Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Membaca Dongeng Sebelum Tidur yang Menarik Untuk Anak

Kompas.com - 02/08/2022, 11:30 WIB
tips membaca dongeng sebelum tidur pixabay tips membaca dongeng sebelum tidur
Rujukan artikel ini:
Mari Mendongeng
Pengarang: Kak Wees
|
Editor Rahmad

Untuk menikmati dongeng, orang tua perlu mengetahui Tips membaca dongeng sebelum tidur untuk buah hati. Kegiatan mendongeng menjadi hubungan anak orang tua menjadi lebih akrab.

Membacakan dongeng sebelum tidur hampir selalu dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Dongeng termasuk dalam media hiburan anak-anak selain tayangan seperti video. Ternyata tradisi ini lebih dari sekedar lagu pengantar tidur.

Secara tidak langsung, kegiatan ini mengembangkan kecerdasan emosional dan mengoptimalkan perkembangan psikologis anak.

Tips Membaca Dongeng Sebelum Tidur

Untuk membiasakan kegiatan baik ini, sebagai orang tua perlu mengetahui tips membaca dongen sebelum tidur yang menyenangkan. Jangan khawatir, kamu bisa mempelajari tips berikut ini agar mendongeng pada anak jadi lebih menarik dan menyenangkan:

1. Sebelum Mendongeng, Pastikan Memahami Ceritanya

Pilih cerita berkualitas tinggi dengan tema sederhana seperti cerita sehari-hari jadi pilihan yang tepat. Ada baiknya orang tua memilih buku cerita pengantar tidur dengan banyak gambar dan cerita berwarna dengan pesan moral.

Tips membaca dongen sebelum tidur untuk anak-anak juga bisa memilih buku favoritnya. Usahakan untuk menghindari tema cerita yang kekerasan, balas dendam, atau sihir jahat. Orang tua harus sepenuhnya memahami isi cerita tanpa menghafalnya.

Cerita yang menyenangkan juga bisa dimodifikasi dan orang tua dapat menyaring kata-kata yang tidak pantas untuk didengar oleh anak-anak pada usia tertentu. Selain itu juga dapat mengembangkan ide dan nilai moral yang dikomunikasikan.

2. Memahami Karakter Tokoh dan Bedakan Suaranya

tips membaca dongeng sebelum tidur tips membaca dongeng sebelum tidur

Photo by CDD20 on Pixabay

Tokoh dalam cerita merupakan unsur yang sangat penting dan esensial. Pendongeng juga perlu memahami siapa tokoh dalam cerita tersebut. Cara kedua untuk membaca dongeng adalah dengan mendramatisir nya seolah-olah sedang memainkannya sambil membaca.

Semakin sedikit karakter dalam cerita, semakin mudah dan menarik bagi anak-anak. Ekspresi bercerita dapat merangsang minat dan kegembiraan anak dengan mendengarkan isi cerita.

Orang tua juga dapat melakukan gerakan yang menggambarkan isi cerita, disertai dengan ekspresi yang sesuai. Dengan cara ini, anak-anak ditarik ke dalam suasana cerita. Berbicara tentang karakter, orang tua harus berusaha membedakan suara setiap karakter.

3. Menggunakan Alat Bantu Mendongeng

Media gambar dan boneka membantu orang tua menyampaikan isi cerita dan membedakan karakter individu. Seperti membacakan dongeng sebelum tidur.

Artinya bisa membaca dongeng secara interaktif seperti ini dan tentunya tidak membosankan. Gambar dan boneka bisa menjadi alat yang menarik untuk bercerita. Anak-anak setidaknya memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang apa cerita itu.

4. Lakukan Kontak Mata dan Fisik

Kontak mata selama bercerita penting untuk menjaga anak tetap fokus dan membantu menyampaikan pesan cerita. Metode membaca dongeng ini juga dapat mempererat ikatan antara ibu dan anak.

Begitu juga kontak fisik yang dibutuhkan saat membacakan dongeng sebelum tidur. Ini akan meningkatkan keintiman orang tua dengan anak.

5. Interaktif

Membacakan dongeng sebelum tidur menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat anak lebih aktif. Tips membaca dongen sebelum tidur ini juga bisa membuat anak lebih aktif dan kreatif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hubungkan dongeng dan ajukan pertanyaan tentang apa yang akan terjadi di jalan cerita berikutnya, dan tiru suara karakternya. Hal ini bisa membantu anak menggunakan lebih banyak imajinasinya.Jangan marah jika anak kamu mengganggu cerita yang kamu baca.

Ini sebenarnya adalah hal yang baik karena menunjukan anak mendengarkan dengan seksama setiap ceritanya. Menanyakan sesuatu tentang isi dongeng merupakan tanda bahwa anak sedang mencoba menafsirkan cerita dengan imajinasinya.

6. Sesuaikan Cerita Dongeng dengan Usia Si Anak

Membacakan dongeng ternyata sangat membantu anak Anda untuk menerima cerita yang orang tua ceritakan. Usia anak menentukan apa yang diceritakan dan bagaimana kisah itu diceritakan.

Semakin besar usia anak, semakin beragam topik yang disajikan dan semakin dapat beradaptasi dengan usianya.

7. Bangun Suasana yang Nyaman

tips membaca dongeng sebelum tidur tips membaca dongeng sebelum tidur

Photo by Nong V on Unsplash

Secara umum, ritual yang harus dilakukan anak-anak sebelum tidur adalah mencuci muka, menggosok gigi, berpakaian, dan minum susu. Jika keempat hal ini terpenuhi, anak akan bisa tidur lebih nyenyak.

Orang tua juga bisa mematikan lampu di kamar, sehingga memudahkan anak kecil untuk tertidur. Dengan mematikan lampu di kamar anak, orang tua juga bisa menggunakan bayangan di dinding kamar untuk mengukir berbagai karakter dongeng dengan tangan.

8. Lakukan Repetisi

Dengan tidak adanya klimaks yang mengingatkan kita pada bagian cerita, anak-anak cenderung cepat melupakan apa yang orang tua katakan.

Jadi, setelah membaca ini, ada baiknya orang tua menekankan klimaks cerita.Ulangi bagian itu agar anak kecil secara tidak langsung mengingatnya di alam bawah sadar.

9. Jelaskan Pesan Moralnya

Tips membaca dongen sebelum tidur untuk anak yang terakhir adalah poin terpenting. Orang tua harus melakukannya dalam sesi cerita sebelum tidur.

Dengan menjelaskan pesan moral yang terkandung dalam dongeng yang dibaca, anak secara tidak langsung dapat meniru perilaku yang coba ajarkan. Pesan moral tersebut bisa membentuk karakter anak menjadi pribadi yang luar biasa dengan baik hati.

Buku Mari Mendongeng yang ditulis Kak Wees bisa jadi referensi para bunda-bunda atau orang tua yang ingin belajar cara mendongeng yang baik. Buku ini berisi tentang bagaimana cara mendongeng.

Mulai dari mempersiapkan cerita dongeng, apa saja yang perlu dilatih saat mendongeng. Bahkan buku ini memberi penjelasan pada pembaca tentang bagaimana menghidupkan cerita dalam dongeng agar lebih menyenangkan untuk anak-anak.

Dalam buku ini kamu juga bisa menemukan manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang si anak. Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com