Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tips Sebelum Bepergian yang Perlu Dilakukan

Kompas.com - 06/08/2022, 13:30 WIB
tips sebelum berpergian pixabay tips sebelum berpergian
Rujukan artikel ini:
Value Traveling
Pengarang: Edwin Santoso, S.E., CFP
|
Editor Rahmad

Kamu sudah ada rencana untuk bepergian ke tempat wisata? Bepergian tentu jadi hal yang menyenangkan dan perlu direncanakan dengan baik. Selain mengetahui doa naik kendaraan, ada beberapa tips sebelum bepergian penting lainnya yang perlu kamu ketahui.

Hal ini demi perjalananmu yang aman dan nyaman sehingga tujuanmu bepergian bisa tercapai. Setiap orang pasti memiliki tujuan baik saat bepergian, namun bisa jadi kacau jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Tips Sebelum Bepergian

Berikut ini tips sebelum bepergian yang perlu kamu ketahui agar perjalanan aman dan nyaman:

1. Jangan Bepergian Melebihi Kapasitas

Demi kenyamanan dan keamanan, harap hindari membawa penumpang atau barang bawaan melebihi kapasitas kendaraan. Keselamatanmu dan penumpang terancam saat kelebihan muatan.

2. Bawalah Uang Tunai yang Cukup

Saat mengemudi, kamu mungkin tidak tahu jika ada ATM di jalan. Jadi bersiaplah dengan uang tunai karena mesin kartu debit dan kredit tidak tersedia di semua toko. Namun tidak disarankan juga membawa uang tunai terlalu banyak.

3. Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Penting juga untuk membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. Kamu mungkin tidak selalu menemukan minimarket, jadi ada baiknya untuk mengemas beberapa makanan ringan bersama dengan makanan yang sedikit lebih berat seperti roti.

4. Siapkan Aplikasi GPS atau Penunjuk Arah

Jika kamu bepergian menggunakan kendaraan pribadi maka sebaiknya siapkan penunjuk arah. Apalagi kamu pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

5. Baterai dan Pulsa

Pastikan baterai dan pulsamu penuh. Jangan sampai teleponmu tidak bisa digunakan saat keadaan darurat.

6. Kondisi fisik

Ini adalah hal yang paling penting dan harus dipersiapkan sebelum bepergian. Kamu juga harus mempertimbangkan kondisi fisik. Perjalanan jauh membutuhkan kondisi fisik yang baik. Bersiaplah sebelum memulai perjalanan panjang.

7. Beristirahatlah Saat Lelah

Perjalanan jauh dan macet pasti akan membuat lelah, jadi jangan terlalu memaksakan diri. Istirahat sejenak di halte atau pom bensin terdekat. Mengantuk dapat membahayakan kamu dan orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

8. Hiburan

Tips sebelum bepergian yang tidak kalah penting adalah hiburan. Dalam perjalanan pulang, kemacetan bisa tak terhindarkan. Ada baiknya juga untuk membawa barang yang akan menghibur kamu saat sedang bosan. Seperti kaset, CD, MP3, atau koleksi buku biasanya menjadi teman setia saat bepergian.

9. Periksa Kondisi Kendaraan

Melafalkan doa naik kendaraan saja tidak cukup. Kamu juga perlu memeriksa kondisi kendaraan. Pada umumnya banyak orang yang memeriksakan kendaraannya di bengkel sebelum melakukan perjalanan jauh. Sebelum mengemudi, periksa mesin, rem, oli, roda, dan airbag kendaraanmu.

10. Pesan Tiket dan Rencanakan Sebelum Keberangkatan

Jika kamu bepergian menggunakan transportasi umum ke banyak tempat tetapi tetap ingin berhemat, carilah tiket kereta api atau transportasi umum yang searah dengan beberapa tempat yang ingin kamu tuju.

Jadi, ketika kamu berhenti di kota atau negara, masih dapat mengikuti perjalanan apapun yang kamu inginkan. Sebelum memesan tiket, kamu harus mengetahui tempat yang ingin dikunjungi saat tiba di kota atau negara tersebut. Lalu, pastikan tiketnya tidak ketinggalan jika kamu sudah membeli sebelumnya. Jika kamu melewatkan tiketnya, rencana perjalananmu akan berantakan.

11. Pakaian yang Sesuai

Kamu harus beradaptasi dengan lokasi saat ini dengan berpakaian yang pantas. Misalnya, jika kamu berencana pergi ke pantai, gunakan sandal yang nyaman, tabir surya, peralatan snorkel, dan pakaian yang nyaman.

Jika ingin mendaki, kamu harus mengenakan sepatu yang nyaman, peralatan pendakian, dan jaket tebal agar tetap hangat. Kemanapun kamu bepergian harus mengenakan pakaian yang tidak kusut dan tidak rumit. Bawalah barang yang cukup agar koper kamu tidak penuh.

12. Periksa Semua Barang Bawaan

Semua barang bawaan harus diperiksa sebelum berangkat. Jika barang-barang penting ketinggalan justru memperumit perjalanan. Pastikan kamu memiliki semua yang dibutuhkan dan pergi segera setelah semuanya selesai.

13. Selesaikan Semua Pekerjaan dan Tugas Sebelum Bepergian

Sangat penting untuk memastikan bahwa semua pekerjaan, tugas sekolah, dan pekerjaan rumah diselesaikan selama bepergian. Hindari terganggu dan memikirkan pekerjaan atau tugas yang belum selesai saat berlibur.

14. Periksa Cuaca Sebelum Bepergian

Pemeriksaan cuaca ini sangat penting bagi orang-orang yang berlibur di negara salju. Jadi jika ingin bermain salju, datanglah saat cuaca sedang bagus. Jangan pergi di musim panas. Jika kamu merencanakan perjalanan ke gunung, pantai, danau, dan wisata lainnya yang akan membuat liburan tidak terganggu dan menyenangkan adalah sangat penting untuk memeriksa cuaca sebelum kamu pergi.

15. Kirim Dokumen Penting ke Email Pribadi

Kirim terlebih dahulu dokumen penting pribadi seperti KTP, SIM, SIM, kartu asuransi, atau data penting lainnya ke emailmu. Jadi meskipun terjadi masalah, seperti kehilangan tas atau dompet, kamu masih memiliki data penting di email pribadi. Jadi pastikan kamu telah memotret semua dokumen penting di dompetmu dan mengirimkannya ke alamat email pribadi sebelum liburan.

Buku Value Traveling yang ditulis Edwin Santoso bisa kamu jadikan referensi untuk menyiapkan perjalanan wisata. Buku ini berisi informasi umum tentang traveling, mulai dari apa maknanya, tipe traveler, rekomendasi wisata menarik, dan tips sebelum bepergian yang perlu disiapkan. Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com