Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Tes Psikologi Polri dengan Tips dan Trik Berikut Ini

Kompas.com - 17/06/2022, 12:00 WIB
Tes Psikologi Polri Sumber Gambar: Freepik.com Tes Psikologi Polri
Rujukan artikel ini:
Master Book Psikotes Terlengkap
Pengarang: Ardani Prawira
|
Editor Ratih Widiastuty

Tes psikologi atau psikotes adalah sebuah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek psikologis seseorang yang bisa dilakukan dalam bentuk tulisan, verbal, hingga visual, agar bisa melihat fungsi kognitif serta emosional dalam diri seorang individu.

Biasanya, tes psikologi ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat dalam dunia kerja maupun pendidikan.

Penting sekali bagi pihak rekrutmen untuk mengetahui karakter atau sifat kandidat, agar bisa mengukur beberapa aspek penting seperti motivasi, kemampuan bertahan dalam tekanan, hingga kemampuan dalam mengerjakan tugas supaya bisa ditempatkan di posisi yang diinginkan.

Beberapa pekerjaan memang mengharuskan kandidat untuk mengikuti tes psikologi sebagai acuan, apakah individu tersebut memiliki kualitas yang diinginkan.

Salah satu profesi yang membutuhkan tes psikologi ialah polisi, di mana agar bisa masuk Polri dibutuhkan karakter emosional yang tepat.

Terdapat empat poin utama yang diujikan dalam tes psikologi Polri, yakni faktor kecerdasan, faktor kepribadian, faktor minat, dan sikap kerja.

Skala nilai yang diberikan dalam tes psikologi masuk Polri ini ialah 0 sampai 100.

Nilai tes psikologi yang dinyatakan memenuhi syarat minimal harus mencapai 61 jika ingin dinyatakan lolos.

Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan dan konsentrasi yang tinggi untuk bisa menghadapi tes psikologi Polri.


Baca juga: Buku Tes Psikotes Polri Terbaik


Tips dan Trik Menghadapi Tes Psikologi Polri

1. Jaga Kebugaran Tubuh

Sebelum menjalani sesi tes psikologi Polri, alangkah baiknya jika kamu mulai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, agar saat mengerjakan soal-soal psikotes kamu akan jauh lebih fokus dan konsentrasi.

Oleh karena itu, saat mendekati hari tes psikologi Polri, usahakan untuk tidak terlalu capek dan lelah dengan mengurangi aktivitas, dan jangan terlalu memforsir diri dengan belajar secara berlebihan.

Carilah kegiatan yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks agar esok hari ketika tes psikologi Polri dilaksanakan, kamu akan menjadi jauh lebih tenang.

2. Tetap Percaya Diri

Jangan merasa minder ataupun tertekan saat mengerjakan soal-soal tes psikologi Polri, karena itu semua hanya akan membuyarkan fokus dan konsentrasi yang kamu miliki.

Kuatkan tekad dan keyakinan jika memang cita-cita dan impian kamu adalah menjadi seorang polisi agar bisa lebih tenang saat menghadapi psikotes Polri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak lupa, hadirkan pula rasa percaya diri sebagai senjata utama kamu dalam menghadapi tes psikologi Polri agar setiap jawaban yang kamu ambil dapat mencerminkan bahwa kamu layak untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Kerjakan Setiap Tes Psikologi dengan Jujur

Saat sudah mengerjakan tes psikologi Polri, jangan pernah sekalipun untuk membohongi diri sendiri dengan memilih atau mengisi jawaban yang bukan berasal dari perasaan diri sendiri.

Kerjakanlah semua tes psikologi dengan jujur dan apa adanya.

Jika kamu berusaha membuat jawaban atau pernyataan yang bukan diri kamu, maka meskipun nantinya kamu bisa lolos, tapi dijamin ke depannya akan ada banyak tekanan dan rintangan yang pada akhirnya tidak akan bisa kamu lalui.

Maka dari itu, tetaplah menjadi diri sendiri ketika mengerjakan tes psikologi Polri.

4. Berlatih Mengerjakan Soal-Soal Tes Psikologi Polri

Terakhir, cara yang bisa membantu kamu dalam menghadapi psikotes Polri ialah dengan berlatih mengerjakan soal-soal tes psikologi Polri, yang biasanya bisa kamu beli dan temukan bukunya di toko-toko buku terdekat, baik secara online maupun offline.

Setidaknya, dengan berlatih mengerjakan soal-soal tes psikologi Polri kamu akan menjadi lebih siap dan paham saat menghadapi psikotes yang sesungguhnya.

Saat mengerjakan tes psikologi pun kamu akan menjadi jauh lebih tenang dan fokus.

Kabar baiknya, kamu bisa berlatih soal-soal tes psikologi melalui buku latihan psikotes berikut ini yang dijamin akan sangat menolong kamu untuk mempersiapkan diri.

Buku Master Book Psikotes Terlengkap adalah buku kumpulan berbagai jenis tes psikologi yang tidak hanya diperuntukkan untuk psikotes TNI-Polri saja, tapi juga berbagai tes psikologi lainnya.

Buku ini mencakup beberapa tes psikologi seperti tes CPNS, tes TNI-POLRI, tes TPA OTTO BAPENAS, tes masuk pegawai Bank, tes masuk perusahaan BUMN, tes masuk perusahaan Swasta, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, buku ini pun memiliki materi yang lengkap, mulai dari ringkasan materi terlengkap, contoh soal beserta pembahasannya, tips dan trik wawancara kerja, bank soal dan pembahasannya, hingga tips dan trik dalam mengerjakan soal psikotes.

Jika kamu ingin segera memiliki buku ini, langsung saja pesan dan beli bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com