Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku untuk Anak SMA yang Mulai Menginjak Usia Dewasa Muda

Kompas.com - 24/04/2022, 18:00 WIB
Rekomendasi buku untuk anak SMA Sumber Gambar: Freepik.com Rekomendasi buku untuk anak SMA
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
|
Editor Ratih Widiastuty

Masa remaja yang dialami oleh anak SMA bisa dikatakan sebagai periode peralihan dari usia anak-anak menjadi dewasa muda.

Pada masa-masa ini, mereka sering kali menghadapi banyak tantangan, seperti ketidakstabilan emosi, kesulitan menyesuaikan diri di lingkungan pertemanan, konflik dengan orang tua, merasa kecil atau tidak percaya diri, dan lain-lain.

Membaca buku bisa menjadi salah satu solusi yang akan membantu kamu untuk dapat memahami dunia dengan lebih baik dan belajar dari pesan-pesan yang disampaikan di dalamnya.

Kamu juga bisa merasa lebih baik dengan mengetahui bahwa kesulitan-kesulitan yang kamu hadapi di usia ini merupakan hal yang manusiawi dan dialami oleh setiap orang.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku untuk anak SMA yang bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri memasuki usia dewasa muda.

4 Rekomendasi Buku untuk Anak SMA yang Menginjak Usia Dewasa Muda

1. Atomic Habits – James Clear

Atomic Habits merupakan salah satu buku non fiksi yang cukup ringan untuk dibaca oleh anak SMA dan akan memberikan banyak ilmu serta manfaat dalam mengelola waktu.

Ketika memasuki masa SMA, umumnya kamu akan memiliki jadwal kegiatan yang lebih padat dibandingkan saat masih di sekolah menengah pertama.

Tugas yang menumpuk dari guru, aktivitas ekstrakurikuler, mengikuti bimbel sepulang sekolah, belum lagi jika kamu aktif mengikuti berbagai kegiatan lain, seperti lomba atau olimpiade, bergabung dalam organisasi, menjadi panitia event, serta masih banyak lagi.

Kamu jadi seolah tidak memiliki waktu untuk diri kamu sendiri dan untuk bersenang-senang bersama teman karena padatnya aktivitas yang harus kamu lakukan.

Buku Atomic Habits bisa membantu kamu untuk menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik, sehingga kamu tidak akan lagi menunda-nunda pekerjaan dan mampu mengelola waktu dengan lebih baik.

Dengan memiliki time management yang baik, maka kamu jadi bisa menyisihkan waktu untuk beristirahat dan bersenang-senang tanpa melalaikan kewajiban kamu sebagai seorang pelajar.

Ketika memasuki masa perkuliahan nantinya, time management juga akan menjadi salah satu soft skill yang perlu kamu miliki, sehingga akan bermanfaat jika kamu bisa mempersiapkannya sejak dini.

Buku ini akan menjadi bekal yang pas bagi kamu untuk bisa lebih produktif, dan memaksimalkan potensi yang kamu miliki sebagai seorang remaja yang energik dan penuh dengan semangat.

2. Harry Potter dan Batu Bertuah – J. K. Rowling

Siapa yang tidak mengenal buku fenomenal yang satu ini?

Sama seperti filmnya yang penuh dengan keseruan dan adegan-adegan yang mendebarkan, buku Harry Potter pun tak kalah menarik untuk kamu baca.

Berkisah mengenai seorang anak laki-laki biasa yang tinggal dengan keluarga dari bibinya yang kejam, Harry Potter tiba-tiba saja menerima surat undangan yang diantarkan oleh seekor burung hantu untuk bersekolah di Sekolah Sihir Hogwarts.

Petualangan Harry yang penuh keajaiban di sebuah sekolah sihir bersama dengan kedua sahabat dekatnya, Ron dan Hermione, akan menjadi pengalaman membaca buku fantasi yang menyenangkan dan bisa mengembangkan daya imajinasi kamu.

Banyak nilai-nilai kehidupan yang akan kamu dapatkan selama membaca seri buku ini, seperti persahabatan, kekeluargaan, sikap pantang menyerah, pengorbanan, serta masih banyak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak hanya buku non fiksi saja yang bisa memberikan banyak manfaat, namun membaca buku fiksi juga dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi kamu dengan menumbuhkan sifat empati, pengertian, bagaimana bersikap baik dan mampu memahami orang lain.

3. Self Acceptance by #88Lovelife – Diana Rikasari

Sesuai dengan judulnya, buku motivasi yang berisi kutipan-kutipan pendek menghangatkan beserta ilustrasi menarik ini akan menuntun kamu untuk bisa lebih mencintai dan menerima diri kamu apa adanya.

Ketika menginjak masa remaja, biasanya kamu akan menghadapi berbagai macam masalah yang membuat kamu jadi kurang percaya diri atau bahkan membenci diri kamu sendiri.

Entah itu karena kegagalan dalam cinta, merasa kurang cantik dan menarik dibandingkan teman-teman yang lain, merasa tidak pintar dan berbakat seperti adik atau kakak, kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan, dan lain-lain.

Perasaan-perasaan tersebut perlu segera diatasi agar tidak semakin berkembang menjadi gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan berlebih.

Buku ini akan membantu memulihkan kembali rasa percaya diri kamu secara perlahan dengan melakukan penerimaan atas kekurangan-kekurangan yang kamu miliki.

Sambil membagikan pengalaman pribadinya selama menjalani hidup, penulis seolah ingin merangkul para pembaca yang membutuhkan penghiburan untuk tetap bertahan melalui masa-masa sulit yang dialami.

Melalui buku penuh warna dengan desain yang cantik ini, kamu akan mendapatkan pesan-pesan inspiratif dari Diana Rikasari untuk bisa mencintai dan menyayangi diri sendiri.

4. Laskar Pelangi – Andrea Hirata

Buku bertema pendidikan yang ditulis oleh salah satu novelis terbaik Indonesia ini merupakan buku yang tidak bisa kamu lewatkan untuk dibaca.

Laskar Pelangi berkisah mengenai 11 anak Belitong yang berasal dari keluarga miskin namun selalu penuh semangat untuk menempuh pendidikan di sebuah sekolah kecil dan sederhana.

Perjuangan tokoh Lintang yang harus bersepeda sejauh 40 kilometer agar bisa sampai ke sekolah akan membuat kamu takjub dengan tekad serta kesungguhannya dalam menimba ilmu meskipun ia hanyalah seorang kuli kopra.

Ada juga tokoh Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa yang kreatif dan sangat mencintai musik, sehingga ia harus menjemur baterai berulang kali agar tetap bisa mendengarkan lagu melalui radio kecil yang selalu dibawanya ke mana pun ia pergi.

Masih banyak kisah tokoh-tokoh lain yang tidak kalah menyentuh dan mengharukan serta akan membuat kamu termotivasi untuk mengikuti semangat mereka dalam belajar dan memperoleh pendidikan.

Meskipun terkadang rutinitas pergi ke sekolah bisa menyebabkan kamu merasa lelah dan tertekan, namun ketahuilah bahwa kamu adalah orang yang beruntung karena bisa mendapatkan pendidikan yang layak, yang tidak dimiliki oleh sebagian orang.

Nah, itulah keempat rekomendasi buku untuk anak SMA yang memuat banyak pesan dan bisa memberikan manfaat untuk membantu kamu melalui masa remaja ini dengan lebih bahagia.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku yang direkomendasikan ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com