Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Tes Akademik Polri dengan Tips dan Trik Berikut Ini

Kompas.com - 16/06/2022, 15:48 WIB
Tes Akademik Polri Sumber Gambar: Freepik.com Tes Akademik Polri
Rujukan artikel ini:
Wangsit Pawang Soal Sulit TNI…
Pengarang: Tim Litbang Psikologi Salemba
|
Editor Ratih Widiastuty

Menjadi bagian anggota Polri atau polisi merupakan sebuah kebanggaan.

Menjadi abdi negara ini memang dikenal memiliki prospek karier dan masa depan yang cukup menjanjikan, maka tidak mengherankan jika banyak yang ingin bergabung menjadi anggota Polri.

Namun, untuk dapat bergabung tidaklah mudah, karena terdapat beberapa seleksi yang harus dilalui, seperti psikotes, tes fisik, hingga tes akademik Polri.

Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan dan persiapan yang matang untuk menghadapinya.

Terdapat beberapa materi yang akan kamu temukan saat mengerjakan soal tes akademik Polri, seperti pengetahuan umum, wawasan tentang kebangsaan, bahasa Inggris, dan matematika.

Diperlukan strategi yang tepat untuk bisa mencapai target nilai ujian, agar bisa lulus tes akademik Polri.


Baca juga: Buku Tes Psikotes Polri Terbaik


Tips dan Trik Menghadapi Tes Akademik Polri

1. Usahakan untuk Rileks dan Tenang

Langkah pertama untuk menghadapi tes akademik Polri ialah dengan membuat hati dan pikiran menjadi rileks.

Jika kamu panik ketika sedang mengerjakan soal, maka hanya akan menghilangkan fokus dan konsentrasi yang berujung pada hasil yang tidak memuaskan nantinya.

Perasaan dan pikiran yang tenang akan turut serta membantu kamu untuk menjadi lebih fokus dan konsentrasi. Baca selengkapnya Cara Agar Fokus dan Konsentrasi.

Ketenangan yang kamu miliki akan menjadi gerbang pembuka peluang kamu untuk dapat lulus tes dengan nilai yang memuaskan.

2. Jangan Terlalu Fokus Hanya pada Satu Pertanyaan

Agar tidak terlalu banyak membuang-buang waktu, alangkah baiknya jika kamu tidak terlalu fokus pada satu pertanyaan yang terasa menyulitkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tinggalkan atau lewati saja terlebih dahulu pertanyaan yang dirasa tidak bisa kamu jawab, agar waktu yang dimiliki dapat terpakai secara maksimal.

Cari dan jawab terlebih dahulu pertanyaan yang terasa mudah dan dapat kamu pecahkan, agar bisa mengerjakan soal dengan nilai yang maksimal.

Jika kamu hanya terpaku pada satu pertanyaan saja, hanya akan membuat waktu yang kamu miliki terbuang sia-sia dan pertanyaan yang sebenarnya bisa kamu jawab justru malah terabaikan.

3. Jangan Lupa untuk Belajar dan Mengerjakan Buku Latihan Soal

Hal paling penting sebelum mengerjakan soal tes akademik Polri ialah belajar terlebih dahulu semua materi yang akan diujikan dalam ujian akademik Polri.

Pelajari dan pahami berbagai materi yang ada, sehingga kamu akan dengan mudah mampu mengerjakan setiap pertanyaan.

Selain mempelajari materi yang diujikan, kamu juga bisa mengerjakan buku latihan soal sebagai bagian dari persiapan sebelum menghadapi tes.

Sudah ada banyak buku latihan soal yang bisa kamu dapatkan di toko-toko buku terdekat.

Salah satu buku latihan soal yang bisa kamu pelajari ialah buku Wangsit Pawang Soal Sulit TNI POLRI, yang memiliki isi dan materi lengkap sebagai sumber belajar untuk hadapi tes akademik Polri.

Semua hal yang perlu kamu pelajari sebelum melakukan tes akademik Polri ada dalam satu buku ini, karena meliputi bank soal terlengkap beserta pembahasannya, hingga membedah semua materi tes.

Tidak hanya itu, buku ini pun dilengkapi pula dengan software yang berisi video tes fisik, CAT, CBT buta warna, dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan untuk seleksi TNI dan Polri.

Buku ini bisa kamu beli dan peroleh di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com