Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat dan Cara Menjadi Polisi Bagi Kamu yang Tertarik untuk Mendaftar

Kompas.com - 29/06/2022, 14:00 WIB
Cara Menjadi Polisi Sumber Gambar: the-dark-triad.com Cara Menjadi Polisi
Rujukan artikel ini:
Wangsit Pawang Soal Sulit TNI…
Pengarang: Tim Litbang Psikologi Salemba
|
Editor Novia Putri Anindhita

Sebagai sosok yang mengayomi dan melindungi masyarakat, tidak mengherankan apabila banyak orang yang kagum dan bercita-cita untuk menjadi seorang polisi.

Jika kamu adalah salah satunya, maka penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara untuk bisa bergabung ke dalam kepolisian dan syarat-syarat apa saja yang harus kamu penuhi.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai jalur pendaftaran yang bisa kamu lalui untuk menjadi anggota dari Kepolisian Republik Indonesia beserta persyaratan umum yang perlu kamu perhatikan.

Cara Menjadi Polisi Melalui Jalur Penerimaan Anggota Kepolisian

1. Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian atau yang biasa disingkat dengan Akpol merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri setelah melalui 4 tahun masa pendidikan.

Bagi taruna dan taruni Akpol yang berhasil lulus nantinya akan langsung mendapatkan pangkat sebagai Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Untuk bisa diterima dalam Akademi Kepolisian, kamu bisa mendaftarkan diri melalui laman penerimaan.polri.go.id dan memilih jenis seleksi Taruna/Taruni Akpol ketika dibuka Penerimaan Terpadu Taruna Akpol yang biasanya dilaksanakan setiap tahun.

2. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana

Bagi kamu lulusan D4 dan Sarjana, baik S1 maupun S2 yang berkeinginan untuk menjadi seorang polisi, Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana ini bisa menjadi jalur penerimaan Polri yang cocok untuk kamu tempuh.

SIPSS merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan perwira Polri dari lulusan sarjana, yang nantinya akan menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua dan bertugas sesuai dengan keahlian atau kompetensi keilmuan masing-masing.

Untuk mendaftar melalui jalur ini, kamu bisa mengakses situs penerimaan.polri.go.id dan memilih jenis seleksi SIPSS pada halaman utama, kemudian klik pilihan “Daftar”.

3. Tamtama

Bagi kamu lulusan SMA atau sederajat yang berminat untuk bergabung ke dalam kepolisian, maka kamu bisa mendaftar melalui pendidikan Tamtama Polri yang nantinya akan bertugas sebagai Brimob dan Polair untuk melaksanakan tugas yang bersifat teknis dan taktis.

Setelah melalui pendidikan selama 5 bulan lamanya, sebagai bagian dari Brimob dan Polair yang sering bertugas di lapangan untuk menghadapi kriminalitas yang berat, seperti ancaman pengeboman atau kriminalitas bersenjata, kamu akan dituntut untuk memiliki persiapan fisik yang matang dan dapat melaksanakan operasi sesuai dengan perintah.

Kamu bisa mendaftarkan diri secara online melalui laman penerimaan.polri.go.id dan mengisi formulir serta memasukkan berkas administrasi dengan memilih jenis seleksi Tamtama yang terdapat di halaman utama.

4. Bintara

Jalur penerimaan Polri terakhir yang bisa kamu tempuh yaitu melalui Bintara yang merupakan golongan II dalam struktur pangkat Polri, dan berperan penting dalam menghubungkan kesatuan Polri antara perwira dengan tamtama.

Terdapat berbagai sub bagian Bintara sesuai dengan tugas khususnya masing-masing, seperti Bintara PTU (Polisi Tugas Umum), Bakomsus TI, Bintara Brimob, Bakomsus Labfor, Bakomsus Musik, Bakomsus Tenaga Kesehatan, dan lain-lain, yang juga perlu kamu perhatikan ketika berniat untuk mendaftar melalui jalur ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sama seperti penerimaan jalur lainnya, kamu pun bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti rekrutmen dengan mengakses situs penerimaan.polri.go.id dan memilih jalur seleksi Terpadu Bintara Polri yang tersedia di halaman utama untuk dapat mengisi formulir registrasi terkait identitas diri.

Nah, itulah keempat jalur penerimaan Polri yang bisa kamu lalui jika tertarik untuk bergabung ke dalam Kepolisian Republik Indonesia.

Masing-masing jalur penerimaan di atas memiliki persyaratan khusus yang perlu kamu ketahui dan perhatikan sebelum melakukan pendaftaran untuk mengurangi kemungkinan kamu tidak lulus dalam seleksi.

Namun, secara umum berikut adalah beberapa persyaratan yang wajib untuk kamu penuhi agar bisa menjadi bagian dari anggota kepolisian.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Beriman dan memiliki takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Memiliki kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Sehat secara jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan berkas surat keterangan sehat dari institusi kesehatan
  5. Minimal berusia 18 tahun saat dilantik sebagai anggota Polri
  6. Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak kejahatan, yang dibuktikan dengan berkas SKCK
  7. Memiliki sikap berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela

Nah, itulah persyaratan umum yang wajib dimiliki oleh para calon anggota kepolisian yang perlu kamu cermati sebelum melakukan pendaftaran.

Selain harus mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, kamu pun perlu memantapkan diri agar bisa lulus dari tes Polri dengan rajin mengerjakan latihan-latihan soal.

Buku Wangsit Pawang Soal Sulit TNI Polri yang ditulis oleh Tim Litbang Psikologi Salemba ini akan membantu kamu dalam menghadapi ujian seleksi Polri dengan bank soal terlengkap yang ada di dalamnya.

Tak lupa buku ini pun menyediakan pembahasan yang akan memudahkan kamu dalam memahami soal-soal sulit yang mungkin kurang kamu pahami.

Selain menyediakan bank soal beserta pembahasannya, buku dengan tebal sebanyak 640 halaman ini juga akan mengajak kamu untuk membedah semua materi tes, mulai dari tes kesehatan I dan II, kesamaptaan A dan B, tes psikologi, tes akademik, wawancara, hingga pantukhir atau penentuan akhir.

Kamu pun akan mendapatkan banyak bonus, seperti video tes fisik, video pembentukan postur ideal TNI/Polri, serta software untuk melakukan simulasi CAT dan CBT buta warna yang akan semakin memaksimalkan persiapan diri kamu untuk bisa lulus menjadi anggota kepolisian.

Dengan software CAT yang difasilitasi oleh tim penulis, kamu berkesempatan untuk mengikuti Try Out secara online dan mendapatkan pengalaman simulasi bagaimana ujian tes seleksi Polri nantinya akan berlangsung.

Kamu bisa mendapatkan buku Wangsit Pawang Soal Sulit TNI Polri ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com