Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik Agar Tidak Salah Memilih Pola Asuh Anak

Kompas.com - 13/08/2022, 17:30 WIB
rekomendasi buku parenting Sumber: pinterest rekomendasi buku parenting
Rujukan artikel ini:
Jangan Salah Didik: Tip Parenting…
Pengarang: Munita Yeni
|
Editor Rahmad

“Anak adalah cerminan orang tua” ungkapan kalimat tersebut pasti sangat sering kamu dengar bukan?

Ungkapan tersebut memang benar adanya, karena anak akan cenderung mempelajari secara langsung perilaku yang orang tuanya lakukan. Itu sebabnya memberikan pendidikan yang terbaik saat mengasuh serta mendidik anak sejak bayi sangat penting dilakukan. Karena orang tua memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan anak.

Beberapa orang tua terutama bagi orang tua baru masih belum memahami mengenai bagaimana cara mengasuh anak dengan cara yang baik. Sekarang, mempelajari hal tersebut bisa dengan membaca beragam buku parenting yang tersedia.

Saat ini mengasuh anak memang menjadi hal yang gampang-gampang susah. Karena perkembangan zaman serta kemajuan teknologi membuat anak sangat cepat menerima informasi dan terkadang perlakuannya tidak sesuai dengan usianya.

Maka, di sinilah peran keluarga terutama orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Pola asuh yang tepat akan memberikan dampak yang baik pula terhadap pertumbuhan serta perkembangan si kecil. Jangan sampai salah pola asuh atau menjadi orang tua dengan pola asuh strict parents yang malah bisa memberi dampak buruk bagi si kecil nantinya.

Untuk menambah ilmu serta wawasan dalam menerapkan pola asuh yang sesuai, maka dibutuhkan ilmu parenting. Ada begitu banyak buku rekomendasi tentang parenting yang bisa kamu pilih untuk membantu mengasuh si kecil. Berikut rekomendasi buku parenting yang bisa kalian pilih.

Rekomendasi Buku Parenting

1. Jangan Salah Didik: Tip Parenting Untuk Pola Asuh Yang Tepat

Buku Jangan Salah Didik: Tip Parenting Untuk Pola Asuh Yang Tepat yang ditulis oleh Munita Yeni membahas mengenai pola asuh serta pengaruhnya terhadap perkembangan mental anak ketika ia dewasa nantinya. Karena kebanyakan orang tua hanyalah meniru pola asuh yang didapatkan dari orang tua mereka sebelumnya.

Padahal, tidak semua pola asuh cocok diterapkan kembali, karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda.

Maka, buku ini memberikan sebuah gambaran yang sederhana tentang dampak dari pola asuh orang tua di masa kanak-kanak terhadap perkembangan mental sang anak ketika ia dewasa kelak. Buku ini juga memberikan banyak penjelasan serta solusi atas gangguan harga diri.

Buku ini sangat wajib dijadikan sebagai panduan atau setidaknya menjadi bacaan bagi para orang tua maupun calon orang tua.

2. Parenting Santuy Mengurus Anak Tanpa Ribet

Memiliki peran sebagai orang tua, tentu kita sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Sampai terkadang kita merasa bahwa kita telah memberikan lebih banyak makanan, mainan, sampai perlindungan yang berlebihan atau over protective.

Lebih baik, kita coba buku kembali pemikiran kita dengan cara mendidik anak dengan cara yang santuy tanpa ribet ala Denaye Barahona Ph.D., yang merupakan seorang praktisi perkembangan anak.

Buku ini mampu membuka pikiranmu bahwa kamu bisa menjadi orang tua yang sangat santuy untuk membahagiakan anak-anak dengan cara yang simpel dan juga tidak merepotkan.

3. Minimalist Parenting

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ada banyak sekali teori tentang parenting yang didapatkan dari orang lain maupun bersumber dari sosial media, yang terkadang membuat kita sebagai orang tua menjadi pusing sendiri.

Haruskah semuanya diikuti untuk mendapatkan predikat sebagai orang tua yang bisa mengasuh dengan cara yang kekinian?

Jangan sampai hal ini menjadi sebuah ajang untuk terlihat lebih sempurna sampai terlupa bahwa mengasuh anak yang terpenting adalah mampu menjalaninya dengan bahagia.

Buku ini akan menerangkan semua gaya parenting melalui pendekatan minimalist. Mulai dari bagaimana cara membuat si kecil bisa bermain dengan senang tanpa mainan yang berlimpah. Sampai cara mengubah persepsi orang tua tentang pendidikan.

Dengan membaca buku ini, kamu bisa menikmati indahnya mengasuh si kecil tanpa ada embel-embel yang berlebihan. Hidup yang lebih sederhana demi anak dan keluarga yang gembira jauh lebih penting.

4. Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan

terkadang jika sedang mengalami kelelahan yang berlebih, kita sering secara tidak sadar berteriak serta membentak anak kita karena ia melakukan sesuatu yang sangat tidak kita harapkan. Akan tetapi, tahukah kamu jika hal tersebut malah akan memperburuk perilaku si kecil?

Buku ini dapat membantu kamu dalam mengelola konflik dengan si kecil tanpa harus membentak, marah-marah dengan si kecil. Buku ini juga berdasarkan pada pengalaman sang penulis yaitu Ayah Edy yang merupakan guru serta praktisi parenting terkenal di Indonesia, untuk mendidik para anak di rumah maupun di sekolah.

5. Be A Dream Parent

Orang tua mana yang tidak ingin menjadi idola sang anak? Sudah bisa dipastikan setiap orang tua sangat ingin diidolakan oleh anak-anak mereka, meskipun itu sangat tidak mudah untuk diwujudkan.

Tapi, jangan khawatir, kamu bisa menumbuhkan kesadaran, juga memahami si kecil, serta cara mengasuh mereka melalui buku ini.

Buku ini juga akan menjelaskan bagaimana orang tua bisa memahami setiap kebutuhan anaknya. Melalui buku ini, para orang tua bisa saling kompak dan membantu dalam mengasuh si kecil. Dengan begitu, anak bisa tumbuh menjadi generasi yang membanggakan, sehat jasmani maupun rohani, serta bermartabat.

Nah, itu dia 5 rekomendasi buku terbaik tentang parenting yang dapat membantu para orang tua dalam mengasuh serta mendidik si kecil sejak usia dini, semoga bisa menjadi pedoman bagi orang tua dalam mendidik buah hati tercinta.

Semua buku-buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com