Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Cara Kuliah di Luar Negeri yang Bisa Kamu Lakukan

Kompas.com - 21/04/2022, 16:33 WIB
Cara kuliah di luar negeri Sumber Gambar: Freepik.com Cara kuliah di luar negeri
Rujukan artikel ini:
Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris
Pengarang: N.s Bramadi
|
Editor Ratih Widiastuty

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan jika kuliah di luar negeri rasanya cukup sulit untuk diwujudkan daripada kuliah di dalam negeri, karena memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat menimba ilmu di negeri orang.

Ada banyak sekali universitas bergengsi di luar negeri, mulai dari benua Asia hingga Amerika yang menawarkan program studi dengan kelebihan masing-masing.

Salah satu kendala yang kerap ditemui oleh calon mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri adalah syarat dalam hal pendaftaran.

Biasanya syarat dan cara pendaftaran di masing-masing universitas luar negeri berbeda-beda tergantung di negara mana universitas tersebut berada.

Namun, jangan dulu merasa gundah dan overthinking, sebab ada cara-cara yang bisa memudahkan kamu untuk bisa kuliah di luar negeri dengan biaya yang bisa dibilang jauh lebih murah dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri, asalkan kamu tahu langkah yang tepat untuk mendapatkan itu semua.

Meskipun memang benar adanya jika beasiswa bisa membantu memperingan biaya kuliah di luar negeri, bahkan hingga tiket pulang-pergi serta biaya hidup sehari-hari pun ikut ditanggung, akan tetapi beasiswa penuh seperti itu jumlahnya teramat sangat terbatas, dan untuk memperolehnya pun harus bersaing dengan jutaan orang dari belahan dunia lainnya.

Oleh karena itu, berikut adalah cara kuliah di luar negeri dengan biaya yang terjangkau yang bisa kamu coba sebagai usaha untuk merasakan bangku kuliah yang lebih baik.

5 Cara Kuliah di Luar Negeri

1. Cari Program Studi yang Biayanya Paling Terjangkau

Meskipun kamu telah mendapatkan beasiswa di luar negeri, tapi harus diingat untuk tetap mencari jurusan kuliah yang sekiranya paling sesuai dengan rencana dan budget yang kamu miliki, sebab biasanya biaya beasiswa tidak akan menutupi semua kebutuhan kamu selama menempuh studi di negeri orang.

Harga yang terjangkau bukan berarti kualitasnya buruk, karena biasanya setiap universitas memiliki program studi yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan universitas lainnya, sehingga biaya yang cukup terjangkau ini ditambah kualitas pendidikan yang baik akan semakin menguntungkan kamu selama proses kuliah berjalan.

2. Cari Tahu Apa Saja Syarat Serta Ketentuan Pendaftaran

Setelah kamu sudah menentukan jurusan dan universitas mana yang akan dipilih, langkah selanjutnya ialah mencari informasi mengenai syarat dan ketentuan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar, sebab biasanya syarat dan ketentuan akan berbeda-beda di setiap universitas, baik di negara yang sama maupun berbeda.

Kamu bisa mendapatkan semua informasi tersebut dari website universitas yang dituju.

Oleh karena itu, siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan jauh-jauh hari agar semuanya bisa terpenuhi secara lengkap dan tepat waktu.

Biasanya syarat yang dibutuhkan selain salinan ijazah sebelumnya adalah kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, dengan cara mengikuti tes TOEFL dan IELTS.

3. Persiapkan Sumber Dana

Meskipun kamu telah memilih jurusan di universitas dengan biaya yang tergolong terjangkau, tapi tidak bisa dipungkiri kamu juga harus memerlukan sumber dana yang pasti dan tersedia, untuk membantu melengkapi kebutuhan finansial selama tinggal di luar negeri.

Jika orang tua kamu menyanggupi biaya tersebut, mungkin tidak akan menjadi soal, tapi jika kamu mengandalkan dana beasiswa, mencari pekerjaan di sana amat dibutuhkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu coba untuk dijadikan sumber dana kebutuhan sehari-hari, seperti menjadi waiters, penulis lepas, hingga membuka usaha jasa titip.

4. Mempersiapkan Asuransi Kesehatan

Ada beberapa negara yang mewajibkan asuransi kesehatan sebagai salah satu syarat wajib untuk mahasiswa internasional agar bisa kuliah di negara mereka.

Negara-negara tersebut antara lain Australia, Inggris, dan Amerika Serikat, sehingga wajib rasanya bagi kamu untuk mencari informasi dan mengurus semua ini.

Biasanya pihak universitas akan memberikan opsi polis asuransi yang sudah bekerja sama dengan pihak kampus, sehingga akan semakin mempermudah kamu untuk mengurus serta mendapatkan asuransi kesehatan.

Tapi, ada beberapa universitas yang juga membebaskan kamu untuk memilih dan mencari polis asuransi secara mandiri.

5. Bergabung dengan Komunitas Pelajar Indonesia

Agar bisa memudahkan kamu mengatasi homesick dan mendapatkan pertolongan, cari komunitas pelajar Indonesia di negara tempat kamu menimba ilmu.

Biasanya komunitas seperti ini akan mengadakan jadwal pertemuan secara rutin setiap minggu maupun bulan.

Jalin koneksi dan komunikasi dengan sesama pelajar Indonesia agar bisa terbantu tentang hal-hal apa saja yang membuat kamu bingung, sehingga bisa mendapatkan informasi dan pembelajaran dari para mahasiswa Indonesia yang sudah lama menetap di sana.

Lima cara ini bisa menjadi langkah atau panduan awal bagi kamu yang berminat untuk kuliah di luar negeri, tapi sebelum kamu mendaftarkan diri, akan jauh lebih baik untuk mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu untuk mempermudah segala urusan kamu selama proses kuliah nantinya.

Buku berikut ini akan sangat cocok dan sesuai untuk membantu kamu dalam menguasai bahasa Inggris sehari-hari, khususnya percakapan bahasa Inggris yang akan sangat membantu kamu untuk mempermudah berkomunikasi.

Buku Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris yang ditulis oleh N.S. Bramadi ini berisi latihan percakapan bahasa Inggris yang disusun berdasarkan beragam kondisi dan situasi yang ada di dalam masyarakat.

Buku yang ditulis dalam format dua bahasa ini akan semakin mempermudah kamu untuk memahami serta menguasai percakapan bahasa Inggris dalam waktu yang relatif singkat.

Tidak hanya itu, buku ini juga disertai dengan daftar referensi kosa kata yang disusun berdasarkan abjad, sebagai solusi praktis bagi kamu yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk belajar bahasa Inggris.

Buku Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris bisa langsung dipesan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com