Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mulai Berinvestasi? Baca Dulu Rekomendasi Buku Investasi Saham Terbaik Berikut Ini

Kompas.com - 25/03/2022, 17:27 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Rich Dad's - Increase Your…
Pengarang: Robert T. Kiyosaki
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sahabat Warren Buffett, yaitu Charlie Munger, pernah berkata bahwa dia "tidak mengenal orang pintar yang tidak banyak membaca—sama sekali tidak seorang pun."

Jika salah satu investor terbesar mengatakan demikian, maka ada kekuatan dari membaca dan pilihan buku yang bisa merubah hidup kita.

Jika kamu ingin menjadi investor hebat, kamu tidak bisa melewatkan untuk tidak membaca buku yang akan menjadi bahan bakar pengetahuanmu.

Berikut pilihan buku investasi saham terbaik untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan handal.

Rekomendasi Buku Investasi Saham

1. Rich Dad’s - Increase Your Financial IQ

Buku ini tidak akan memberitahu kamu apa yang harus dilakukan. Ini tentang menjadi lebih cerdas secara finansial,” tulis Robert T. Kiyosaki dalam catatannya untuk buku ini.

Dalam kata pengantar penulis, Presiden Amerika Donald J. Trump menunjukkan betapa pentingnya pendidikan finansial dan buku ini mengetahui resep sukses kapitalisme modern.

Menurutnya, ini adalah pengenalan yang sempurna agar kita fokus dengan apa yang kita kerjakan dan bagaimana memecahkan masalah keuangan, dengan demikian juga akan meningkatkan kecerdasan finansialmu.

Robert Kiyosaki menjelaskan aspek mana dari pasar keuangan yang berubah sejak tahun 1974 yang perlu dipelajari dengan menggunakan kategorisasi area masalah orang miskin, kelas menengah, dan kaya.

2. The Deals of Warren Buffet: Pencapaian Fundamental $1 Miliar oleh Buffet

Buku ini merupakan seri kedua dari buku The Deals of Warren Buffet yang ditulis oleh Profesor Glen Arnold.

Berbeda dengan buku lain tentang Warren Buffet yang membahas tentang apa yang diinvestasikan Buffet dan berapa banyak yang dia hasilkan dari investasi tersebut, Prof Arnold mengambil dari sudut pandang “Why” atau “Mengapa”.

Penulis ingin mengetahui mengapa Buffet melakukan investasi, kemudian apakah ada karakteristik khusus dari perusahaan yang dipilih Buffet yang membuat perusahaan tersebut layak untuk dipilih?

Apakah perusahaan itu dipilih berdasarkan neraca, riwayat laba perusahaan, posisi strategis dan/atau kualitas manajemennya?

Apa saja langkah-langkah yang dilakukan Buffet, dari yang awalnya tidak memiliki uang sama sekali sampai menjadi kaya raya?

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Prioritas dari Prof Arnold adalah fokus pada analitis materi tentang perusahaan yang dipilih Buffet dan memilih untuk tidak terlalu banyak menceritakan kehidupan pribadinya, karena hal tersebut sudah dibahas secara menyeluruh di banyak literatur lain.

3. Rich Dad Poor Dad

Rich Dad Poor Dad bukanlah buku tentang investasi, namun bisa memberikan sisi filosofis tentang cara kita berpikir tentang uang.

Pesan Robert T. Kiyosaki sederhana, orang miskin dan kelas menengah menghambur-hamburkan sebagian besar uang mereka untuk utang, sementara orang kaya berinvestasi dalam aset dan membuat uang mereka bekerja untuk mereka.

Tetapi bagaimana kamu mulai melihat uang sebagai sumber daya, yaitu menjadi seperti orang kaya?

Robert Kiyosaki memberi kita sebuah perspektif tentang seorang anak laki-laki yang tumbuh di antara ayah kelas menengahnya yang "miskin" dan seorang mentor yang kaya.

Sebuah buku yang ditulis dengan sangat menghibur yang telah membuat banyak orang berpikir lebih banyak tentang uang dan mulai berinvestasi.

4. The Black Swan: Rahasia Terjadinya Peristiwa-Peristiwa Langka yang Tak Terduga

Nassim Taleb menggambarkan fenomena peristiwa yang sangat mustahil dalam bukunya ini.

Dia mendefinisikan angsa hitam sebagai outlier dengan konsekuensi yang sangat besar yang penjelasannya dicari setelahnya.

Buku terlaris di dunia ini dianggap sebagai buku klasik untuk menggambarkan risiko dan peluang.

Buku ini sangat menginspirasi karena pemikiran dan perspektifnya yang baru dan sangat cocok bagi investor berpengalaman.

Rekomendasi buku-buku di atas dapat kamu temukan di toko buku Gramedia terdekat di kotamu atau kamu juga bisa dengan mudah melakukan pembelian melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com