Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pengertian Reorientasi Berikut Ini, Struktur dan Peninjauan pada Teks Biografi

Kompas.com - 06/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Alex Ferguson - Autobiografi Saya
Pengarang: Alex Ferguson
|
Editor Ratih Widiastuty

Salah satu jenis bacaan yang menarik untuk dibaca adalah teks biografi, yang biasanya mampu menghadirkan motivasi serta inspirasi kepada pembaca melalui isi buku yang membahas perjalanan seorang tokoh penting dan terkenal dalam mengarungi kehidupan.

Setiap momen dalam kehidupan tokoh tersebut dibahas secara lengkap, baik mengenai kekurangan, kelebihan, hingga konflik yang menyertai kehidupannya yang penuh lika-liku dan perjuangan.

Teks biografi pun berisi fakta yang dijalani oleh seorang tokoh dan diceritakan kembali melalui narasi cerita yang bertujuan untuk menjadi suri teladan bagi pembaca, agar mampu melihat perjuangan dalam menggapai kesuksesan.

Salah satu struktur dalam teks biografi tersebut adalah reorientasi yang muncul di bagian akhir buku sebagai penutup, yang biasanya berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang dibahas dalam buku tersebut.

Namun, apa sesungguhnya reorientasi itu dan struktur apa saja yang menjadi bagian dari sebuah teks biografi yang baik dan benar? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Pengertian Reorientasi

Jika melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reorientasi memiliki arti peninjauan kembali wawasan (untuk menentukan sikap dan sebagainya).

Tapi jika ditilik lebih dalam lagi, reorientasi sebenarnya adalah salah satu bagian yang membangun struktur teks biografi.

Reorientasi sendiri kehadirannya dalam struktur teks biografi bisa dibilang bersifat opsional, yaitu dapat dihadirkan maupun tidak dalam sebuah teks biografi, sehingga penting sekali rasanya untuk bisa memahami kegunaan dari reorientasi itu sendiri.

Secara garis besar, reorientasi merupakan peninjauan ulang wawasan yang ditulis pada bagian akhir teks biografi yang mempunyai manfaat untuk menentukan sikap atau opini penulis atau pembaca mengenai tokoh yang ditulis dalam teks biografi tersebut.

Reorientasi pada umumnya terdapat pada teks biografi yang sebetulnya terbagi menjadi tiga bagian struktur, yakni orientasi, runtutan peristiwa, dan reorientasi yang membentuk secara keseluruhan sebuah teks biografi yang akan dinikmati oleh pembaca.

Kesimpulannya, reorientasi adalah suatu struktur kalimat yang membentuk teks biografi yang ditinjau kembali untuk menentukan opini dan sikap ketika telah selesai membaca dan memahami isi dari teks biografi yang dihadirkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Struktur Teks Biografi

1. Orientasi

Orientasi adalah struktur teks biografi pertama yang memberi pengenalan terhadap tokoh yang ditulis berupa latar belakang sang tokoh yang akan menjadi jalan pembuka untuk pembaca dalam mengikuti perjalanan kehidupan tokoh yang dibahas.

2. Runtutan Peristiwa

Struktur teks biografi yang selanjutnya adalah runtutan peristiwa yang menceritakan perjuangan, konflik, hingga jatuh bangun tokoh yang dibahas dalam meraih kesuksesan serta menghadapi berbagai lika-liku kehidupan yang pastinya penuh dengan perjuangan.

Berbagai emosi bisa dirasakan saat membaca struktur teks biografi bagian ini, sebab rasa bahagia, sedih, hingga cemas ditampilkan untuk semakin memperlihatkan hal-hal menarik apa saja yang telah dilalui oleh sang tokoh agar mampu menginspirasi dan memotivasi pembaca.

3. Reorientasi

Terakhir ada reorientasi sebagai penutup dari struktur teks biografi yang berisikan pandangan penulis terhadap tokoh yang dibahas sebagai bahan peninjauan ulang akan isi dari teks biografi tersebut yang bisa dibilang memiliki sifat opsional, yakni bisa ditulis maupun tidak.

Secara sederhana, reorientasi adalah sebuah struktur teks biografi yang mungkin tidak memiliki peran yang terlalu penting, tapi jika dihadirkan dalam sebuah teks biografi akan mampu menambah sudut pandang yang menarik untuk dibaca oleh pembaca.

Berbicara soal teks biografi, buku berikut ini mungkin akan sangat pas untuk dinikmati sebagai buku biografi yang akan menjadi bahan pembelajaran, inspirasi, dan motivasi untuk mencontoh sikap-sikap positif yang ditunjukkan.

Buku Alex Ferguson – Autobiografi Saya berisi kisah inspiratif dari seorang manajer klub sepak bola terhebat di Britania Raya yang memang popularitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Secara terbuka dan blak-blakan, buku ini akan memperlihatkan jatuh bangun kehidupan Sir Alex Ferguson yang penuh dengan anekdot, sebelum berhasil menjadi manajer Manchester United yang mampu membawa klub tersebut menuju puncak kesuksesan.

Autobiografi ini juga disisipi humor serta relasi Sir Alex Ferguson dengan beberapa rivalnya selama berkecimpung dalam dunia sepak bola yang boleh dikata penuh dengan persaingan.

Buku Alex Ferguson – Autobiografi Saya bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com