Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Berikut Ini Sebelum Menentukan Pilihan Jurusan

Kompas.com - 22/08/2022, 18:00 WIB
Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Sumber Gambar: Pexels.com Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
Rujukan artikel ini:
Ilmu Komunikasi Teori+Praktek
Pengarang: Onong Uchjana Effend
|
Editor Ratih Widiastuty

Ternyata jurusan ilmu komunikasi memiliki jumlah peminat yang banyak.

Tidak heran memang mengapa jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan terfavorit, karena banyak sekali dasar ilmu dari berbagai profesi yang ada di dalamnya, seperti public relations, copywriting, jurnalistik, hingga advertising.

Pada intinya, ilmu komunikasi akan mengajarkan kamu tentang cara penyampaian pesan yang efektif dan mampu mencapai sasaran yang ingin dituju.

Ilmu komunikasi akan memberikan pelajaran dan wawasan yang penting bagi kamu dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang membutuhkan soft skill dan hard skill di dalamnya.

Mempelajari ilmu komunikasi akan memberikan kedua kemampuan tersebut, mulai dari public speaking, copywriting, kemampuan fotografi, hingga kemampuan desain.

Namun, untuk mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasi dibutuhkan waktu dan perjuangan.

Kamu harus menyelesaikan dahulu mata kuliah sesuai dengan SKS yang dibutuhkan agar bisa lulus.

Apa sajakah mata kuliah yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara umum, biasanya, jurusan ilmu komunikasi membutuhkan waktu 4 tahun atau 8 semester untuk bisa lulus menjadi seorang sarjana.

Kuliah di jurusan ilmu komunikasi akan membantu kamu untuk mengasah kemampuan berpikir secara out of the box yang mendorong untuk mengeluarkan ide-ide kreatif.

Berikut beberapa mata kuliah yang harus dipelajari dalam jurusan ilmu komunikasi.

1. Pengantar Ilmu Komunikasi

Mata kuliah ini biasanya akan mempelajari mengenai fungsi, karakteristik, ruang lingkup, hakikat, tingkatkan proses, prinsip, model, persepsi, komunikasi verbal dan non verbal, dan masih banyak lagi pelajaran akan ilmu komunikasi yang dibahas dalam mata kuliah pengantar ilmu komunikasi ini.

2. Public Speaking

Tidak lengkap rasanya jika masuk jurusan ilmu komunikasi, tapi tidak mempelajari public speaking di dalamnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di mata kuliah ini kamu akan diajarkan sejarah dan perkembangan public speaking serta tidak ketinggalan bagaimana cara melakukannya dalam berbagai situasi dan kondisi, seperti menjadi master of ceremony (MC), moderator, presentasi, dan lain sebagainya.

3. Teori Komunikasi

Mata kuliah ini akan membahas tentang ilmu dan teori dalam komunikasi, berbagai jenis teori komunikasi, ruang lingkup komunikasi, dan masih banyak lagi.

4. Komunikasi Kreatif

Akan ada banyak hal yang dipelajari oleh kamu dalam mata kuliah ini, seperti konsep dan teori dasar sosiologi, ekonomis, politik, dan komunikasi yang pastinya akan berkaitan erat dengan dunia kerja nantinya.

5. Komunikasi Organisasi

Selanjutnya, mata kuliah yang akan dipelajari adalah komunikasi organisasi yang akan mempelajari peranan komunikasi dalam organisasi, konflik dalam organisasi, iklim komunikasi, budaya dalam organisasi, hingga komunikasi internal dan eksternal.

6. Dasar-Dasar Manajemen dan Kepemimpinan

Berbagai hal dan ilmu tentang manajemen dan kepemimpinan akan kamu dapatkan melalui mata kuliah ini, mulai dari teori, perencanaan, koordinasi, lingkungan organisasi, hingga peran pemimpin dalam membuat sebuah keputusan.

Masih banyak lagi mata kuliah lainnya yang akan kamu pelajari dari jurusan ilmu komunikasi sebagai bekal yang akan membantu kamu untuk menghadapi dunia kerja.

Oleh karena itu, mempersiapkan diri sebelum masuk kuliah ke jurusan ilmu komunikasi mutlak diperlukan, dengan mempelajari terlebih dahulu salah satu mata kuliahnya melalui buku berikut ini.

Buku Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek yang ditulis oleh Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. ini akan menjadi buku yang paling tepat untuk membantu kamu dalam memahami ilmu komunikasi yang akan dipelajari nantinya.

Buku ini tidak hanya memberikan teori mengenai ilmu komunikasi saja, tapi juga beserta praktiknya yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk memahami setiap aspek yang perlu dikuasai dalam ilmu komunikasi.

Kamu dapat langsung memiliki buku ini dengan cara memesannya melalui Gramedia.com.

Selamat belajar ilmu komunikasi!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com