Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Arti Istilah Sefrekuensi dalam Memiliki Hubungan dengan Orang Lain

Kompas.com - 29/05/2022, 19:00 WIB
Sefrekuensi Sumber Gambar: Freepik.com Sefrekuensi
Rujukan artikel ini:
Novel Negeri 5 Menara
Pengarang: Ahmad Fuadi
|
Editor Ratih Widiastuty

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah "sefrekuensi" yang sering diucapkan oleh banyak orang untuk mendeskripsikan hubungan yang dimilikinya, baik dengan teman, saudara, atau pasangan.

Namun, apakah kamu sudah memahami apa maksud dari hubungan yang sefrekuensi ini?

Bagaimana cara untuk mengetahui apakah kamu memiliki hubungan yang sefrekuensi dengan orang lain?

Jika kamu penasaran, berikut adalah penjelasan mengenai arti kata "sefrekuensi" dan tanda jika kamu memiliki hubungan yang sefrekuensi dengan orang terdekat kamu.

Arti Kata Sefrekuensi dalam Hubungan dengan Orang Lain

Sefrekuensi merupakan salah satu istilah gaul kekinian yang kerap digunakan untuk menggambarkan kecocokan yang dimiliki oleh dua atau beberapa orang.

Kecocokan ini bisa berupa kesamaan dalam hobi, pola pikir, prinsip hidup, selera musik atau film, makanan kesukaan, dan lain-lain, yang membuat dua atau beberapa orang tersebut memiliki hubungan yang erat dengan satu sama lain.

Memiliki hubungan yang sefrekuensi berarti kamu bisa dengan nyaman membicarakan berbagai macam hal bersama dengan teman atau pasangan kamu, karena merasa "nyambung" terlepas dari apapun topik yang akan kalian bahas.

Tidak hanya merasakan keseruan dengan membahas obrolan yang ringan saja, namun kamu juga kerap merasa lebih santai untuk bisa terbuka dan saling bertukar pikiran bersama dengan teman atau pasangan yang sefrekuensi.

Karena memiliki banyak kecocokan, kamu jadi merasa lebih nyaman untuk membagikan masalah-masalah personal karena mengetahui jika mereka akan memahami kamu tanpa ada perasaan menghakimi.

Memiliki hubungan yang sefrekuensi dengan orang lain memang merupakan suatu hal yang menyenangkan dan didambakan oleh banyak orang.

Namun, terkadang bukanlah hal yang mudah untuk bisa menemukan seseorang yang benar-benar klop atau sefrekuensi dengan kamu.

Berikut ini beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah kamu memiliki hubungan yang sefrekuensi dengan orang di sekitar kamu.

Ciri Hubungan yang Sefrekuensi

1. Perasaan Nyaman dan Terhubung

Tanda pertama yang akan kamu rasakan ketika memiliki hubungan sefrekuensi dengan seseorang adalah perasaan nyaman dan koneksi yang mendalam saat bersama dengan orang tersebut.

Kamu bisa dengan bebas membicarakan apa saja dengan mereka dan seolah obrolan di antara kalian dapat mengalir dengan begitu mudah tanpa bersusah payah memikirkan topik tertentu yang akan dibahas.

Obrolan kalian pun terasa menyenangkan karena semua pihak memiliki ketertarikan dan antusias yang sama, sehingga kamu tidak akan pernah merasa terasing ketika sedang bersama dengan mereka.

2. Tidak Merasakan Gengsi

Masih berhubungan dengan ciri sebelumnya, perasaan nyaman dan koneksi mendalam yang kamu rasakan tersebut juga akan membuat kamu jadi lebih bebas untuk mengekspresikan diri tanpa perlu merasa gengsi ataupun minder.

Kamu benar-benar merasa bisa menjadi diri kamu yang sesungguhnya ketika berada di sekitar mereka, tanpa perlu berpura-pura menjadi orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebaliknya, kamu pun juga tetap merasa nyaman dan dapat memahami tingkah laku mereka, meskipun mungkin terkadang aneh dan sedikit menyebalkan.

3. Mudah Berbaikan

Meskipun memiliki hubungan yang sefrekuensi berarti kalian cenderung memiliki minat serta pola pikir yang sama, namun bukan berarti jika hubungan kalian akan selalu berjalan dengan lancar tanpa adanya konflik atau perdebatan.

Tetapi jika menyangkut orang-orang yang sefrekuensi dengan kamu, maka segala konflik serta masalah tersebut bisa kalian atasi dengan mudah dan tidak berlarut-larut.

Hal ini dikarenakan kamu akan merasakan perasaan kehilangan yang lebih mendominasi dibandingkan dengan rasa kesal atau marah, sehingga kamu jadi lebih mudah untuk memaafkan dan berbaikan dengan mereka.


Baca juga: Kata-kata Bijak Berkelas


4. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Memiliki hubungan yang sefrekuensi dengan teman atau pasangan berarti kalian akan selalu ada untuk satu sama lain, baik dalam keadaan suka maupun duka.

Mereka dapat dengan mudah memahami apa yang kamu rasakan ketika kamu sedang berbagi keluh kesah dan tak lupa untuk memberikan dukungan agar kamu bisa kembali ceria.

Sebaliknya, jika orang terdekat kamu menceritakan masalahnya, kamu pun turut merasakan kesedihan dan ingin membantu mereka, agar bisa bangkit dan bersemangat kembali seperti sebelumnya.

Nah, itulah arti dari kata sefrekuensi dan beberapa ciri yang bisa menjadi tanda bahwa kamu telah menemukan seseorang yang sefrekuensi dengan kamu.

Memiliki teman yang sefrekuensi memang bisa menjadi kebahagiaan tersendiri yang tak akan bisa tergantikan dengan jenis kebahagiaan lainnya.

Itulah yang juga dirasakan oleh Alif Fikri Chaniago dan kawan-kawan dalam buku Negeri 5 Menara yang ditulis oleh Ahmad Fuadi.

Keenam orang sahabat yang berasal dari berbagai macam daerah ini dipertemukan ketika sama-sama menempuh pendidikan di sebuah pondok pesantren bernama Pondok Madani yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur.

Kegemaran mereka yang senang duduk-duduk di bawah menara Pondok Madani membuat persahabatan mereka kian erat dan memiliki julukan sebagai Sahibul Menara.

Tidak hanya memiliki kegemaran yang sama, namun keenam orang sahabat ini juga mempunyai kepercayaan yang sama terhadap impian dan bersama-sama ingin mewujudkannya melalui doa serta ikhtiar.

Kamu bisa mengikuti keseruan kisah Alif, Raja, Said, Atang, Dulmajid, dan Baso ini dengan mendapatkan buku Negeri 5 Menara di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com