Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Novel? Simak Pengertian, Unsur, dan Jenis-jenisnya Berikut Ini

Kompas.com - 21/04/2022, 11:07 WIB
Apa itu novel Sumber Gambar: Pexels.com Apa itu novel
Rujukan artikel ini:
Save The Cat! Writes A…
Pengarang: Jessica brody
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apa itu novel?

Pertanyaan tersebut mungkin kini ada di benak kamu tentang sebuah jenis tulisan yang biasanya berisikan cerita fiksi yang dikarang penulis, baik yang imajinatif maupun terinspirasi dari kisah nyata.

Novel seakan mampu menghipnotis para pembaca buku untuk mau menyimak jalinan cerita yang ditawarkan.

Selain mampu menghibur pembaca, kekuatan cerita dari sebuah novel juga bisa menjadi sumber ilmu dan wawasan yang akan menambah pengetahuan, baik dari segi tema yang ditawarkan, hingga isu sosial yang menghiasi jalan ceritanya.

Namun, di balik menariknya cerita fiksi yang tersaji dalam sebuah novel, apa sebenarnya definisi dari novel itu sendiri?

Pengertian Novel

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang, mengandung karangan cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya, dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Jadi, bisa disimpulkan jika novel merupakan sebuah narasi cerita fiksi dengan jumlah panjang kata dan kalimat yang cukup, disertai juga dengan sebuah konflik yang biasanya bersifat kompleks.

Novel menyajikan sebuah karangan imajinatif yang dikemas melalui cerita hubungan manusia yang rumit dan selalu menarik untuk dikulik.

Bisa hampir dipastikan jika novel merupakan karangan fiktif belaka, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terinspirasi dari kisah nyata, sehingga jangkauan yang diberikan dalam novel bisa sangat beragam, dengan berbagai jenis genre cerita yang mampu membangkitkan hasrat pembaca untuk tahu lebih lanjut akan nasib sang tokoh utama.

Unsur Intrinsik Novel

1. Tema

Sebuah novel pastinya tidak akan berkembang jika tidak memiliki tema, karena pada dasarnya, tema merupakan ide dasar dari cerita yang ditulis dalam sebuah novel untuk bisa dinikmati oleh pembaca.

2. Tokoh

Tokoh adalah para pelaku yang berperan aktif dalam menghidupkan cerita agar bisa terkoneksi dengan pembaca.

3. Penokohan

Penokohan bisa dikategorikan sebagai sifat atau watak yang diberikan oleh penulis kepada para tokoh-tokoh yang terlibat, untuk semakin menguatkan emosi pembaca agar mampu terhubung ke dalam jalan cerita.

4. Latar

Latar merupakan gambaran dasar yang berkaitan dengan asal muasal cerita yang membuat sebab akibat yang terjadi dalam jalan ceritanya.

5. Gaya Bahasa

Gaya bahasa merupakan cara penulis dalam menyajikan cerita yang dipersembahkan untuk pembaca, apakah mampu dibuat menarik atau justru malah sebaliknya.

6. Alur

Alur adalah proses perkembangan cerita yang biasanya meliputi konflik, klimaks, hingga penyelesaian yang akan berpengaruh besar terhadap kondisi cerita hingga akhir.

7. Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan cara penulis menempatkan diri dalam cerita untuk melihat serta menjelaskan peristiwa yang terjadi kepada pembaca.

8. Amanat

Amanat merupakan pesan moral yang dapat diambil pembaca dari cerita yang disajikan dalam sebuah novel.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Unsur Ekstrinsik Novel

1. Biografi dan Latar Belakang Pengarang

Latar belakang penulis biasanya berisi profil dan profesi penulis, serta motivasi untuk menulis cerita yang ada dalam novel.

2. Keadaan dan Situasi

Biasanya kondisi dan situasi yang tengah atau telah terjadi di masyarakat yang memengaruhi jalan cerita dalam novel.

3. Nilai yang Terkandung dalam Cerita

Biasanya termasuk ke dalam nilai moral, budaya, sosial, dan agama.

Jenis-jenis Novel

1. Novel Romantis

Novel romantis biasanya berisikan kisah cinta yang melibatkan dua sejoli di dalamnya yang harus memperjuangkan hubungan mereka.

2. Novel Fantasi

Novel fantasi didominasi dengan dunia ajaib hasil imajinasi penulis yang akan mengajak pembaca ikut membayangkan dunia tersebut.

3. Thriller dan Horor

Novel yang bercerita tentang kasus-kasus kriminal, gaib, hingga misteri yang akan membuat pembaca bergidik ngeri.

4. Novel Komedi

Biasanya mampu membuat pembaca tertawa terbahak-bahak karena jalan ceritanya yang konyol dan kocak.

5. Distopia dan Sci-Fi

Menggambarkan keadaan di masa depan yang biasanya sudah kacau balau dan hancur akibat ulah manusia sendiri yang disertai berbagai peralatan canggih di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis novel lainnya yang kehadirannya semakin beragam dengan cerita-cerita yang pastinya menarik untuk dibaca.

Bagaimana? Setelah mengetahui apa itu novel, apakah kamu mulai tertarik untuk menulis sebuah novel?

Jika iya, buku berikut ini akan sangat cocok untuk menolong kamu membuat sebuah tulisan fiksi yang menarik dan terstruktur agar bisa menjadi sebuah novel yang utuh dan menarik.

Buku Save the Cat! Writes A Novel yang ditulis oleh Jessica Brody ini menjadi kabar gembira bagi kamu yang akan mulai menulis novel, karena akan membantu kamu dalam memahami pola yang ada dalam setiap novel hebat sepanjang masa.

Di sini kamu akan mempelajari bagaimana cara membangun struktur cerita dengan menggunakan templat 15 beat atau yang dikenal juga dengan titik plot, sebuah metode yang pertama kali dibuat untuk menulis skenario film.

Tidak hanya itu, Jessica Brody juga turut membahas novel-novel terkenal dunia yang akan menguji metode ini sesuai dengan genre masing-masing.

Buku Save the Cat! Write A Novel bisa langsung dibeli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com