Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Hanya untuk Menghangatkan Makanan, Ini 5 Kegunaan Microwave yang Masih Jarang Diketahui

Kompas.com - 26/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Chef Norman In The Kitchen:…
Pengarang: Norman Ismail
|
Editor Ratih Widiastuty

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kegiatan menyajikan makanan di rumah menjadi semakin mudah dan praktis.

Apalagi dengan adanya microwave yang bisa membantu dalam urusan menghangatkan makanan.

Berbeda dengan oven yang memang diperuntukkan untuk memasak dan mengolah makanan, microwave hadir untuk memanaskan makanan agar bisa disantap dengan cita rasa yang tetap nikmat dalam waktu tiga menit saja.

Bentuk dan ukuran microwave yang terbilang kecil juga menjadi kelebihan lainnya yang membuat alat memasak di dapur ini banyak digandrungi, karena ukurannya yang tidak terlalu memakan tempat.

Ternyata selain bisa memanaskan kembali makanan dingin, microwave juga punya kegunaan lain yang selama ini luput dari pengetahuan banyak orang.

5 Kegunaan Microwave

1. Membuat Makanan Meleleh

Jika kamu ingin memakan roti dengan topping cokelat atau keju yang meleleh di atasnya, kamu dapat menggunakan microwave untuk melelehkan cokelat maupun keju yang keras.

Bahan-bahan makanan seperti cokelat, keju, hingga margarin bisa dengan mudah dilelehkan oleh microwave tanpa membutuhkan waktu yang lama dengan hasil yang terbilang maksimal.

2. Mempermudah Mengupas Bawang Putih

Jika kamu tidak mau repot ketika akan mengupas bawang putih, kamu bisa dengan mudah mengupas kulitnya dengan memasukannya ke dalam microwave.

Aroma bawang putih yang biasanya akan melekat di kulit jari tangan ketika mengupasnya, kini bisa dihindari dengan cara memasukkan bawang putih ke dalam microwave selama 25 detik saja dalam suhu sedang.

Setelah itu, bawang putih pun sudah terkupas dengan sempurna.

3. Membuat Tekstur Makanan Kembali Renyah

Saat kamu mempunyai sisa ayam goreng cepat saji semalam yang tampaknya sudah dingin dan tekstur kulitnya sudah tidak renyah, jangan terburu-buru untuk langsung membuangnya, sebab kulit ayam goreng tersebut dapat kembali menjadi krispi dan renyah.

Caranya tinggal kamu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik saja, dan dalam sekejap ayam goreng terlihat lebih menggoda untuk segera disantap.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Membuat Adonan Mengembang

Microwave ternyata bisa membantu dalam proses mengembangkan adonan roti.

Caranya cukup dengan menaruh cangkir berisi air ke dalam microwave yang akan menguap setelah dipanaskan.

Setelah menguap, matikan microwave dan masukkan adonan roti ke dalam microwave agar uap air yang ada di dalamnya bisa membantu mengembangkan adonan roti tersebut.

5. Mempermudah Mengambil Air Perasan Jeruk Lemon

Saat kamu membutuhkan air perasan jeruk lemon, cara paling mudah untuk memerasnya adalah dengan terlebih dahulu memasukkan buah lemon ke dalam microwave selama 20 detik saja.

Buah lemon yang sudah dipanaskan dalam microwave akan menghasilkan jauh lebih banyak air perasan dan akan memudahkan kamu dalam proses memerasnya, karena kulit buah lemon sudah mengeriput selama proses pemanasan.

Berbicara soal microwave, pastinya yang ada di dalam benak langsung tertuju pada kegiatan memasak makanan yang sedap dan lezat untuk dibuat.

Buku resep Chef Norman In the Kitchen: 40 Resep Masakan Nusantara Penyajian Elegan rasanya akan sangat cocok untuk membantu kamu dalam membuat masakan yang tidak hanya sedap dari segi rasa, tapi juga enak dipandang.

Nama chef Norman sendiri memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, karena beliau telah berkarya di dunia boga selama 20 tahun, sehingga resep-resep masakan yang ditulisnya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Terdapat 40 resep masakan Nusantara seperti asem pedes udang, pesmol ikan nila, ayam kampung kuah asam jawa, ayam rica-rica, ayam panggang serai limau, gulai kambing, gepuk sunda, pepes oncom, sambal matah, balado terung, dan masih banyak lagi.

Buku Chef Norman In the Kitchen: 40 Resep Masakan Nusantara Penyajian Elegan bisa langsung kamu beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com