Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler yang Wajib Kamu Baca

Kompas.com - 13/04/2022, 16:00 WIB
Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler Sumber Gambar: Freepik.com Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler
Rujukan artikel ini:
Perpustakaan Tengah Malam (The Midnight…
Pengarang: Matt Haig
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Novel merupakan sebuah karangan panjang yang terdiri dari berbagai rangkaian cerita yang membahas mengenai tokoh dalam latar tertentu.

Novel ini bisa berasal dari hasil imajinasi maupun kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri, atau orang-orang yang ada di sekitar penulis.

Hanya dengan membaca novel saja, kita sebenarnya bisa dengan mudah melihat dunia, memahami berbagai sudut pandang, dan mengenal realita kehidupan yang sesungguhnya, hal inilah yang membuat buku disebut sebagai jendela dunia.

Tidak hanya novel karya penulis Indonesia, novel terjemahan karya penulis mancanegara juga sudah mendapatkan tempat di hati para pecinta buku, bahkan beberapa diantaranya juga masuk dalam kategori buku best seller.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku terjemahan terbaru dan terpopuler yang sayang untuk kamu lewatkan.

5 Rekomendasi Novel Terjemahan Terpopuler

1. Perpustakaan Tengah Malam (The Midnight Library) – Matt Haig

Di antara kehidupan dan kematian, terdapat sebuah perpustakaan dengan jumlah buku yang tak terkira.

Tidak ada yang menyangka bahwa tiap-tiap buku tersebut ternyata menyediakan satu kesempatan untuk bisa mencoba kehidupan lain yang jauh berbeda dari kehidupan yang kamu jalani saat ini.

Buku ini menceritakan kisah hidup Nora Seed, seorang perempuan yang putus asa dan merasa tidak punya alasan untuk hidup.

Ia juga merasa bahwa semua hal yang dilakukannya akan selalu berujung pada keburukan.

Tepat di malam ia ingin mengakhiri hidupnya, ia menemukan sebuah perpustakaan yang ternyata akan membawanya pada berbagai petualangan yang menyenangkan.

Tidak hanya itu saja, perpustakaan ini bahkan memberikan Nora kesempatan untuk bisa menjalani kehidupan yang baru.

Lantas, akankah Nora benar-benar bisa menjalani kehidupan barunya dan mendapatkan kebahagiaan sejati?

2. Almond – Sohn Won-Pyung

Tokoh utama dalam novel ini bernama Yoonjae yang mengidap Alexithymia atau ketidakmampuan dalam mengungkapkan atau merasakan emosi.

Hal ini membuatnya dijuluki “monster” karena ia tidak tahu bagaimana rasanya bahagia, sedih, takut, kecewa, dan jenis-jenis emosi lainnya

Di sisi lain, ada ibu Yoonjae, sosok yang tak kenal lelah dan terus berusaha mengajarkan putranya untuk mengenal banyak hal, sampai Yoonjae perlahan-lahan mampu merespon obrolan lawan bicaranya, walaupun ia masih tidak terlalu bisa menampakkan emosinya seperti orang normal lainnya.

Novel terjemahan Korea ini menjadi salah satu novel yang populer di kalangan para pecinta buku, karena kisahnya yang sangat inspiratif dan mampu memberikan banyak wawasan baru kepada pembaca, terutama dalam hal mengelola dan mengendalikan empati terhadap sesama manusia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Kecamuk Darah (Troubled Blood) – Robert Galbraith

Novel misteri yang satu ini merupakan novel seri kelima dari kisah Detektif Cormoran Strike yang berhasil ludes terjual di hari pertama peluncurannya di Inggris, dan saat ini juga menjadi novel yang populer di berbagai toko buku di Indonesia.

Ditulis oleh Robert Galbraith, yang sebenarnya merupakan nama lain dari J.K. Rowling, di edisi kali ini Cormoran Strike dimintai tolong oleh seorang wanita untuk menemukan ibunya yang hilang tanpa jejak sejak 40 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1974.

Detektif Strike bersama partnernya, Robin Ellacott, langsung menerima tawaran ini dan segera mencari berbagai bukti yang akan membantu mereka mengungkap kasus misterius ini.

Selama proses penyelidikan, kedua detektif ini dihadapkan dengan berbagai persoalan sulit yang melibatkan banyak hal, seperti ramalan kartu tarot, pembunuhan berantai, dan banyaknya saksi mata yang mencurigakan.

Kasus yang sudah tertimbun puluhan tahun ini ternyata masih menyimpan misteri yang ternyata juga ikut mengancam nyawa mereka berdua.

Lantas, langkah apa yang akan mereka lakukan selanjutnya?

4. Keajaiban Toko Kelontong Namiya – Keigo Higashino

Mengisahkan tiga orang pemuda berandal yang bersembunyi di sebuah toko kelontong tak berpenghuni, setelah mereka melakukan berbagai macam pencurian.

Tiba-tiba, mereka mendapatkan sepucuk surat misterius yang diselipkan ke dalam toko, surat ini berisi permintaan saran dari orang-orang yang putus asa akan hidupnya.

Tidak disangka, surat-surat permintaan saran yang berdatangan dalam semalam ini akan membawa mereka pada petualangan yang tidak pernah mereka bayangkan, dan saat fajar menjelang, hidup ketiga pemuda ini tidak akan pernah sama seperti sebelumnya.

5. Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama – Keigo Higashino

Pembunuhan misterius bisa terjadi di mana saja, termasuk di sebuah kota kecil, terpencil, dan tengah mengalami krisis akibat pandemi Covid-19.

Korbannya adalah seorang guru SMP bernama Kamio Eiichi, ia ditemukan tewas tercekik di halaman belakang rumahnya sendiri, dan polisi tidak tahu apakah ini pembunuhan berencana, atau hanya aksi pencurian biasa.

Kamio terkenal sebagai guru yang disegani dan disayangi oleh murid-muridnya, sehingga mereka sering menghubungi Kamio hanya untuk sekadar meminta saran atau nasihat, hal inilah yang membuat mereka juga ikut dimasukkan ke dalam daftar orang yang dicurigai.

Karena proses penyelidikan polisi yang terkesan bertele-tele dan terlalu banyak rahasia, putri korban dan pamannya yang seorang pesulap, berusaha untuk mencari dan menyelidiki dalang di balik semua kejadian yang memilukan ini.

Semua novel terjemahan di atas adalah beberapa novel yang sangat direkomendasikan untuk kamu baca, dan dijamin tidak akan membuat kamu menyesal karena ceritanya yang seru serta punya makna yang mendalam.

Untuk bisa mendapatkan buku-buku ini, kamu bisa membeli versi buku fisiknya melalui Gramedia.com, atau membaca versi e-booknya yang bisa kamu akses melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com