Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Merapat, Ini 3 Syarat Viewers YouTube Dihitung agar Makin Cuan!

Kompas.com - 12/08/2022, 13:01 WIB
Syarat Viewers Youtube Dihitung Sumber Gambar: unsplash.com Syarat Viewers Youtube Dihitung
Rujukan artikel ini:
Software Video Editor Gratis Untuk…
Pengarang: Muhammad Vandestra
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dunia digital makin berkembang dan kini membuat banyak profesi pekerjaan baru pun bermunculan.

Jika dulu rata-rata impian seseorang banyak yang ingin menjadi guru, dokter, ataupun polisi, kini sejumlah orang mulai mendambakan bekerja di dunia digital sebagai influencer, video creator, hingga YouTuber.

Pasalnya, sejumlah profesi pekerjaan yang berkaitan dengan dunia digital menawarkan penghasilan tinggi serta popularitas di masyarakat.

Salah satu profesi baru di era digital saat ini adalah menjadi seorang YouTuber, yaitu pembuat konten video yang kemudian diunggah di platform media bernama YouTube.

Menjadi seorang YouTuber bahkan menarik minat sejumlah artis Indonesia yang terjun dalam profesi baru tersebut hingga akhirnya mampu mendirikan rumah produksi, yakni perusahaan penyokong konten audio, visual, audiovisual hingga acara televisi.

Meski jadi pekerjaan yang terlihat menggiurkan, menjadi seorang YouTuber membutuhkan kreativitas konten menarik agar mampu menarik penonton.

Selain itu, iming-iming penghasilan melimpah tak mudah didapatkan dan membutuhkan proses panjang, tergantung pada seberapa rajin YouTuber mengunggah video di YouTube serta jumlah subscriber dan jumlah penonton atau yang dikenal dengan sebutan viewers.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan video YouTube agar semakin cuan, kamu perlu mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dipelajari, salah satunya seperti syarat viewers YouTube dihitung berikut ini.

3 Syarat Viewers YouTube Dihitung

Perusahaan YouTube sempat geram lantaran banyak kecurangan yang terjadi dalam memanipulasi jumlah viewers pada video sejumlah YouTuber.

Hal tersebut lantas mendorong perusahaan untuk mengubah algoritma penghitungan jumlah penonton video YouTube, yaitu:

1. Tidak Menghitung ‘Tampilan Iklan’ atau Mengunggah Video dengan Kualitas Rendah

Perubahan algoritma yang dilakukan pada tahun 2019 adalah YouTube tak lagi menghitung ‘tampilan iklan’ atau video dengan kualitas rendah yang biasa digunakan untuk menghitung grafik jumlah penonton.

2. Menerapkan Hitungan Organik

Perusahaan memberlakukan aturan berupa hitungan organik yang menjadi dasar penentuan peringkat video yang paling banyak ditonton.

Hitungan organik jadi salah satu syarat viewers YouTube dihitung karena hal tersebut terjadi secara alami, bukan dibantu aplikasi atau bot maupun program komputer yang mampu meningkatkan jumlah penonton secara instan.

Oleh karena itu, YouTube membutuhkan proses hingga mendapatkan jumlah view organik yang sah untuk menanggulangi kecurangan dalam meraih penonton dengan cepat.

3. Syarat Menghitung Jumlah Penonton Video Berdasarkan Jenis Pemasangan Iklan

Saat menonton YouTube, seringkali kita mendapati iklan di tengah penayangan video yang biasanya muncul 2-3 kali.

Ternyata, pemasangan iklan tersebut bisa termasuk dihitung sebagai jumlah penonton lho, khususnya yang memenuhi syarat TrueView in-stream.

TrueView in-stream yaitu penayangan video akan dihitung jika penonton menyaksikan iklan berdurasi 11-30 detik tanpa skip, termasuk pemutaran iklan dengan durasi lebih dari 30 detik yang tetap disaksikan minimal 30 detik.

Selain itu, adapula discovery TrueView adalah penayangan yang dihitung jika penonton mengklik iklan yang diputar dalam video YouTube.

Nah, setelah memahami apa saja syarat penghitungan viewers YouTube, kamu juga perlu mengetahui bahwa untuk monetisasi video yang diunggah, seorang YouTuber harus memiliki minimal 1000 subscribers dan 4000 jam tayang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk mencapai persyaratan tersebut, berikut ini lima tips yang bisa kamu lakukan agar channel YouTube semakin berkembang.

Tips Mengembangkan Channel YouTube untuk Monetisasi

1. Daftarkan Channel ke Google Adsense

Pendaftaran ke Google Adsense dilakukan untuk mengaktifkan fitur monetisasi pada channel YouTube.

Setelah itu, kamu juga akan diarahkan untuk membaca lebih lanjut terkait persetujuan dengan YouTube Partner Program, yaitu persetujuan berisi aturan-aturan yang berlaku dalam mengunggah video di YouTube.

2. Unggah Video Secara Konsisten

Salah satu kunci keberhasilan adalah konsisten, begitu pula dengan mengunggah video ke YouTube harus dilakukan secara berkala apalagi jika kamu ingin fokus berkarir sebagai seorang YouTuber.

Buatlah konten video yang original, unik, dan memiliki nilai informatif bagi masyarakat agar mampu menarik penonton mengunjungi dan subscribe channel YouTube.

3. Buat Judul Video yang Menarik

Judul menjadi bagian penting dalam mengembangkan channel YouTube, karena merupakan kalimat pertama yang dibaca oleh penonton untuk mengetahui inti dari videomu.

Untuk membuat judul menarik, hindari penggunaan judul clickbait karena dapat merusak citra channel YouTube.

Oleh karena itu, usahakan hanya terdiri dari 5-10 kata yang mengandung isi dari pembahasan konten video agar lebih menarik dan lebih mudah diindeks oleh YouTube.

4. Gunakan Long Tail Keyword

Long tail keyword atau kata kunci panjang merupakan keyword lebih dari tiga kata yang umumnya lebih spesifik dan tertarget.

Keyword tersebut dapat meningkatkan lebih banyak jumlah viewer dan durasi jam tonton karena dibuat berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari oleh penonton.

Untuk mengoptimalkan long tail keyword yang umumnya disematkan di deskripsi video, kamu bisa memulai dengan menggunakan fitur pencarian YouTube agar mendapatkan saran keyword terbaik.

5. Buat Cover atau Thumbnail yang Menarik

Thumbnail atau cover jadi salah satu bagian penting untuk memikat penonton yang dapat menarik perhatian serta mendukung kekuatan judul video.

Pastikan thumbnail terlihat menarik, menggambarkan isi dalam video, agar penonton dengan mudah mengklik dan menontonnya.

Itulah syarat viewers YouTube dihitung dan bagaimana mengembangkan channel YouTube agar dapat mengembangkan pundi-pundi rupiah.

Jika kamu tertarik untuk menjadi YouTuber, kamu juga bisa membaca bagaimana mengedit video yang akan diunggah ke YouTube dengan membaca buku Software Video Editor Gratis Untuk YouTuber & Pemula.

Lewat buku tersebut, penulis memberikan sejumlah kiat dalam mengoperasikan software video editor yang gratis untuk mengolah sekaligus memperindah video agar menarik dan tidak kalah keren dengan video editing profesional seperti Adobe Premier ataupun Final Cut Pro.

Buku Software Video Editor Gratis Untuk YouTuber & Pemula bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko buku Gramedia atau pesan secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com