Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Apa Itu Kode Nuklir Wibu dan Cara Menggunakannya di Aplikasi Telegram

Kompas.com - 11/06/2022, 12:00 WIB
Kode Nuklir Wibu Sumber Gambar: Pexels.com Kode Nuklir Wibu
Rujukan artikel ini:
AKASHA : Uzumaki
Pengarang: Ito Junji
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagian besar dari kita pastinya sudah tidak merasa asing lagi dengan istilah maupun sebutan wibu.

Wibu adalah sekelompok individu yang teramat sangat menyukai kebudayaan Jepang, khususnya budaya populer seperti anime dan manga, yang memang sudah banyak penggemarnya di seluruh dunia. Baca selengkapnya terkait Apa Itu Wibu.

Tidak mengherankan memang jika karya orang-orang Jepang ini mampu menghipnotis siapa saja untuk menyukai dan menikmati manga serta anime.

Selain memiliki ide cerita yang menarik, ilustrasi yang digambar pun tergolong ciamik dengan detail-detail khas komik Jepang yang menawan.

Saking banyaknya jumlah para wibu ini, kehadiran komunitas wibu pun semakin banyak dan meriah di dunia maya, sehingga menciptakan ruang obrolan yang menarik untuk diperbincangkan.

Akibatnya, timbul pertukaran informasi dan istilah-istilah baru dalam dunia wibu yang semakin menyemarakkan komunitas.

Salah satu istilah plesetan yang cukup terkenal di dunia wibu ialah kode nuklir wibu yang banyak dibagikan melalui media sosial, sebagai bentuk berbagi informasi pada sesama wibu yang menyukai anime dan manga.

Meskipun terdengar menyeramkan, tapi kode nuklir wibu sesungguhnya hanya sebutan saja agar tampak menarik untuk didengar.

Kode nuklir wibu ini biasanya kerap dibagikan di berbagai jenis platform media sosial seperti Facebook (halaman serta grup manga dan anime), TikTok, Twitter, hingga Telegram, agar bisa diakses oleh sesama wibu pencinta manga dan anime.

Namun, tentunya bagi orang awam sendiri kode nuklir wibu rasanya masih terdengar aneh dan asing di telinga, sehingga dibutuhkan penjelasan secara lebih mendalam lagi.

Apa Itu Kode Nuklir Wibu?

Bisa dibilang kode nuklir wibu ialah sekumpulan kode yang berisi enam digit angka saja, seperti 268156, 740271, 639262, dan lain sebagainya, yang biasanya memperlihatkan folder pada situs manga maupun anime.

Kode nuklir wibu ini biasanya hanya bisa diakses melalui situs atau webiste yang mengharuskan penggunaan VPN, karena website-website yang menyimpan folder manga maupun anime ini biasanya sudah diblokir, sehingga dibutuhkan cara lain untuk dapat mengaksesnya.

Namun, jika kamu memakai aplikasi Telegram untuk mengakses kode nuklir wibu ini, maka secara otomatis kamu tidak memerlukan VPN lagi untuk bisa membuka enskripsi dari kode tersebut, dan dapat langsung membuka folder anime maupun manga yang diinginkan.

Akan tetapi, bagaimana cara menggunakan kode nuklir wibu melalui Telegram?


Baca juga: Ciri-ciri Wibu

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium


Cara Memakai Kode Nuklir Wibu Lewat Telegram

Pastinya, langkah pertama ialah download dan buka aplikasi Telegram melalui Google Play Store atau App Store.

Selanjutnya kamu bisa mendaftar terlebih dahulu jika belum memiliki akun, atau log in jika sudah mempunyai akun sebelumnya.

Jika sudah, kamu dapat langsung menuju ke kolom pencarian dan memasukkan nama bot yang akan kamu gunakan.

Lalu tekan tombol start untuk memulai bot dan masukkan perintah dengan mulai mengetik kode lalu kirim.

Berikutnya, kamu akan diminta untuk mengirimkan enam digit angka kode nuklir wibu yang sudah kamu miliki dan kirim.

Lalu, anime serta manga akan langsung ditampilkan dalam ruang obrolan bot.

Terakhir, kamu tinggal memencet instant view untuk menonton dan membaca folder tersebut.

Untuk kamu yang sudah menggunakan aplikasi Telegram dari dahulu, pastinya sudah tidak merasa asing lagi dengan beragam jenis bot Telegram yang bisa digunakan, seperti karaoke, edukasi, dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak mau ribet atau susah dalam menikmati manga, maka solusinya ialah dengan membaca manga secara fisik dengan judul baru berikut ini yang pastinya tidak kalah menggoda dengan kode nuklir wibu.

Manga berjudul Uzumaki karya Ito Junji ini bisa jadi pilihan untuk kamu penggemar cerita horor, karena ilustrasi dalam manga ini dijamin bisa bikin mual dan bergidik ngeri dengan detail-detail kecil yang mungkin tampak remeh, tapi menambah intensitas horor di dalamnya.

Apalagi kehadiran manga ini memang cukup ditunggu-tunggu oleh para wibu di Indonesia, karena Ito Junji selalu melahirkan karya horor yang bikin bulu kuduk berdiri.

Kelebihan manga ini ialah kamu bisa langsung menamatkan ceritanya karena dalam satu komik terdapat tiga volume.

Meskipun tebal dan harganya lumayan menguras kocek, tapi ini sepadan dengan kualitas dan isi komiknya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, segera pesan manga Uzumaki ini di Gramedia.com sebelum kehabisan!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com