasi yang sangat hebat. Sehingga membuat pembacanya seakan diajak untuk berkeliling serta mengenal lebih dalam lagi tentang negara fantasy yang dibuat oleh penulis. Sehingga, alur cerita serta penggambarannya sangat seru dan bisa dibaca oleh semua jenis usia.

Itulah beberapa jenis light novel anime terbaik yang memiliki alur cerita yang sangat seru dan ringan. Cocok sekali untuk kamu yang baru mulai untuk membaca light novel anime.

Buku light novel di atas juga bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com