Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Mindfulness yang Mudah Dilakukan Di Rumah

Kompas.com - 29/07/2022, 12:30 WIB
tips mindfulness Photo by laurajuarez on Pixabay tips mindfulness
Rujukan artikel ini:
The Power Of Mindfulness :…
Pengarang: Sony Adams
|
Editor Rahmad

Istilah mindfulness telah populer dan kesadaran masyarakat akan pentingnya membuat diri sendiri bahagia semakin meningkat. Singkatnya, mindfulness merupakan kesadaran yang penuh dan lengkap. Kamu bisa terapkan tips mindfulness agar tujuan baiknya tercapai.

Secara umum, mindfulness diartikan dimana keadaan menjadi sangat sadar akan apa yang terjadi di sekitar kamu, apa yang kamu inginkan, dan bersedia menerima diri sendiri. Dengan berbagai pengalaman hidup, kita mungkin akan dengan mudah menjadi stres.

Mindfulness jadi sering lambat ketika ada terlalu banyak beban. Namun jangan khawatir, kamu bisa menggunakan tips mindfulness berikut saat bermeditasi di rumah untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi.

Tips Mindfulness Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Tips mindfulness terbaik adalah menyeimbangkan dengan cara meditasi. Cara ini bisa melatih perhatian dalam setiap meditasi yang kamu lakukan. Mempraktikkan perhatian atau konsentrasi penuh melalui meditasi berarti memusatkan perhatian dan pikiran kamu.

Hal ini terjadi secara perlahan tanpa merasa kewalahan oleh apapun di sekitar kamu. Pelajari langkah-langkah berikut ini untuk mempelajari meditasi kesadaran dengan mindfulness.

1. Cari Posisi Duduk yang Nyaman

Selama ada kursi yang stabil dan tidak mengambang, kamu dapat memilih salah satu posisi. Temukan posisi di mana kamu bisa duduk dengan nyaman sehingga meditasi tidak terganggu oleh hal-hal sepele.

2. Rasakan Garak Kaki Secara Perlahan

Jika kamu memilih untuk bermeditasi di kursi, sofa, atau bangku, perhatikan permukaan di bawah kaki dan mulailah bermeditasi. Posisikan sedikit kaki tanpa alas kaki kamu di tanah yang dingin atau rumput basah. Sadarilah emosi yang ditangkap oleh indramu.

3. Luruskan Tubuh Tanpa Kaku

Ketahuilah bahwa tulang belakang kita memiliki posisi alaminya sendiri. Karena itu, untuk memaksimalkan meditasi yang cermat, ikuti postur kamu yang sebenarnya tanpa menekuk, meregangkan, atau mengeras. Rasakan bentuk punggungmu yang sebenarnya sehingga meditasi dapat berjalan dengan lancar dan tanpa rasa tidak nyaman.

4. Rasakan Momen Beberapa Saat

Dimanapun kamu berada selama meditasi ini, rasakan kelembaban dan kekeringan udara, suhu hangat dan dingin, keheningan yang sibuk disana, dan lainnya dengan indera kamu.

Jika kamu mengetahui saat ini, pikiran kamu tidak akan hilang di masa lalu dan masa depan (mengingat peristiwa memalukan yang mengalihkan perhatianmu, atau mengingat apa yang harus dilakukan setelah meditasi).

5. Bernapas Secara Perlahan

Selain mengetahui lokasi, berlatih pernapasan adalah tips mindfulness paling ampuh untuk membiasakan meditasi dan mengembangkan gaya hidup yang sehat.

Secara sadar bernapas dan memusatkan perhatian hanya pada gerakan paru-paru dan aliran nafas masuk dan keluar dari hidung, kita hanya berkonsentrasi pada saat ini tanpa memikirkan masa lalu atau masa depan.

6. Jangan Takut Jika Terdistraksi

Sulit untuk mengendalikan pikiran manusia. Jika Anda mencoba melakukan langkah 4 dan 5 tetapi tetap menjaga kecepatan, jangan merasa bersalah atau gagal. Setiap kali saya melihat ide yang mengembara, saya perlahan-lahan mulai kembali bermeditasi. Ulangi langkah 4 dan 5. Tidak ada yang namanya kegagalan olahraga pikiran.

7. Buka Mata Secara Perlahan

Setelah menyelesaikan, buka mata kamu secara perlahan. Jika kamu lelah berolahraga hari ini, buka matamu. Berlahan dan buka mata lebar-lebar untuk menyadari keadaan sekitar Anda. Dan akhiri sesi meditasi kamu dengan rasa syukur dan bangga atas evolusi diri sendiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

8. Lakukan Peregangan Otot

Kondisi otot yang keras justru dapat menyebabkan stres. Jika otot Anda mulai kaku, Anda bisa meluangkan waktu untuk meregangkan dan melemahkannya. Kamu tidak perlu bangun dari kursimu.

Angkat tanganmu dan posisikan diri kamu seolah-olah relaksasi membantu melemaskan otot. Untuk menjaga kesadaran Anda, Anda dapat melakukan ini setiap kali Anda lelah.

Kamu juga dapat mencoba metode peregangan lain seperti:. Tarik nafas dan hembuskan. Alhasil, pikiran Anda menjadi tenang dan siap untuk melanjutkan pekerjaan yang Anda mulai sebelumnya.

9. Lihat Segala Sesuatu yang Hijau

Bermain berjam-jam di meja Anda, apalagi bekerja, bisa membosankan dan membuat stres. Apalagi jika warna-warna di sekitar meja adalah warna-warna cerah yang tidak bersahabat seperti merah, kuning, dan pink.

Bangunlah dari kursi kerja Anda daripada bosan dan stres. Luangkan waktu untuk menjelajahi kantor. Pergi ke area hijau dan segarkan mata Anda.

Pertimbangkan untuk berhenti sejenak di dekat taman atau pohon. Rasakan sejuknya udara di sekitar Anda. Cara ini diyakini efektif saat melatih mindfulness untuk mendapatkan kembali ketenangan seperti biasanya.

10. Istirahat yang Cukup

Jika cukup hening, perhatian dapat dilatih dengan sendirinya. Anda dapat beristirahat tidak hanya di rumah tetapi juga di kantor. Tentu saja, sudah waktunya istirahat dan makan siang. Mungkin kantor memiliki beberapa referensi ke tempat istirahat.

Pergi ke salah satu tempat ini. Jangan malas, karena tetap di mejamu yang bisa membuat stres. Maksimalkan waktu singkat ini untuk memuaskan rasa lapar kamu dan bersantai. Bayangkan berada di rumah.

Kamu dapat melakukan semuanya dengan sangat nyaman. Setelah istirahat, kesadaran kembali dan kamu sudah siap untuk beraktivitas lagi.

Buku The Power of Mindfulness: 30 Hari Menerima Hidup Apa Adanya yang ditulis Sony Adams menjawab pertanyaan bagaimana melatih emosi. Senarnya seni menerima diri adalah sebuah sikap untuk mindfulness.

Buku ini bisa jadi jalan hidup kamu menjadi serba lamban, namun banyak hal yang dapat dirasakan dengan mencoba gaya hidup mindful ini. Bukunya sendiri bisa kamu pesan dan membelinya melalui Gramedia.com!

Tunggu apa lagi, langsung saja pesan dan beli bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com