Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kisi-Kisi Soal Masuk Polri yang Bisa Menjadi Bahan Persiapan Sebelum Ujian

Kompas.com - 13/06/2022, 19:00 WIB
Kisi-kisi Soal Masuk Polri Sumber Gambar: Pexels.com Kisi-kisi Soal Masuk Polri
Rujukan artikel ini:
Drilling Soal-Soal Tes Masuk Polri
Pengarang: Risky Wulandari
|
Editor Ratih Widiastuty

Menjadi polisi merupakan pilihan profesi yang diimpikan dan diharapkan oleh banyak orang untuk masa depan yang jauh lebih cerah. Baca selengkapnya terkait Urutan Pangkat Polisi.

Namun, untuk bisa menjadi seorang polisi diperlukan syarat dan tahapan yang bisa dibilang tidaklah mudah.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi jika kamu ingin menjadi seorang polisi, beberapa di antaranya seperti sehat secara jasmani dan rohani, WNI, memiliki tinggi badan yang ideal (pria: 165 cm dan wanita: 163 cm), hingga tidak memiliki tato dan tindik.

Tidak hanya itu, calon taruna/i juga harus mengikuti ujian atau tes akpol sebagai salah satu syaratnya.

Mungkin jika kita sudah memenuhi syarat umum yang diminta, langkah selanjutnya untuk menjadi calon Perwira Polri ialah tinggal lulus tes akpol yang biasanya memiliki tingkat kesulitannya tersendiri.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kamu untuk mulai mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk bisa mengisi setiap pertanyaan dalam tes akpol.

Salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan ialah dengan belajar dan mencari kisi-kisi soal masuk Polri sebagai bahan pembelajaran yang akan mempermudah kamu.

Jika kamu bisa mempelajari setiap kisi-kisi soal masuk Polri, maka peluang kamu untuk lulus tes akpol pun semakin terbuka lebar.

Namun, apa saja kisi-kisi soal tes masuk Polri tersebut? Berikut kisi-kisi soal tes masuk Polri yang bisa kamu jadikan bahan evaluasi untuk proses pembelajaran sebelum melakukan tes.


Baca juga: Buku Tes Psikotes Polri Terbaik


Kisi-kisi Soal Tes Masuk Polri

Tes akademik penerimaan Polri biasanya terdiri dari beberapa materi pengetahuan umum (diantaranya Undang-undang Kepolisian), wawasan Kebangsaan (UUD 45, Pancasila, Kewarganegaraan, dan lain sebagainya), hingga matematika.

Biasanya tes akademik masuk Polri ini dilaksanakan setelah lolos seleksi administratif serta ujian jasmani.

1. Pengetahuan Umum

Biasanya isi materi dalam soal ujian ini terdiri dari pengetahuan umum dan seputar Undang-Undang Kepolisian, yang menuntut kamu untuk bisa memahami wewenang dan kewajiban polisi, susunan kepolisian, sampai hubungan polisi dengan beberapa instansi-instansi lainnya, yang pastinya harus sudah kamu pahami jika nantinya sudah diterima menjadi anggota Polri.

2. Wawasan tentang Kebangsaan

Soal ujian mengenai wawasan kebangsaan biasanya meliputi pengetahuan Nusantara dan kewarganegaraan, UUD 1945, NKRI, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu ingin lolos dalam materi ujian ini, usahakan untuk memahaminya, bukan menghafalnya.

3. Bahasa Inggris

Setiap profesi atau pekerjaan sepertinya saat ini mengharuskan calon pegawainya untuk bisa memahami dan menguasai bahasa Inggris, tidak terkecuali menjadi Polisi sekali pun.

Beberapa materi yang diujikan seperti grammar dan vocabulary, mencari inti paragraf, hingga memahami setiap bacaan

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kamu untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris agar bisa lulus ujian masuk Polri.

4. Matematika

Terakhir dan tidak kalah penting, ialah matematika yang pastinya akan masuk ke dalam salah satu soal tes masuk Polri.

Meskipun kamu membenci mata pelajaran hitung menghitung ini, kamu tetap harus mempelajarinya demi memuluskan usaha untuk bisa lulus ujian.

Namun, kunci sukses dalam menghadapi tes masuk Polri ini ialah dengan tetap belajar dan berusaha semaksimal mungkin, untuk bisa mendapatkan nilai yang membuat kamu lulus ujian.

Salah satu cara untuk membantu kamu dalam belajar ialah dengan mengisi buku latihan soal tes masuk Polri.

Salah satu buku latihan soal tes masuk Polri yang bisa kamu coba adalah buku Drilling Soal-Soal Tes Masuk Polri yang disusun oleh Risky Wulandari, karena dilengkapi dengan soal-soal prediksi untuk tes masuk Polri.

Buku ini bisa dibilang lengkap, sebab selain berisi materi ujian masuk Polri, dilengkapi juga dengan paket tes psikotes yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, hingga tes kepribadian bakat dan minat.

Tidak hanya itu, buku ini pun dibahas secara lengkap dan detail, yang disertai dengan tip dan trik dalam mengerjakan soal secara cepat dan tepat.

Tunggu apa lagi? Langsung saja pesan bukunya di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com