Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan, Dongeng Anak-Anak Bercita Rasa Nusantara

Kompas.com - 29/06/2022, 18:00 WIB
Dru dan Kisah Lima Kerajaan Sumber Gambar: instagram.com/kisahdru Dru dan Kisah Lima Kerajaan
Rujukan artikel ini:
Dru dan Kisah Lima Kerajaan
Pengarang: Clara Ng
|
Editor Ratih Widiastuty

Membaca buku dongeng untuk anak-anak rasanya selalu menyenangkan entah usia berapa pun ketika kita menikmatinya.

Selalu ada sensasi yang menyenangkan ketika menyimak petualangan dalam cerita imajinatif yang membuat benak ikut bermain di dalamnya.

Apalagi, biasanya buku dongeng anak-anak selalu disertai dengan ilustrasi yang menggambarkan beberapa bagian dalam ceritanya, seperti tokoh, latar tempat, hingga adegan cerita.

Buku dongeng anak-anak memang tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan ilustrasi di dalamnya, sebab biasanya anak-anak akan lebih menikmati cerita yang dibumbui dengan visual.

Namun, sayangnya kehadiran buku dongeng dengan cita rasa Indonesia masih belum banyak hadir, sehingga membuat kita mau tidak mau harus memilih buku dongeng dari luar negeri jika ingin menikmatinya.

Padahal, banyak sekali tema dan ide cerita yang menarik tentang sejarah serta kebudayaan Indonesia yang bisa diangkat menjadi sebuah dongeng anak-anak.

Untungnya, Clara Ng bisa menangkap kesempatan tersebut dengan menghadirkan buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan yang berkolaborasi dengan ilustrator bernama Renata Owen.

Kolaborasi cerita yang menarik ditambah ilustrasi yang ciamik membuat Dru dan Kisah Lima Kerajaan tampak sangat menjanjikan untuk dibaca anak-anak maupun orang dewasa.

Clara Ng mampu menuangkan imajinasi dalam pikirannya ke dalam sebuah bentuk cerita anak-anak yang penuh keajaiban dengan bumbu cita rasa Nusantara, sehingga akan tampak jauh lebih menarik, khususnya bagi pembaca Indonesia.

Tidak ketinggalan, Renata Owen pun mampu menerjemahkan cerita yang dihadirkan oleh Clara Ng ke dalam bentuk ilustrasi yang indah dipandang mata.

Namun, jika dilihat dari judul dan cover bukunya sendiri, sesungguhnya cerita seperti apa yang dihadirkan dalam Dru dan Kisah Lima Kerajaan? Daripada kamu penasaran simak sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis Buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan

Buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan bercerita tentang seorang anak perempuan berusia 12 tahun bernama Dru yang berasal dari desa Patala.

Akibat memiliki perangai yang suka membangkang dan terkenal nakal di desanya, Dru pun dijauhi oleh teman-temannya.

Suatu ketika saat Dru sedang memanjat pohon buah rambutan di kebun, ada seorang anak yang meminta dan mengambil buah tersebut.

Dru tidak mau membagi buah rambutan yang ia peroleh dan memarahi anak tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akibatnya, orang tua dari anak itu melaporkan ulah Dru kepada orangtuanya.

Meskipun menyesal, Dru tetap mendapatkan hukuman, yakni dikurung di dalam kamar agar tidak bisa pergi ke mana-mana.

Ketika Dru sedang menjalani hukumannya, selendang yang ia pakai terbang tertiup angin.

Namun ketika hendak mengambil dan mengejarnya, Dru malah terjatuh ke dalam sebuah lubang yang membawanya ke Negeri Ajaib yang tampak sangat asing bagi dirinya.

Berawal dari situlah petualangan Dru di Negeri Ajaib dimulai.

Keinginan Dru untuk dapat segera keluar dari Negeri Ajaib tersebut dijawab oleh seekor Keong Bijaksana, yang mengatakan bahwa Dru harus menyelamatkan para raja di negeri tersebut sebagai jalan keluar dari Negeri Ajaib.

Pada akhirnya, Dru pun mengalami petualangan yang menarik dengan menemui para raja di Negeri Ajaib, mulai dari Raja Tanti Pala dari Kerajaan Logam hingga Raja Aditsu dari Kota Pencuri.

Dongeng Anak-Anak dengan Sentuhan Lokal

Selain piawai dalam merangkai cerita yang seru dan menarik, Clara Ng juga mampu memasukkan unsur-unsur budaya lokal ke dalam jalan ceritanya, seperti kisah Pandawa dan beberapa ilustrasi yang dihadirkan juga tampak memperlihatkan kain batik dengan begitu indah.

Maka tidak mengherankan jika setiap pembaca yang menikmatinya akan terhanyut oleh cerita dan ilustrasi yang mengagumkan.

Buku ini banyak sekali memberikan manfaat bagi pembacanya, khususnya anak-anak, sebab terdapat perbendaharaan kosakata yang kaya, meningkatkan daya imajinasi, hingga memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Semua edukasi yang dibutuhkan oleh anak-anak, lengkap tersedia dalam buku dongeng Dru dan Kisah Lima Kerajaan.

Petualangan Dru bukan hanya akan membawa hiburan dan kesenangan saja ketika dibaca, tapi ada pesan moral dan edukasi yang bisa diambil di dalamnya tanpa terkesan menggurui.

Bahkan, bisa dikatakan Dru dan Kisah Lima Kerajaan menghadirkan jalan cerita yang mengalir apa adanya, sehingga setiap lembar ceritanya tidak akan terasa.

Jika kamu penasaran atau bahkan butuh hadiah untuk anak maupun keponakan, buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan bisa langsung dibeli dan dipesan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com