Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Motivasi Hidup Terbaik Sepanjang Masa

Kompas.com - 29/07/2022, 13:00 WIB
Buku Motivasi Hidup Sumber Gambar: Canva Buku Motivasi Hidup
Rujukan artikel ini:
Mans Search For Meaning
Pengarang: Viktor E. Frankl
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Terkadang orang mengatakan kalau motivasi susah sekali datang walaupun mereka menginginkannya, namun ketika dia datang, akan hilang dengan cepat.

Sepertinya itu alasan mengapa buku motivasi yang baik dapat menjadi kunci motivasi yang bertahan lama.

Selain itu, yang menarik dari buku motivasi adalah bagaimana kepribadian penulis dan strategi motivasi yang mereka miliki.

Tidak ada konsep motivasi yang seragam, mungkin itu yang menjadi alasan mengapa kita mengadopsi berbagai macam konsep motivasi tidak hanya dari satu buku saja.

Masing-masing dari kita adalah individu, jadi masing-masing dari kita termotivasi oleh sesuatu yang berbeda.

Jika kamu ingin mengundang rasa termotivasi itu datang, di bawah ini kamu akan menemukan lima rekomendasi buku motivasi hidup terbaik sepanjang masa.

5 Rekomendasi Buku Motivasi Hidup Terbaik

1. Man’s Search for Meaning - Viktor E. Frankl

Buku yang ditulis oleh psikiater Viktor E. Frankl ini merupakan buku klasik yang sering menjadi sumber inspirasi banyak buku terkenal, salah satunya adalah Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Usia Orang Jepang.

Buku ini berisikan pembahasan secara mendalam tentang pengalaman Frankl selama dikurung di kamp kematian Nazi, dan menjelaskan pelajaran yang diajarkan kepadanya tentang kelangsungan hidup spiritual.

Argumen Frankl yang terkenal dari buku ini adalah bahwa menghindari penderitaan itu tidak realistis.

Namun, di balik penderitaan yang kita miliki, kita mempunyai kebebasan untuk memilih bagaimana kita mengatasi penderitaan itu, dan mengambil makna serta bergerak maju sesuai dengan tujuan kita.

Buku klasik ini adalah buku yang tidak lekang oleh zaman dan cocok untuk semua generasi.

Man’s Search for Meaning telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar dan diterbitkan dalam 24 bahasa, termasuk menjadi salah satu buku paling berpengaruh di dunia.

Buku lain karya Viktor E.Frankl adalah The Will to Meaning dan Yes to Life tersedia di Gramedia.com.

2. Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan - Angela Duckworth

Psikolog Angela Duckworth mematahkan pendapat yang selama ini banyak dipercayai, bahwa kesuksesan dan kepintaran adalah bakat sejak lahir.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan memadukan pengalaman dan ilmu serta penelitian yang menjadi dasar dari penulisan buku ini, Duckworth mampu mendorong kita untuk tidak pernah meremehkan kekuatan tindakan jangka panjang yang konsisten menuju suatu tujuan.

Dengan kekuatan kerja keras, kita juga bisa mendapatkan kepintaran hingga kesuksesan.

Dalam buku ini, psikolog Duckworth juga banyak mengambil teori dari buku klasik Thinking Fast and Slow karya Daniel Kahneman.

3. Think and Grow Rich - Napoleon Hill

Buku motivasi klasik ini ditulis oleh Napoleon Hill pada hampir seratus tahun yang lalu, yaitu tepatnya pada tahun 1937, ketika Amerika mengalami masa Depresi Hebat.

Buku ini lebih dari sekadar bagaimana kita menjadi kaya, tetapi tentang mencari tahu bagaimana mendapatkan apa yang kita inginkan dalam hidup.

4. Atomic Habits, Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa - James Clear

Buku ini ditulis oleh seorang pakar tentang membangun kebiasaan.

Jika kamu ingin merubah kebiasaan, buku ini menawarkan kamu pemecahan yang bisa kamu terapkan dengan cara-cara yang bisa kamu lakukan, yang bahkan kamu tidak punya alasan untuk mengatakan kalau itu sulit dilakukan.

Clear menawarkan gagasan untuk memecah proses pembentukan kebiasaan baik sehingga kita bisa tetap menjaga motivasi untuk dapat merubah diri.

Selain itu, dia juga membahas tentang mengapa sebuah kebiasaan terbentuk, mengapa sulit merubah kebiasaan buruk, bagaimana kita mulai menciptakan kebiasaan baru dan menendang jauh kebiasaan lama.

5. The 5 AM Club : Bangun Rutinitas Pagi Untuk Level Up Hidupmu! - Robin Sharma

Model pembelajaran pagi yang menjadi topik dari buku ini akan mempersiapkan kamu untuk segala hal yang akan dipelajari soal nilai transformasional dari The 5 AM Club dan cara untuk mengikatkan diri di dalam klub ini agar menjadi kebiasaan yang bertahan selamanya.

Bangun pagi memberi kita sebuah kesempatan untuk mengenal diri sendiri, dan bahwa kita memiliki cadangan kemampuan besar yang harus diakses, lalu diterapkan agar kita dapat menghasilkan kehidupan yang energik, menyenangkan, damai, dan penuh makna.

Lima rekomendasi buku tadi dapat kamu beli di toko buku Gramedia atau dapat dipesan dengan mudah melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com